logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Jurusan Kuliah yang Selalu Dibutuhkan

Banyak sekali jenis pekerjaan yang sebenarnya bertebaran di sekitar kita, namun masalahnya tidak semua dari kita cukup peka menemukan pekerjaan kita yang sesuai. Bidang-bidang kerja tersebut sangat dekat dengan kita karena setiap hari kita bersinggungan dengannya, pernahkah kamu terpikir tentang pekerjaan tersebut? Bidang-bidang pekerjaan tersebut berhubungan dengan kebutuhan manusia yaitu, pangan, sandang, kesehatan dan papan. Pekerjaan tersebut sangat dekat dengan kita dan mungkin tidak akan pernah kehilangan prospeknya, bidang-bidang tersebut yaitu: 

1. Bidang kuliner 

Tiga kali sehari, 7 hari dalam seminggu. Siapa yang tidak butuh makan! Industri kuliner tidak akan ada habisnya selama komunitas manusia masih ada di permukaan Bumi ini, kuliner berhubungan dengan industri hilir makanan. Pilihan kerja yang cukup menjanjikan untuk masa depan kita dalam bidang ini yaitu menjadi cheff atau memiliki rumah makan (restoran) sendiri. Untuk menjadi cheff, Anda dapat mengikuti kursus-kursus memasak yang saat ini cukup mudah untuk ditemukan. Bahkan sekarang sudah ada sekolah formal yang penjurusannya untuk memasak, biasanya jurusan ini dikenal sebagai tata boga di sekolah menengah kejuruan. Sebagai lulusan tata boga atau kursus memasak, Anda dapat bekerja di rumah makan atau restoran, cafe, hotel, atau tempat lain yang membutuhkan seorang ahli memasak.

Pilihan lainnya, Anda dapat membuka restoran atau membuka toko makanan seperti misalnya Bakery. Biasanya usaha membuka rumah makan atau bakery membutuhkan modal yang cukup besar karena resiko dari makanan yang cepat rusak, jika tidak punya modal besar Anda bisa mencoba bekerja sama dengan sesama teman yang ingin membuka usaha atau mencari pemodal yang dapat membantu.
Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ilmu Gizi

2. Bidang Fashion

Kapan kita tidak memakai pakaian? Kemungkinan hanya saat mandi di dalam kamar mandi kita tidak berpakaian, waktu selebihnya kita selalu memakai pakaian (ada "kecuali" sedikit). Jadi hampir setiap detik dalam hidup kita menggunakan pakaian, karena itu bidang fashion tidak lekang oleh waktu. Setiap hari kita mengunakan baju, celana, sepatu, pakaian dalam, topi, jaket, sweeter, dan lain sebagainya. Dalam bidang fashion, beberapa peluang kerja yang paling menarik berhubungan dengan fashion adalah perancang busana.

Untuk menjadi perancang busana, anda dapat mengikuti kursus formal (SMK) atau informal (kursus), seperti halnya untuk menjadi juru masak. Tidak harus langsung menjadi perancang busana yang terkenal dimana-mana, anda dapat memulai dari merancang baju sendiri. Seorang perancang busana (menurut saya) harus memiliki gayanya sendiri, jadi untuk menunjukkannya anda bisa merancang sendiri baju anda dan memakainya sehingga orang bisa melihat. Jika rancangan anda memang menarik, orang-orang akan bertanya kepada Anda. Langkah selanjutnya.. cukup jelas kan...
Teman dari teman saya telah mengalami sendiri proses seperti ini, memakai baju rancangannya sendiri dan kemudian dia menerima pesanan dari temannya sendiri, bahkan pesanan itu untuk acara resepsi pernikahan.

3. Bidang Kesehatan

Kesehatan adalah kebutuhan semua orang seperti makanan, bedanya kesehatan itu sudah kita miliki dan yang sering jadi masalah adalah bagaimana mempertahankannya. Namun terkadang banyak orang lupa dengan kesehatannya, karena itu rumah sakit hampir tidak pernah sepi. Bahkan orang yang paling bersih cara hidup dan lingkungannya tidak bisa menghindar kalau memang sakit telah menyapa. Untuk alasan inilah, bidang kesehatan tidak pernah kehabisan tempat bagi orang-orang yang ingin terjun dalam bidang ini.

Pekerjaan yang terkait dengan bidang kesehatan ini misalnya:
  • Dokter, dokter biasanya selalu bisa menemukan rumah sakit untuk tempatnya bekerja. Dokter yang sudah memiliki izin praktek bisa memiliki tempat prakteknya sendiri (Baca juga: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia)
  • Perawat, seingat saya setiap tahun pemerintah selalu membuka formasi untuk lulusan keperawatan, karena memang tenaga kesehatan di negara kita tercinta ini memang masih sangat terbatas. 
  • Bidan, biasanya mereka dapat membuka tempat prakteknya sendiri seperti dokter dan bisa juga bekerja di Rasanya jarang kita dengar orang-orang lulusan ketiga pendidikan profesional ini yang menganggur.

4. Bidang Pekerjaan Umum (Keteknikan Sipil)

Jumlah manusia yang semakin banyak tentu membutuhkan fasilitas yang lebih banyak pula. Lebih banyak dibutuhkan perumahan, jalan, dan bangunan-bangunan pelayanan publik lainnya. Semua pembangunan fasilitas tersebut membutuhkan orang-orang yang ahli dibidang teknik. 


Pembukaan dan perkembangan wilayah-wilayah baru terus terjadi hingga saat ini dan kemungkinan kecil proses ini akan berhenti, karena masih saja ada lahan yang terus dibuka baik oleh pemerintah, swasta maupun perorangan. Perkembangan ini membutuhkan perencanaan yang baik yang dapat dikerjakan oleh perencana wilayah, planolog, atau arsitek lanskap. Pembangunan fasilitas jalan tentu membutuhkan  ahli konstruksi jalan, dan untuk membuat rumah-rumah tinggal atau apartemen tentu menggunakan tenaga arsitek.
Baca juga:
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger