logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Gizi


Jurusan Kuliah yang membahas tentang Gizi adalah salah satu jurusan yang tidak akan mati sepanjang manusia masih di dunia, sama halnya dengan jurusan pertanian. Karena apa? Karena manusia selalu butuh makanan, dan ilmu gizi adalah ilmu yang membahas tentang berbagai hal yang terkait dengan makanan, terutama dalam kaitannya dengan kesehatan manusia. Dengan demikian, cukup jelas bahwa jurusan ilmu gizi  memiliki prospek lapangan kerja yang relatif luas sejalan dengan perkembangan kehidupan manusia yang semakin tinggi standardnya.

Mungkin masih banyak diantara teman-teman yang belum tahu lapangan kerja seperti apa saja yang bisa dimasuki seorang lulusan jurusan ilmu gizi, bagi yang sedang mencarinya, berikut ini adalah beberapa prospek lapangan kerja jurusan ilmu gizi.

Lembaga Kesehatan Masyarakat

Setiap Pusat Kesehatan Masyarakat atau yang lebih dikenal sebagai Puskemas memerlukan setidaknya satu orang ahli gizi, namun pada saat ini masih banyak Puskesmas yang belum memiliki ahli gizi karena jumlah lulusan Jurusan Gizi yang masih sangat kurang. Ahli gizi juga dapat bekerja di rumah sakit.
Baca juga:
10 Alasan Kenapa Perawat adalah Pasangan Ideal
Penyakit-penyakit yang Sering dialami Mahasiswa

Institusi Pemerintahan

Lulusan jurusan ilmu gizi dapat bekerja untuk pemerintah di lembaga seperti Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) atau di Badan Ketahanan Pangan.

Konsultan Gizi

Konsultan dan penyuluh bidang pangan, gizi dan kesehatan
Prospek lainnya dalam Ilmu Gizi ialah sebagai konsultan Gizi di lingkungan masyarakat, seperti Konsultan Diet, Konsultan Gizi Lansia, Konsultan Gizi Anak dan Balita, dan lain sebagainya.

Tenaga pengajar dan pendidik

Dalam bidang Pendidikan, Prospek Ilmu Gizi akan menjadi Staff Pengajar di Perguruan Tinggi dengan mengambil pendidikan Strata 2 (S-2).

Perusahaan industri makanan

Dalam industri makanan, peluang lulusan ilmu gizi sangat luas terbentang. Pada umumnya, tugas utama seorang ahli gizi di industri makanan adalah membuat nutrition facts yang berada di belakang kemasan makanan itu. Gizi Kesehatan Masyarakat bisa menduduki profesi sebagai Manager Quality control pada perusahaan Food and Baverages, Rumah Makan dan restaurant, supervisor HACCP pada berbagai perusahaan : restaurant, hotel, supermarket, supplier makanan, konsultan gizi, catering.
Baca juga:
Jurusan Kuliah yang Selalu dibutuhkan
Prospek Kerja Jurusan Kuliah Teknik Industri
Selain peluang-peluang kerja diatas, lulusan Ilmu Gizi juga bisa bekerja sebagai ahli nutrisi, peneliti rumah sakit, industri kesehatan, bisa juga di lembaga swadaya masyarakat. Lulusan jurusan ilmu gizi juga bisa berwirausaha membuka jasa perdagangan makanan, catering, dsb.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger