logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Mau Kuliah Gratis di Jerman? Baca Ini Dulu!

Jika kamu berencana mengambil graduate degrees di luar negeri, Jerman adalah salah satu negara pilihan terbaik. Bahkan mungkin boleh dikatakan yang terbaik di dunia, mengungguli tujuan populer lainnya seperti Inggris atau Belanda.

Jerman adalah rumah bagi beberapa universitas terbaik di dunia, yang membuatnya lebih menarik adalah kamu bisa belajar di sana secara gratis. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut, teruskan membaca beberapa FAQ tentang kuliah gratis di jerman berikut ini:

Siapa yang bisa belajar di Jerman secara gratis?

Semua orang! Yup, kamu tidak salah baca. Baik orang Jerman, Eropa, atau semua orang non-Eropa dapat belajar di Jerman secara gratis - tanpa biaya kuliah. Tidak masalah jika Anda berasal dari Uni Eropa atau EEA. Ini berlaku untuk hampir semua program studi di universitas negeri. Tapi Ada sedikit tantangan untuk kita yang berasal dari luar Uni Eropa, kita memerlukan izin tinggal sebelum tiba di negara tersebut; dan kita harus menyelesaikan studi Anda di Jerman.

kuliah gratis di luar negeri

Di universitas mana di Jerman Anda dapat belajar gratis?

Di Jerman, Anda dapat belajar secara gratis di universitas negeri. Ada hampir 300 universitas negeri di Jerman, dan ada lebih dari 1.000 program studi secara keseluruhan - jadi Anda memiliki banyak pilihan! Beberapa universitas negeri terbesar termasuk:
  • University of Cologne
  • Ludwig Maximilians University Munich (LMU)
  • Goethe University Frankfurt
  • RWTH Aachen University
  • University of Münster
  • Ruhr University Bochum
  • University of Duisburg-Essen
  • Universität Hamburg
  • FAU Erlangen-Nürnberg
  • Technical University of Munich (TUM)

Mengapa universitas negeri di Jerman tidak memungut biaya kuliah?

Hampir di mana saja di Eropa dan dunia, universitas membebankan biaya kuliah. Jerman adalah salah satu dari sedikit negara di Eropa di mana Anda dapat belajar secara gratis, bahkan jika Anda berasal dari Asia, Afrika atau di tempat lain.

Orang Jerman umumnya percaya bahwa pendidikan tidak boleh diperlakukan sebagai produk komersial, dan bahwa akses gratis ke pendidikan tinggi menjamin pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan bagi populasi yang lebih besar. Di masa lalu, ada undang-undang yang memungkinkan universitas publik untuk mengenakan biaya kuliah yang sangat sederhana sebesar 1.000 euro setiap tahun. Tapi setelah bertahun-tahun protes publik, biaya kuliah dihapus lagi pada tahun 2014.

Juga, pemerintah Jerman beberapa tahun terakhir telah menyadari manfaat ekonomi dan sosial dari imigrasi. Jerman ingin mendapatkan pikiran terpintar untuk belajar ke negara tersebut, dan idealnya untuk tetap tinggal disana setelah lulus; dan itulah sebabnya mereka biasanya menentang biaya sekolah untuk orang asing juga.

7  Alasan Menarik Kuliah di Jepang

Jika biaya kuliah gratis, apakah berarti universitasnya tidak bagus?

Jauh panggang dari api! Universitas-universitas Jerman termasuk yang terbaik di dunia, dan Anda dapat berharap untuk menerima pendidikan kelas dunia sebagai mahasiswa asing. Banyak institusi yang lebih besar secara konsisten berada di peringkat 100 besar dalam peringkat internasional.

Fakta bahwa pendidikan tinggi di universitas negeri bebas biaya adalah keputusan politik murni oleh pemerintah Jerman. Gelar dari universitas Jerman akan dihormati di seluruh dunia dan membuka banyak pintu untuk pilihan karir Anda.

10 Jurusan Kuliah Paling Prospektif

Apakah ada biaya kuliah di Jerman?

Umumnya, Anda dapat belajar di Jerman secara gratis - tetapi ada beberapa pengecualian:
  • Hanya universitas negeri yang bebas biaya kuliah. Jika Anda belajar di salah satu dari sekitar 100 universitas swasta, Anda diminta untuk membayar, dan biaya sekolah tersebut setara dengan apa yang akan Anda bayarkan di negara-negara seperti Inggris atau Irlandia.

    Namun, karena persaingan mereka dari universitas negeri yang murah, sekolah swasta di Jerman cenderung menawarkan program khusus, dan manfaat lain sehingga Anda mendapatkan nilai uang Anda. Dan tentu saja, Anda mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan beasiswa.
  • Universitas-universitas di Jerman membedakan antara program-program Master  “consecutive”(berurutan) dan  “non-consecutive” (tidak berurutan). Program consecutive adalah program yang dapat Anda ikuti segera setelah Anda menyelesaikan gelar Sarjana.

    Program non-consecutive, seperti “MBA Eksekutif”, biasanya mengharuskan mahasiswa memiliki beberapa tahun pengalaman kerja. Program studi yang tidak berurutan seperti itu biasanya membebani biaya kuliah, bahkan di universitas negeri.
  • Mulai 2017, universitas negeri di negara bagian Baden-Württemberg dapat membebankan biaya kuliah dari siswa non-EU / EEA. Itu termasuk universitas di Stuttgart, Karlsruhe, Mannheim, Freiburg, Heidelberg, dan beberapa kota lainnya. Biaya kuliah ditetapkan sebesar 1.500 euro per semester - yang masih jauh lebih terjangkau daripada di banyak negara lain di Eropa.

Adakah biaya lain yang harus dipertimbangkan saat kuliah di Jerman?

Meskipun biasanya tidak ada biaya kuliah di universitas negeri, Anda mungkin harus membayar sesuatu yang disebut “biaya semester” atau “biaya administrasi”. Tetapi itu jumlah yang kecil: sering sekitar 300 atau 400 euro untuk seluruh semester.

Ini kemudian juga mencakup tiket transportasi umum untuk kota Anda dan kadang-kadang bahkan daerah sekitarnya, di sebagian kecil dari apa yang biasanya Anda bayar untuk tiket seperti itu. Selain itu, Jerman adalah salah satu negara Eropa Barat yang lebih terjangkau. Anda dapat bertahan dengan 800 euro per bulan, memberi atau mengambil sedikit, tergantung pada kota tempat Anda belajar. Kota-kota besar seperti Munich, Frankfurt, atau Hamburg dikenal lebih mahal daripada kota-kota yang lebih kecil.

10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Beasiswa apa yang tersedia untuk belajar di luar negeri di Jerman?

Ada banyak beasiswa untuk mahasiswa asing di Jerman. Layanan Pertukaran Akademik Jerman (DAAD) memiliki basis data beasiswa resmi yang memungkinkan Anda mencari opsi beasiswa yang sesuai. Kalau untuk di Indonesia, beasiswa yang paling menarik adalah beasiswa LPDP.

7 Program Beasiswa Kuliah di Jepang

Bisakah saya tinggal di Jerman setelah saya lulus dari universitas?

Ya anda bisa! Dan itu berlaku untuk semua siswa, terlepas dari negara asalnya. Jika Anda berasal dari luar Uni Eropa, Anda dapat mengajukan permohonan izin tinggal 18 bulan setelah lulus kuliah di jerman. Dengan "visa pencari kerja" semacam itu, Anda dapat mencari pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi Anda; dan Anda diizinkan untuk mengambil pekerjaan apa pun selama 18 bulan tersebut. Kementerian Federal Jerman untuk Urusan Ekonomi dan Energi menawarkan informasi lebih lanjut tentang izin tinggal setelah lulus.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger