logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

7 Beasiswa Kuliah di Jepang


Beasiswa adalah hartu karun yang selalu dicari-cari oleh banyak pelajar, tidak hanya dicari, beasiswa juga harus diperjuangkan. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, kuliah keluar negeri hanya mimpi jika tidak ada pihak-pihak yang menyediakan beasiswa.

Baca juga: 7 Alasan Menarik untuk Kuliah di Jepang

Jepang sebagai negara dengan tingkat pendidikan yang boleh dikatakan tertinggi di Asia adalah salah satu negara tujuan utama pelajar Indonesia untuk melanjutkan Pendidikan tinggi. Karena itu informasi tentang beasiswa untuk kuliah di Jepang sangat diperlukan oleh para pejuang masa depan tersebut.

Baca juga: 5 Tantangan Bagi Mahasiswa Asing di Jepang

Disini, kami mencoba membantu teman-teman pemburu beasiswa untuk mendapatkan informasi tentang beasiswa kuliah di Jepang. Berikut ini adalah tujuh program beasiswa yang bisa teman-teman perjuangkan untuk bisa belajar di negeri pada ninja tersebut.

1. Beasiswa LPDP

Sebelum mencari beasiswa dari luar negeri, LPDP adalah sumber beasiswa pertama yang perlu kamu jajaki. LPDP adalah program beasiswa dari pemerintah Indonesia yang di tujukan untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan atau sedang melaksanakan studi S2 dan S3.

LPDP terdiri dari 6 program beasiswa, yaitu yakni 1) Beasiswa Reguler, 2) Beasiswa Disertasi, 3) Beasiswa Dokter Spesialis, 4) Beasiswa Afirmasi, 5) Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI), dan 6) Program Co-Funding. Penerima beasiswa dari LPDP berasal dari range bidang studi yang luas, hampir di semua bidang di berbagai universitas ternama baik dalam maupun luar negera termasuk Jepang.

Tentang LPDP, silahkan klik https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/

2. Monbugakusho/MEXT Scholarship

Monbugakusho/MEXT Scholarship adalah beasiswa dari Pemerintah Jepang yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Beasiswa ini dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/ MEXT). Termasuk pembiayaan dalam beasiswa adalah biaya studi dan biaya hidup, tanpa ikatan dinas.

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan Kantor Konsulat Jepang di Surabaya, Medan dan Makassar setiap tahun melaksanakan pendaftaran dan penyeleksian bagi calon penerima beasiswa Monbukagakusho.

Adapun program-program yang ditawarkan kepada siswa Indonesia adalah Program Research Student bagi lulusan perguruan tinggi, Undergraduate, College of Technology dan Professional Training College bagi lulusan SMA dan Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang serta Teacher Training bagi guru.

Tertarik beasiswa  Monbugakusho/MEXT?
Klik http://www.studyjapan.go.jp/jp/smap_stopj-applications_research.html

3. Mitsui Bussan Scholarship

Mitsui-bussan scholarship adalah beasiswa yang didanai dari Mitsui & Co. Ltd. Program ini bertujuan untuk mendorong siswa Indonesia yang ingin belajar di universitas di Jepang dan mendapatkan gelar sarjana di Jepang.

Jurusan yang bisa diambil oleh calon penerima beasiswa ini sangat luas, beberapa diantaranya adalah Matematika, Fisika, Kimia, Informasi & Ilmu Komputer, Biologi, Biofisika & Biokimia, Geologi, dan masih banyak lagi. Tetapi ada juga beberapa jurusan yang tidak bisa di fasilitasi oleh beasiswa ini, jurusan kuliah tersebut yaitu Ilmu kedokteran, ilmu farmasi dan ilmu Kedokteran Hewan.

4. Ajinomoto Post-Graduate Scholarship

Ajinomoto Post-Graduate Scholarship adalah program beasiswa dari perusahaan bumbu masakan Ajinomoto. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang akan melanjutkan studi ke jenjang Master (S2) di Jepang.

Beasiswa Pascasarjana Ajinomoto memiliki kerjasama dengan beberapa unversitas ternama di Jepang seperti Tokyo University, Kyoto University, Nagoya University, dll. Namun beasiswa ini khusus ditujukan untuk mahasiswa yang mengambil bidang sains.

Ingin mencoba beasiswa Ajinomoto? Klik https://www.ajinomoto.co.id/beasiswa.html

5. Asian Development Bank-Japan Scholarship Programme

Beasiswa ini tersedia bagi pelajar dari negara-negara peminjam ADB yang ingin belajar Ekonomi, Manajemen, Sains atau Teknologi di Jepang. Termasuk dalam beasiswa ini adalah biaya kuliah penuh, tunjangan subsisten bulanan dan perumahan, uang saku untuk buku dan materi pengajaran, asuransi kesehatan, dan biaya perjalanan diberikan selama satu tahun, dapat diperbarui untuk tahun kedua.

Tertarik dengan beasiswa ADB?
Klik https://www.adb.org/site/careers/japan-scholarship-program/main

6. JASSO Scholarships

JASSO (Organisasi Layanan Mahasiswa Jepang) adalah lembaga administratif independen yang didirikan di bawah MEXT dan yang juga menjalankan ujian masuk universitas sarjana EJU. Lembaga ini juga mengelola daftar beasiswa yang ditawarkan oleh otoritas lokal dan yayasan swasta yang bisa dimanfaatkan oleh siswa internasional.

Adapun misi dari JASSO adalah menjadi pusat pemberi informasi ke Jepang bagi mahasiswa Internasional dan pemberi informasi studi ke Luar negeri bagi mahasiswa Jepang. JASSO memiliki kantor perwakilan di negara-negara dibawah ini dan kantor perwakilan tersebut memberikan pelayanan konsultasi perorangan baik melalui telepon, surat, ataupun email. Kantor perwakilan ini berada di Indonesia, Korea Selatan, Malaysia dan Thailand.

Tertarik dengan Beasiswa JASSO? Klik http://www.jasso.or.id/

7. Beasiswa Panasonic

Panasonic adalah salah satu raksasa elektronik dari Jepang, perusahaan besar ini menawarkan beasiswa bagi mahasiswa dari 8 negara yang memiliki hubungan erat dengan mereka, Indonesia adalah salah satunya. Target penerima beasiswa ini terbatas hanya untuk para mahasiswa yang melanjutkan studi master (S2) di Jepang dalam bidang Matematika, Natural Science, Engineering, Biotechnology, Agricultural, dan Teknologi Informasi.

Besaran beasiswa yang akan diterima oleh mahasiswa terbilang cukup besar, yaitu 150.000 yen saat masih berstatus sebagai research student dan 180.000 yen saat sudah menempuh studi master. Beasiswa ini juga mencakup biaya tiket pesawat dan bantuan membayar SPP per semester sebesar maksimal 250.000 yen. Kompetisi untuk mendapatkan beasiswa ini termasuk sulit, karena setiap tahunnya hanya menerima 26 orang beswan dari 8 negara.

Demikianlah beberapa jenis beasiswa yang bisa membantu teman-teman untuk mewujudkan mimpi untuk kuliah di negeri sakura, negeri para ninja dan samurai dengan berbagai kekayaan sejarah dan budayanya. Semoga teman-teman bisa mendapatkan manfaat dari membaca artikel ini dan tembah semagatnya untuk menggapai impian masing-masing. Jika teman-teman memiliki info terbaru terkait dengan beasiswa di Jepang, silahkan berikan masukan kepada kami agar bisa memberikan informasi yang up to date kepada pengunjung blog ini.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

semoga bisa apply salah satu dari beasiswa tersebut, mimpi bisa meneruskan S2 di jepang nantinya, hehe

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger