logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Lebih PD (Percaya Diri) di Kampus dan Kantor - Ini Caranya

Ketika Anda memulai pekerjaan pertama Anda atau memulai kuliah di universitas, sangat mudah untuk merasa tidak nyaman atau tidak yakin tentang kemampuan Anda.
Semua orang merasa seperti ini pada titik tertentu dalam hidup mereka, tapi jangan biarkan kekhawatiran itu berlanjut, karena ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda. Dalam artikel ini, kami mengeksplorasi cara untuk meningkatkan kepercayaan diri di tempat kerja atau kuliah.

Image by John Hain from Pixabay

Kepercayaan Diri dan pekerjaan


Ketika kita baru masuk ke dunia kerja, kita mungkin merasa seperti seorang yang berbohong (ini disebut "sindrom peniru") atau khawatir bahwa kita tidak termasuk, atau bahkan bahwa kita tidak pandai dalam pekerjaan kita. Kita berada dalam situasi baru dan asing, kita memiliki tanggung jawab, dan dibayar uang untuk melakukan pekerjaan kita. Namun kadang kita merasa tidak pantas untuk posisi tersebut.

Seringkali, kita melihat-lihat kantor dan melihat orang-orang hilir mudik sepanjang hari kerja, tampak tahu persis apa yang mereka lakukan dan merasa benar-benar nyaman dengan apa yang sedang mereka lakukan.
Ini berita baiknya: Anda tidak sendirian, yang anda rasakan adalah suatu hal yang normal dan ada banyak orang seperti anda.

Merasa kurang percaya diri di tempat kerja bukan hanya tidak menyenangkan, tetapi juga bisa menghambat langkah untuk Anda mengambil peluang atau mencapai tujuan Anda. Umumnya, kepercayaan diri Anda akan tumbuh dengan pengalaman, saat Anda mulai memahami peran Anda, mengenal rekan kerja, dan menerima pujian serta umpan balik positif dari atasan Anda.

Bekerja dengan Penuh Percaya Diri


Kita semua berbeda, jadi bagi sebagian dari kita, pertanyaan tentang bagaimana menjadi percaya diri di tempat kerja tidak bisa hilang begitu saja seiring berjalannya waktu. Karena setiaporang memiliki karakteristik masalah sendiri-sendiri.

Satu hal yang harus Anda ingat adalah bahwa terlalu percaya diri juga merupakan sebuah  masalah juga - hal itu dapat mendorong orang untuk melebih-lebihkan kemampuan mereka, kadang-kadang mengarah ke pengambilan risiko yang berbahaya dan hingga menjadi bencana. Jadi skeptisisme yang sehat dan keinginan untuk melakukan pekerjaan kita dengan lebih baik adalah hal yang baik.

Tetapi ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda jika kekurangan itu membuat pekerjaan Anda sulit.

Cara meningkatkan kepercayaan diri Anda


Pertama-tama, ada beberapa hal yang harus Anda ingat untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda:
  • Anda mendapatkan pekerjaan karena suatu alasan: Proses lamaran pekerjaan dilakukan secara menyeluruh dan sangat kecil kemungkinannya Anda akan mendapatkan kesempatan kecuali Anda memang mampu melakukannya dengan baik.
  • Tidak semua orang percaya diri seperti mereka yang anda lihat: Bahkan orang yang paling percaya diri di kantor mungkin berurusan dengan rasa tidak aman mereka sendiri. Menunjukkan rasa percaya diri juga bisa menjadi cara bagi orang untuk menghadapi rasa percaya diri yang rendah.
  • Memersiapkan diri untuk berbagai pertemuan dan presentasi: Bersiap dengan baik membantu menenangkan saraf ketika Anda tahu harus berbicara atau hadir, karena itu usahakan agar Anda menguasai apa yang Anda bicarakan.
  • Anda mungkin merasa kurang percaya diri, tapi jangan biarkan orang lain dapat melihatnya: Di dalam hati, Anda mungkin gugup, tetapi orang lain tidak perlu tahu ini. Mengetahui Anda tampak santai di luar dapat membuat Anda merasa lebih percaya diri.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi lebih percaya di tempat kerja:

1. Tetapkan tujuan yang realistis dan dapat dicapai

"Jadilah percaya diri di tempat kerja" adalah tujuan yang cukup kabur dan tidak realistis. Tetapkan diri Anda dengan target SMART - itu berarti specific, measurable (terukur), achievable (dapat dicapai), realistic and timebound (target waktu). Misalnya, "hari ini saya akan berbicara dengan satu orang baru pada saat istirahat makan siang" atau "dalam pertemuan tim hari Kamis, saya akan berbagi tiga tantangan tentang proyek yang sedang saya kerjakan". Pada kesempatan lain, hal itu akan menjadi sedikit lebih mudah, dan Anda akan tahu Anda mampu melakukannya, karena Anda akan pernah melakukannya sebelumnya.

2. Tuliskan contoh kapan Anda telah berhasil dalam melakukan sesuatu

Ada kemungkinan bahwa Anda telah berkali-kali berhasil  melakukan hal-hal di masa lalu, tetapi ketika Anda merasa rendah diri, mudah untuk mengabaikan pencapaian Anda tersebut. Menuliskan tiga contoh keberhasilan Anda dalam  melakukan sesuatudapat membantu Anda mengenali kekuatan Anda.

3. Habiskan waktu dengan orang yang membuat Anda merasa baik

Menghabiskan waktu dengan rekan kerja Anda bisa menjadi cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anda. Beberapa orang membuat Anda merasa nyaman atas diri anda sendiri, namun sebagian orang bisa toxic terhadap kepercayaan diri anda. Anda tidak selalu bisa memilih dengan siapa Anda bergaul di tempat kerja, tetapi menghabiskan lebih banyak waktu dengan kolega yang benar-benar membuat anda nyaman, dengan siapa Anda dapat berbagi ide, dan dengan siapa Anda mengerjakan banyak hal, dapat membuat Anda merasa benar-benar nyaman dengan diri anda.

4. Menjadi ahli

Menjadi expert dalam suatu hal dapat memberi Anda kepercayaan diri pada kemampuan Anda. Ini bisa menjadi bidang pekerjaan Anda yang menurut Anda paling menarik atau yang sudah Anda kuasai. Diskusikan dengan manajer  Anda kemungkinan mengembangkan bidang tersebut dengan menghabiskan lebih banyak waktu di sana dan bahkan melakukan beberapa pelatihan lebih lanjut untuk meningkatkan keterampilan Anda.

5. Ingatlah bahwa mempertanyakan kemampuan diri sendiri tidak selalu buruk

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, terlalu percaya diri juga bisa menjadi hal yang buruk, mengarah pada keputusan yang terburu-buru. Karenanya, memiliki skeptisisme yang sehat tentang pekerjaan Anda bukanlah hal yang buruk - jangan bingung karena merasa tidak yakin atau anda melihat bidang kerja anda yang mungkin perlu peningkatan karena rendahnya kepercayaan diri - ini bisa menjadi atribut yang berguna.

6. Bersikaplah baik pada diri sendiri seperti Anda terhadap orang lain

Tidak seorang pun dari kita yang bisa dalam kondisi terbaik kita setiap hari. Perbedaannya adalah, ketika seorang teman mengalami hari yang buruk, kita tidak memberi tahu mereka bahwa mereka adalah sampah dalam pekerjaan mereka dan semua adalah salah mereka (mudah-mudahan tidak, bukan begitu?). Kita bisa menawarkan diri menjadi pendengar yang baik dan simpatik dan berusaha meyakinkan mereka bahwa mereka telah melakukan yang terbaik yang mereka bisa. Cobalah menjadi lebih seperti ini dengan diri Anda sendiri.

7. Menerima kesalahan Sendiri

Tidak ada orang yang sempurna, dan tidak ada orang yang selalu berhasil dalam semua yang dikerjakannya. Jangan berharap semua pekerjaan Anda sempurna pada setiap waktu. Kualitas memang selalu menjadi hal yang penting, tetapi menyelesaikan pekerjaan anda adalah hal yang lebih penting. Dalam berbagai hal yang kita kerjakan, kita selalu terikat dengan tenggat waktu dan jadwal serta semua hal-hal yang membentuk kehidupan nyata, hal ini berarti bahwa kadang-kadang kita hanya perlu melakukan yang terbaik dari kita di waktu yang tersedia.

8. Kepercayaan diri bukan tentang menjadi yang paling vocal

Orang-orang dengan suara paling keras di kantor tidak selalu menjadi yang paling percaya diri. Bahkan, mereka mungkin mengkompensasi ketidakamanan mereka dengan bersuara keras. Dan jika boleh jujur, kelakukan tersebut hanya membuat semua orang menjadi gelisah. Kepercayaan diri sebenarnya lebih pada bagaimana kita menerima diri sendiri secara apa adanya - dan ini adalah tujuan yang jauh lebih baik daripada menjadi orang yang selalu mengomentari segala hal.

Saat berbicara dengan seseorang

Terkadang, rasa percaya diri yang rendah bisa menjadi masalah nyata dan membuat kita merasa sedih. Jika teknik ini tidak membantu, kami sarankan Anda berbicara dengan seseorang yang Anda percayai. Bisa jadi orang itu adalah bos Anda, atau teman kuliah, sekolah atau anggota keluarga. Jika semuanya terasa benar-benar sulit dan berat, mungkin anda perlu konsultasi dengan dokter Anda, karena Anda mungkin menderita kecemasan dan / atau depresi - dan Anda bisa mendapatkan bantuan untuk ini.

Di blog ini anda  juga bisa membaca cara mengelola stres di tempat kerja atau kuliah, tetapi ini bukan pengganti untuk berbicara dengan seseorang jika Anda berjuang untuk mengatasinya sendiri.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger