logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Keterampilan Kerja Paling Penting di Era 4.0

Seiring  dunia berevolusi untuk merangkul revolusi industri ke-4, tempat kerja kita berubah. Sama seperti revolusi industri sebelumnya yang telah mengubah keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan dari tenaga kerja, kita akan mengalami hal yang sama dari revolusi ini.

Hanya lima tahun dari sekarang, 35 persen dari keterampilan yang dianggap penting saat ini akan berubah - menurut World Economic Forum. Meskipun kita tidak dapat memprediksi masa depan, namun, berikut adalah sepuluh keterampilan kerja yang paling penting (ditambah bonus satu) yang akan dicari setiap perusahaan di tahun 2020.

Soft Skill yang Perlu dimiliki Generai 4.0. Sumber Luigi Mengato via Flickr.com

1. Literasi Data

Data telah menjadi aset terpenting bagi setiap organisasi — "bahan bakar" revolusi industri ke-4. Perusahaan yang tidak menggunakan bahan bakar itu untuk mendorong kesuksesan mereka pasti akan tertinggal. Jadi, untuk membuat data berharga, organisasi harus mempekerjakan individu yang memiliki literasi data dan keterampilan untuk mengubah data menjadi nilai bisnis.

Baca juga: Cara Menjadi Programmer Komputer

2. Berpikir Kritis

Dimasa depan, mungkin kita tidak akan kekurangan informasi dan data. Data akan menjadi sangat banyak, bahkan terlalu banyak. Masalahnyanya adalah bagaimana kita memilih informasi yang kita butuhkan, dan bagaimana kita dapat membedakan antara informasi yang keliru seperti berita palsu, propaganda, dan banyak lagi. Kemampuan ini  akan sangat penting bagi keberhasilan organisasi, dan kemampuan ini bisa kita sebut sebagai kemampuan berpikir kritis.

Berpikir kritis tidak berarti sesuatu yang negatif; kemampuan ini adalah tentang kemampuan untuk mengevaluasi informasi secara objektif dan bagaimana informasi itu harus digunakan atau bahkan jika harus dipercaya oleh suatu organisasi. Karyawan yang berpikiran terbuka, namun dapat menilai kualitas informasi yang didapat akan lebih bernilai.

Baca juga: 10 Tanda Bahwa Anda adalah Pemikir Kritis

3. Tech Savviness

Keterampilan teknis yang berhubungan dengan komputer akan dibutuhkan oleh semua karyawan, apapun tugasnya, kenapa? Karena, dalam waktu dekat ini, semua tugas atau pekerjaan yang dilakukan manusia akan menggunakan alat digital sehubungan dengan revolusi industri ke-4 yang berdampak pada setiap industri. Kecerdasan buatan, Internet of Things, virtual dan augmented reality, robotika, blockchain, dan banyak lagi akan menjadi bagian dari pengalaman sehari-hari setiap pekerja, apakah tempat kerjanya adalah pabrik atau firma hukum.

Jadi, tidak hanya orang perlu merasa nyaman dengan alat-alat ini, mereka juga perlu mengembangkan keterampilan untuk bekerja dengannya. Kesadaran akan teknologi ini dan keterampilan teknis yang relevan akan dibutuhkan untuk setiap pekerjaan mulai dari penata rambut hingga akuntan dan semua yang ada di antaranya.

Baca juga: Waktu-waktu Kita Menjadi Sangat Kreatif

4. Kemampuan beradaptasi dan Fleksibilitas

Secepat dunia berubah, kebutuhan atas suatu keterampilan berubah dengan cepat. Oleh karena itu, orang juga perlu cepat belajar keterampilan baru. Orang perlu berkomitmen untuk mempelajari keterampilan baru sepanjang karier mereka dan tahu bahwa mereka harus dapat beradaptasi terhadap perubahan. Hal penting terkait ini adalah memahami bahwa apa yang berhasil kemarin belum tentu menjadi strategi terbaik untuk hari esok, jadi keterbukaan terhadap keterampilan yang belum dikuasai juga penting. Selain itu, orang harus secara kognitif fleksibel terhadap ide-ide baru dan cara melakukan sesuatu.

5. Kreativitas

Terlepas dari berapapun banyaknya mesin yang bekerja bersama kita, manusia masih lebih baik dalam hal kreativitas. Sangat penting bahwa manusia kreatif dipekerjakan oleh perusahaan untuk menciptakan, membayangkan sesuatu yang baru dan memimpikan masa depan yang lebih baik. Tempat kerja masa depan akan menuntut cara berpikir baru, dan kreativitas manusia sangat penting untuk bergerak maju.

Baca juga:
Menjadi manusia Kreatif di Era Inovatif
6 Cara Mudah Meningkatkan Kreatifitas

6. Kecerdasan Emosional (EQ)

Area lain di mana manusia memiliki keunggulan dari pada mesin adalah dengan kecerdasan emosional — kemampuan kita untuk menyadari, mengendalikan, dan mengekspresikan emosi kita dan emosi orang lain. Kemampuan ini akan menjadi penting selama manusia menjadi pemain utama dalam suatu pekerjaan.

Soft skill: 10 Hobi yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan 

7. Kecerdasan dan Keragaman Budaya

Organisasi semakin beragam, dan karyawan yang efektif harus dapat menghargai perbedaan dan bekerja dengan orang-orang dari berbagai ras, agama, usia dan jenis kelamin. Selain itu, wilayah operasional berbagai jenis bisnis semakin jauh melintasi batas internasional, yang berarti penting bagi karyawan untuk peka terhadap budaya, bahasa, politik, dan kepercayaan agama lain.

Karyawan dengan kecerdasan budaya yang kuat dan yang dapat beradaptasi dengan orang lain yang mungkin memandang dunia secara berbeda juga merupakan kunci dalam mengembangkan produk dan layanan yang lebih inklusif untuk suatu organisasi.

8. Keterampilan Kepemimpinan

Keterampilan kepemimpinan akan sangat penting tidak hanya bagi mereka yang berada di puncak hierarki perusahaan tradisional tetapi juga untuk individu-individu yang mungkin akan menjadi pemimpin baru di era 4.0. Dengan dukungan teknologi dan mesin, akan ada lebih banyak orang yang berada dalam posisi pengambilan keputusan, baik tim proyek atau departemen terkemuka.

Memahami cara menghasilkan keputusan yang terbaik dan menginspirasi setiap individu dalam angkatan kerja yang beragam dan terdistribusi membutuhkan keterampilan kepemimpinan yang kuat.

9. Penghakiman dan Pengambilan Keputusan yang Kompleks

Mesin mungkin dapat menganalisis data dengan cepat, dan manusia mungkin tidak mampu melakukannya, tetapi banyak keputusan mengenai apa yang harus dilakukan dengan informasi yang dihasilkan oleh mesin tetap harus diselesaikan oleh manusia. Manusia dengan kemampuan untuk mengambil input dari data sambil mempertimbangkan bagaimana keputusan dapat berdampak pada komunitas yang lebih luas adalah anggota penting dari tim

Termasuk juga kemampuan dalam kepekaan hal seperti moral, akan meningkatkan nilai seorang karyawan . Jadi, bahkan jika data mendukung satu keputusan, manusia perlu melangkah untuk berpikir tentang bagaimana suatu keputusan dapat berdampak pada bidang bisnis lainnya, termasuk orang-orangnya.

10. Kolaborasi

Ketika perusahaan mencari untuk merekrut karyawan dalam revolusi industri ke-4, keterampilan yang unik yang dimiliki manusia seperti kolaborasi dan keterampilan interpersonal akan lebih diperhatikan. Mereka akan menginginkan karyawan di tim mereka yang dapat berinteraksi dengan baik dengan orang lain dan membantu mendorong perusahaan maju secara kolektif.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi di Tempat Kerja

BONUS: Selain keterampilan yang tercantum di atas yang akan dicari oleh perusahaan dalam revolusi industri ke-4, ada beberapa keterampilan manajemen diri yang akan membuat seseorang lebih sukses di masa depan, termasuk dalam hal ini adalah motivasi diri, prioritas / manajemen waktu, manajemen stres dan kemampuan untuk merangkul dan merayakan perubahan. Orang-orang yang memiliki mindset yang terus berkembang, mahir bereksperimen dan bersedia belajar dari kesalahan, serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi akan sangat dicari dalam revolusi industri ke-4.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger