logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

10 Langkah Meningkatkan Kemampuan Otak

Aktifitas kuliah sangat memeras kemampuan otak kita, namun pastinya akan meningkatkan kemampuan otak kita dalam menghadapi masalah yang semakin-hari akan semakin kompleks. Agar kita lebih siap menerima latihan-latihan berat untuk otak kita dari dosen-dosen, ada baiknya kita memberikan latihan ringan dan menyenangkan bagi otak kita. Latihan ringan untuk otak kita perlu agar kita tidak terlalu tertekan dengan tugas-tugas kuliah yang terkadang membuat jemu. Beberapa latihan sederhana dibawah ini dapat kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan otak;

1. Olah Raga

Olahraga dapat dilakukan mulai dari yang paling sederhana, misalnya jalan kaki atau berlari kecil. Aktifitas fisik seperti ini dapat meningkatkan  volume oksigen yang masuk ke otak kita. Otak yang tercukupi kebutuhan oksigennya dapat berpikir lebih baik dari pada yang kurang tercukup

2. Permainan Otak

Otak kita seperti pisau, yang kalau tidak digunakan akan berkarat. Permainan adalah salah satu cara untuk menjaga otak kita tidak berkarat. Saat ini banyak permainan yang dapat melatih otak kita, misalnya catur, sudoku, puzzle, kubus rubik, tts, dan masih banyak yang lainnnya.

3. Bertanya kenapa

Sejak lahir, otak kita diberi rasa ingin tahu yang sangat besar, namun terkadang seiring umur dan kompleksitas masalah yang kita hadapi kita menjadi lupa dengan rasa ingin tahu. Agar otak kita terpuaskan rasa ingin tahunya dan menjadi lebih aktif dan senang, coba untuk bertanya "kenapa?" terhadap hal-hal yang kamu alami, setidaknya 10 kali dalam sehari.

4. Tertawa

Menurut ilmuan, tertawa itu sehat, tapi jangan berlebihan. Pada saat tertawa, otak melepaskan hormon endorphins dan senyawa lainnya kedalam darah dan ini akan membuat suasana hati menjadi tenang. Tanpa diberi tahu ilmuan pun kita tahu, tertawa dapat mengurangi stress dan tertawa itu seperti mengisi kembali baterai otak kita sehingga lebih fresh dalam berpikir.
Baca juga: Tips Mengatasi Stress

5. Makan ikan

Ikan mengandung minyak omega-3 yang sangat bermanfaat bagi otak kita. Beberapa hasil penelitian menunjukkan minyak omega-3 dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otak, meningkatkan fungsi membran sel otak. Banyak makan ikan dapat menurunkan depresi dan gejala penuruan kemampuan memperhatikan.

6. Belajar Sesuatu yang baru

Banyak sekali hal baru didunia ini yang dapat kita pelajari di dunia ini, bahkan hal-hal yang sehari-hari kita lakukan namun tidak dipandang penting. Misalnya, belajar membaca cepat, belajar mengetik 10 jari, mempelajari kosa kata baru juga dapat merangsang otak kita untuk bekerja lebih baik karena kita dapat membuat otak kita memiliki nuansa baru dalam cara berpikirnya.

7. Menulis

Kata orang bijak, tulisan yang jelek jauh lebih baik dari ingatan yang kuat. Saya sependapat dengan orang bijak itu. Selain membuat kita lebih mampu menuangkan ide-ide yang ada dalam pikiran kita, menulis dapat melatih otak kita juga. Hal ini dapat kamu buktikan sendiri, coba untuk menulis ulang apa yang kamu pelajari saat kuliah. Apa yang kamu tulis kembali akan lebih muda diingat dari pada yang tidak ditulis. Menulis juga dapat kamu lakukan di blog, atau bahkan kalau kamu ingin yang lebih "wah", kamu dapat mengirim tulisan kamu ke media massa.

8. Hindari alkohol dan rokok

Ada professor yang merokok, orang barat banyak yang minum alkohol, tapi mereka tetap pintar! Coba kalau profesor itu tidak merokok, pasti di jadi jauh lebih pintar. Dan orang barat, biasanya mereka minum bukan untuk mabuk seperti kebanyakan yang kita lihat pada saat ini disekitar kita, biasanya mereka minum hanya untuk menghangatkan badan (mohon koreksinya kalau salah). Namun penting untuk diingat, banyak penelitian telah membuktikan kedua benda tersebut dapat menurunkan kemampuan otak secara PERMANEN.

9. Aroma terapi dan musik

Agak aneh mungkin, tapi menurut ilmuan musik mozart dapat meningkatkan pemahaman matematika dan keruangan. Masih ilmuan yang sama, dia menyatakan bahwa musik mozart dapat menstimulasi aktifitas tiga gen yang terlibat dalam pengiriman informasi oleh sel syaraf dalam otak. Selain melalui telinga, kita juga dapat merangsang otak kita melalui hidung. Melalui hidung kita dapat menikmati aroma terapi yang dapat memberikan efek yang menenangkan dan membantu kita untuk berkonsentrasi.

10. Temukan inspirasi

Jalan-jalan keluar rumah, keluar kota, berjalan kaki keliling kota, membaca majalah lama, koran lama, mendaki gunung, memancing di tempat yang belum pernah kita datangi, dan banyak hal lain yang dapat kita lakukan untuk menemukan inspirasi bagi otak kita. Inspirasi membantu kita untuk menemukan ide-ide atau merangkai apa yang sudah ada dalam pikiran kita menjadi lebih menarik.
Baca juga: Pentingnya Jalan-jalan Bagi Mahasiswa

Artikel 10 Langkah Meningkatkan Kemampuan Otak ini disarikan dan disesuaikan dari tulisan Ririan (bloger) yang berjudul "22 Ways to Overclock Your Brain". Semoga bermanfaat, komentar pembaca sangat saya harapkan, silahkan tulis di kota komentar dibawah, terima kasih.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger