logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

10 Jurusan Kuliah Paling Prospektif

Wisuda Sarjana By Andrew Schwegler

Kuliah adalah tempat belajar yang dapat  memberikan anda keleluasaan untuk memilih apa yang ingin anda pelajari secara lebih mendalam. Anda bisa mempelajari apa yang menjadi passion atau mencoba untuk mengeksplorasi bidang baru yang membuat anda tertarik atau menemukan jurusan kuliah  yang akan menjadi langkah awal anda dalam membangun karir.

Jurusan kuliah apapun yang kamu pilih, jangan memilihnya karena jurusan itu tampak mudah untuk kamu, atau karena pengaruh teman, karena bisa saja apa yang kamu lakukan telah mencurangi diri sendiri dan menyebabkan kami kehilangan kesempatan besar untuk diri sendiri.

Untuk menambah pengetahuan kamu tentang jurusan-jurusan kuliah yang sesuai, dibawah ini akan kita bahas beberapa jurusan kuliah terbaik saat ini. Daftar ini dibuat berdasarkan penelitian tentang prospek kerja, gaji, dan popularitas. Bukan berarti semua jurusan yang akan dibahas dibawah ini menjajikan anda pekerjaan atau gaji yang besar, namun setip jurusan kuliah ini menawarkan tantangan intelektual yang unik dan dapat membantu anda untuk menguasai seperangkat skill yang dapat aplikasikan di berbagai posisi profesional.

1. Ilmu Komputer

Anda tidak hanya akan belajar lebih banyak tentang komputer-perangkat keras dan perangkat lunak-tapi Anda juga akan belajar tentang penerapan pengetahuan semacamnya, seperti bagaimana mengembangkan teknologi sesuai dengan skenario bisnis. Sebagai lulusan jurusan kuliah sains komputer, Anda akan berhadapan dengan dunia yang sangat menarik seperti robotika, program pengenalan bahasa alami, kecerdasan buatan, bahasa pemrograman, analisis numerik, dan teknologi game. Pemecahan masalah adalah komponen utama ilmu komputer, apapun segmen industri yang ingin Anda dalami.
Baca juga:
10 Alasan Kuliah di Jurusan Komputasi atau Teknologi Informasi
Prospek Kerja Jurusan Kuliah Teknik Informatika

2. Komunikasi

Jurusan komunikasi cenderung menjadi pembicara yang hebat dengan kecerdasan yang merespon cepat dan kepribadian yang berapi-api. Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk meneliti berbagai jenis presentasi - seperti pidato dan skrip - dan strategi di balik pesan yang digunakan oleh pembicara dan penulis untuk membuat poin penting yang ingin mereka sampaikan. Anda akan belajar tentang pesan verbal dan nonverbal, reaksi penonton, dan beragam efek dari lingkungan komunikasi yang berbeda. Pengetahuan-pengehutan tersebut akan mempersiapkan Anda untuk mendapatkan banyak pilihan karir dalam bisnis, periklanan, sumber daya manusia, hubungan masyarakat, pemerintahan, pendidikan, media, dan layanan sosial.
Baca juga:
Propek Kerja Jurusan Kuliah Ilmu Komunikasi
Peluang Kerja Jurusan Kuliah Desain Komunikasi Visual

3. Ilmu Politik

Karena sering kali berhubungan dengan kejadian terkini dan analisis statistik yang canggih, ilmu politik adalah ilmu yang up to date, menarik, dan terus bertransformasi. Singkatnya, ini adalah studi tentang politik pemerintahan, , kebijakan publik, urusan luar negeri, filsafat politik, dan pemerintahan komparatif. Jurusan ilmu politik mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi yang baik, dan lebih luas lagi, pemahaman tentang sejarah dan budaya. Akan ada banyak membaca, menulis, dan matematika. Kemungkinan jalur karir beragam - mulai dari pengacara, politisi hingga wartawan.

4. Bisnis

Seorang bisniman adalah pemimpin yang hebat, mempelajari bisnis berart anda harus bersiap untuk memiliki beragam keterampilan yang berhubungan dengan kepemimpinan. Tidak ada ruang untuk seorang pemalu di dunia bisnis. Keterampilan utama dari jurusan kuliah ini adalah kemampuan dalam pemecahan masalah, mengolah angka, dan pengambilan keputusan. Dan jangan lupakan kemampuan komunikasi yang hebat! Saat belajar bisnis, Anda akan mendapatkan landasan menyeluruh dalam teori dan prinsip akuntansi, keuangan, pemasaran, ekonomi, statistik, dan fungsi sumber daya manusia. Anda akan menjadi jagoan tentang bagaimana menganggarkan, mengatur, merencanakan, mempekerjakan, mengarahkan, mengendalikan, dan mengelola berbagai jenis organisasi - mulai dari tipe kewiraswastaan ​​hingga perusahaan milyaran rupiah. Bisnis utama juga akan membuat Anda berpikir tentang isu-isu seperti keragaman, etika, politik, dan dinamika lainnya yang berperan dalam setiap lingkungan kerja.
Baca juga:
5 Alasan Kuliah di Jurusan Bisnis Manajemen
Jurusan Kuliah untuk Calon Wirausahawan

5. Ekonomi

Ekonomi adalah studi tentang pilihan individu, bisnis, pemerintah, dan masyarakat dan bagaimana mereka memilih untuk menghabiskan waktu dan uang mereka dan mengalokasikan sumber daya mereka. Dan tugas Anda adalah bisa menebaknya (memperkirakannya): Ekonomi melibatkan pemikiran kritis dan matematika yang berat. Studi tentang produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa merupakan alat yang sangat diperlukan untuk memahami seluk-beluk dunia modern. Mempelajari ekonomi juga merupakan persiapan yang sangat baik untuk masa depan dalam bisnis, dan juga untuk studi pascasarjana di bidang hukum, kebijakan publik, dan studi internasional.
Baca juga:
Prospek Kerja Jurusan Kuliah Ekonomi Pembangunan
Perkuliahan dan Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

6. Sastra Inggris

Program bahasa Inggris berfokus pada sastra, bahasa, dan tulisan, dan jurusan bahasa Inggris akan menemukan beragam karya penyerap fiksi, puisi, dan nonfiksi dari seluruh dunia dan sepanjang sejarah. Menganalisis karya-karya pikiran dan imajinasi terbesar yang telah dihasilkan oleh peradaban manusia pasti akan mempertajam kemampuan kritis, emosional, kreatif, dan moral Anda. Studi literatur juga membantu menjelaskan jawaban atas pertanyaan abadi tentang kondisi manusia. Gelar ini merupakan persiapan yang luar biasa untuk masa depan di bidang hukum, jurnalisme, penerbitan, studi pascasarjana, dan hal lain.
Baca juga:
Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

7. Psikologi

Jika Anda berpikir Anda dapat memahami mengapa orang-orang tertentu bereaksi terhadap aspek-aspek tertentu dari lingkungan mereka dengan cara tertentu, maka memilih jurusan kuliah psikologi mungkin cocok untuk anda. Jurusan kuliah psikologi akan membantu anda untuk mengembangkan kemampuan tersebut dan Anda akan belajar tentang biologi otak. Jurusan Psikologi  berfokus pada fitur pikiran manusia seperti belajar, kognisi, kecerdasan, motivasi, emosi, persepsi, kepribadian, gangguan mental, dan cara-cara di mana preferensi individu kita diwarisi dari orang tua kita atau dibentuk oleh lingkungan kita. Di lapangan, psikolog berusaha untuk mendidik, berkomunikasi, dan menyelesaikan banyak masalah seputar perilaku manusia. Di dunia kerja, dengan gelar ini Anda bisa menjadi terapis atau konselor, bisa juga menjadi seorang guru, spesialis perkembangan anak, pengacara, atau konsultan, bergantung pada pengalaman dan studi pascasarjana yang dengannya Anda melengkapi gelar Anda.
Baca juga:
10 Alasan Memilih Jurusan Psikologi
Mengenal Profesi Psikologis

8. Perawatan

Individu yang penuh welas asih dengan pikiran yang hebat untuk dunia kedokteran yang rumit - dan terkadang memilukan akan sangat sesuai untuk karir keperawatan. Dalam rangka mengevaluasi, mendiagnosis, dan mengobati masalah kesehatan, ada juga kesempatan untuk bekerja dengan teknologi yang terus berkembang dan ultra-canggih. Ujian sertifikasi diperlukan setelah lulus dari program keperawatan terakreditasi sebelum Anda dapat terdaftar secara resmi. Prospek pekerjaan untuk perawat tidak hanya banyak tapi juga bervariasi dan luas, tersedia di bidang seperti geriatri, neurologi, onkologi, kebidanan, dan pediatri.
Baca juga:
10 Alasan Kenapa Perawat adalah Pasangan Idela

9. Teknik Kimia

Insinyur kimia memanfaatkan reaksi kimia untuk menghasilkan barang yang diinginkan orang banyak. Teknik kimia adalah bidang yang sangat luas dan mungkin tumpang tindih dengan cabang teknik, kimia, dan biokimia lainnya. Jurusan teknik kimia belajar bagaimana menata ulang struktur molekul dan bagaimana merancang proses kimia melalui bahan kimia, minyak bumi, makanan, dan obat-obatan. Anda akan belajar bagaimana membangun dan mengoperasikan pabrik industri di mana bahan baku diubah secara kimia. Anda akan belajar bagaimana menjaga lingkungan agar tetap aman dari polusi potensial dan limbah berbahaya. Pabrik kertas, produsen pupuk, perusahaan farmasi, pembuat plastik, dan banyak jenis perusahaan lainnya membutuhkan keahlian seorang lulusan jurusan kuliah teknik kimia.
Prospek kerja;
Perkuliahan dan Prospek Jurusan Kuliah Teknik Kimia
Perbedaan Jurusan Kimia Murni dengan Teknik Kimua

10. Biologi

Dari organisme mikroskopik sampai prosedur kloning, biologi mencakup hampir seluruh dunia. Jurusan Biologi dapat mempelajari manusia, tumbuhan, hewan, dan lingkungan tempat mereka tinggal, dan studi dilakukan dari tingkat sel, hingga tingkat biosfer atau di manapun di antaranya. Anda mungkin akan bekerja untuk mencari atau mengungkap rahasia-rahasia makhluk hidup yang belum terungkap dan cara untuk memecahkan masalah, seperti menemukan obat untuk penyakit. Prospek kerja lulusan Jurusan kuliah biologi sangat luas, mereka dapat bekerja di bidang kedokteran, atau di salah satu bidang berhubungan dengan tumbuhan seperti genetika dan bioteknologi atau bekerja sebagai dokter hewan, dokter mata, ahli ekologi, atau ahli lingkungan.
Baca juga:
Prospek Kerja Lulusan Jurusan Kuliah Biologi
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger