logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Prospek Kerja Jurusan Pariwisata

Fatahillah Square - Kota Tua Jakarta
Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta
Jurusan pariwisata di perguruan tinggi adalah jurusan yang memiliki prospek lapangan kerja yang sangat besar. Prospek kerja jurusan pariwisata yang besar ini dapat dipahami karena pariwisata adalah salah satu industri terbesar di dunia, bahkan ada ahli pariwisata di luar negeri yang berpendapat pariwisata bukan sekedar industri biasa, tapi kombinasi dari berbagai jenis industri. Beberapa industri yang dapat masuk dalam pariwisata adalah industri makanan, industri transportasi, industri perhotelan, industri hiburan, dan lain-lain.
Baca juga: Jurusan kuliah buat penggila travelling
Sebagai gambaran, berikut ini adalah beberapa prospek kerja bagi seorang lulusan jurusan pariwisata di Indonesia.

Biro perjalanan wisata

Lulusan jurusan pariwisata dapat bekerja di biro perjalanan wisata yang banyak terdapat di Indonesia, banyak agen wisata perjalanan ini disebabkan potensi wisata Indonesia yang memang sangat banyak. Kemampuan yang harus dimiliki untuk lulusan pariwisata yang bekerja di bidang ini misalnya bagaimana cara membuat paket toru wisata yang baik. Beberapa hal penting dalam pembuatan paket wisata misalnya pengetahuan tentang  jalur penerbangan pesawat, teknik guiding wisatawan (kemampuan bahasa inggris akan sangat mendukung), dan geografi kawasan wisata . Selain bekerja di agen perjalanan wisata, lulusan pariwisata juga dapat mendirikan agen atau biro perjalanan wisatanya sendiri.
Baca juga:
Pentingnya bahasa Inggris bagi Mahasiswa
Prospek jurusan Arsitektur Lanskap

Perusahaan Pengelola Kawasan Wisata

Minat masyarakat yang semakin tinggi untuk berwisata membuat industri wisata menjadi semakin kompleks, karena pada saat ini semakin banyak kawasan atau objek wisata yang dikelola secara profesional oleh perusahaan kepariwisataan. Banyak sekali contoh perusahaan pengelola kawasan wisata, misalnya Taman Impian Jaya Ancol dan Taman Mini Idonesia di Jakarta.

Institusi pemerintahan

Lulusan jurusan pariwisata dapat bekerja sebagai pegawai negeri sipil di kementrian pariwisata dan ekonmomi kreatif serta dinas-dinas pariwisata yang berada di bawah pemerintahan provinsi maupun kota dan kabupaten.

Industri perhotelan

Banyak lulusan jurusan pariwisata yang bekerja di bidang perhotelan, dibidang ini mereka biasanya bekerja pada bagian pemasaran, bidang pengaturan operasional sehari-hari, ataupun menyediakan pelayanan jasa pelanggan dengan baik. Lingkup kerja lulusan pariwisata di industri perhotelan antara lain masalah Laundry, Food and Beverage, Hospitality, Room Service, dan Hotel Accounting.

Masih banyak prospek lapangan kerja lainnya bagi seorang lulusan jurusan pariwisata misalnya sebagai akedemisi atau peneliti di lembaga-lembaga penelitian dan perguruan tinggi. Lulusan pariwisata juga dapat menjadi konsultan pariwisata; manajer restoran; manajer event organizer bertanggung jawab dalam mengadakan suatu acara peluncuran dan konferensi; staf dan profesional di maskapai penerbangan serta kapal pesiar, dan lain-lain.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger