logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Perkuliahan dan Prospek Kerja Jurusan Bioteknologi

Semua orang tentu mengenal kecap, dan hampir semua orang mungkin pernah menggunakannya dalam masakan. Bagaimana kalau dengan tapai? Tapai yang biasanya dibuat dari singkong atau ketan, tentu kita semua mengenalnya. Kecap dan tapai adalah salah dua dari berbagai macam produk penerapan ilmu Biologi atau yang lebih dikenal sebagai Bioteknologi.

Tentang Bioteknologi

Dalam pengertian yang paling sederhana, bioteknologi adalah teknologi yang didasarkan pada ilmu biologi. Bioteknologi adalah penerapan biologi yang berbasis pada proses-proses biologi pada tingkat seluler dan biomolekuler untuk mengembangkan teknologi yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan planet kita. Proses biologis berbagai macam mikroorganisme telah dimanfaatkan sejak lebih kurang 6,000 tahun yang lalu untuk membuat makanan yang bermanfaat seperti roti dan berbagai produk olahan susu.

Nata de Coco, Salah satu produk Bioteknologi (Kredit Delyanet Karmoni)
Bioteknologi modern telah mencapai berbagai terobosan produk dan teknologi untuk menghadapi berbagai penyakit, mengurangi jejak pada lingkungan, melawan kelaparan, menggunakan energi yang lebih sedikit dan lebih bersih, lebih aman,  dan proses manufaktur yang lebih efisien.
Baca juga: Prospek Lapangan Kerja Jurusan Biologi MIPA

Perkuliahan

Perkuliahan akan dijalani seoran mahasiswa jurusan bioteknologi tentu saja akan berhubungan dengan bidang biologi, namun pengetahuan yang mendasar meliputi bioteknologi, biosains dan biologi molekuler. Berikut ini adalah contoh mata kuliah yang tersedia di jurusan Bioteknologi pada Universitas Surya:
  • Bioetika    
  • Pengantar Bioteknologi
  • Biologi Molekuler dan praktikumnya    
  • Rekayasa Genetika    
  • Enzimologi    
  • Bioproses dan Industri Fermentasi    
  • Teknologi Proses Hilir dan praktikumnya    
  • Bioteknologi Kedokteran     
  • Bioteknologi Farmasi    
  • Bioassay    
  • Bioteknologi Protein dan praktikumnya    
  • Bioteknologi Sel dan Jaringan dan praktikumnya    
  • Dasar-dasar Kloning    
  • Pengantar Stem Cells dan iPS Cells    
  • Manipulasi Ekspresi Gen
  • Morfologi dan Taksonomi  Tumbuhan dan praktikumnya
  • Anatomi Hewan dan praktikumnya
  • Teknik Analisa DNA dan Praktikumnya
  • Bioteknologi Pangan dan Pertanian dan Praktikumnya
  • Anatomi Fisiologi Manusia
  • Aplikasi Genomik dan Proteomik

Prospek Lapangan Kerja Jurusan Bioteknologi

Populasi manusia yang sangat besar dan semakin membesar adalah salah satu alasan kenapa Bumi sangat membutuhkan banyak lulusan biologi dengan peminatan Bioteknologi.
Setelah selesai kuliah, lulusan jurusan Bioteknologi dapat memasuki dunia kerja dengan profesi sebagai staff atau manager Research and development (R & D), Quality Control (QC), Qualiaty Assurance (QA), bagian Produksi, Konsultan, Technical marketing, Customer technical service, Genetic engineer, Protein engineer, Molecular biologist, Biochemist, Environmental microbiologist
Prospek lapangan kerja bagi sarjana Biologi dengan peminatan bioteknologi dapat digambarkan sebagai berikut:

Instansi Pemerintahan

Instansi pemerintahan yang membutuhkan lulusan Bioteknologi terutama adalah Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu, lulusan jurusan ini juga dapat bekerja di kementrian pertanian, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Balitro dan lain sebagainya.

Tenaga pendidik dan Peneliti

Peluang kerja ini terdapat pada berbagai perguruan tinggi ataupun sekolah-sekolah kejuruan bioteknologi, pengajar pada perguruan tinggi atau peneliti pada berbagai lembaga penelitian.

Industri

Bidang perindustrian adalah bidang yang sangat prospektif untuk lulusan jurusan bioteknologi, banyak sekali industri yang berkembang pada saat ini berbasis pada bioteknologi. Pada bidang industri, lulusan bioteknologi dapat bekerja sebagai tenaga ahli pada berbagai perusahaan yang bergerak pada bioteknologi kesehatan, bioteknologi industri, bioteknologi pertanian, dan bioteknologi  Industri yang paling sesuai untuk jurusan ini tidak terbatas pada industri pertanian, makanan dan minuman, tapi juga merambah industri farmasi. Beberapa produk bioteknologi yang sudah kita kenal secara luas pada saat ini misalnya Yoghurt, Kecap, Nata de Coco, dan lain sebagainya.
Baca juga:
Perkuliahan dan Prospek Kerja Jurusan Farmasi
Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri

Wirausaha

Bagi yang memiliki jiwa wirausaha, bisa membangun usaha sendiri di bidang bioindustri mulai dari usaha kecil, menengah sampai yang lanjut, karena penerapan bidang ini mendukung kearah tersebut. Pengembangan wirausaha berbasis bioteknologi misalnya; pembuatan tapai, pembuatan virgin coconut oil, susu fermentasi, pupuk organik.

Baca juga:

Tempat Kuliah Bioteknologi

Bioteknologi pada berbagai perguruan tinggi umumnya masih berupa program peminatan dibawah jurusan Biologi. Beberapa kampus yang memiliki program peminatan Bioteknologi yang sudah cukup dikenal adalah Departemen Biologi IPB, Departemen Biokimia IPB, Jurusan Biologi UGM, Jurusan Mikrobiologi SITH ITB.

Ada perguruan tinggi yang sudah membuka program studi Bioteknologi seperti di Fakultas Teknobiologi UNIKA Atma Jaya Jakarta, Departemen Bioteknologi Universitas Al Azhar Indonesia, Fakultas Teknobiologi Program Biologi (Bioteknologi) Universitas Surabaya.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger