logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

11 Jurusan Kuliah Para Penggila Travelling


Travelling adalah salah satu kegiatan paling menyenangkan yang pernah dilakukan seorang manusia. Sayangnya, tidak banyak orang yang sangat terbatas waktunya untuk melakukan travelling, entah karena sekolah, kuliah atau karena pekerjaan. Tapi alangkah menyenangkannya kalau kita bisa travelling tanpa meninggalkan kewajiban kita. Spesial untuk pembaca blog ini yang kebanyakan calon mahasiswa atau mahasiswa, mari kita bahas jurusan-jurusan kuliah yang sangat cocok bagi kalian yang gila travelling. Jurusan-jurusan tersebut adalah...

1. Jurusan Pariwisata

Sesuai namanya, tentu saja jurusan ini sangat banyak melakukan perjalanan. Karena salah satu arti dari pariwisata adalah perjalanan. Untuk mendapatkan pemahaman kuliah yang baik tentu mahasiswa jurusan pariwisata harus sering melakukan perjalanan-perjalanan ke tempat wisata. Bukankah itu menggiurkan? Jalan-jalan ramai-ramai dengan teman sekelas untuk liburan.

2. Jurusan Kehutanan

Mahasiswa kehutanan kalau nggak pernah ke hutan, pantaskah disebut mahasiswa kehutanan? Tentu saja mahasiswa kehutanan harus kehutanan, dan sepanjang kuliahnya akan banyak waktunya dihabiskan di daerah-daerah dengan pohon-pohon besar, kawasan konservasi, tempat-tempat terpencil di pedasaan, gunung-gunung dan lain sebagainya yang umumnya jauh dari pusat keramaian. Jika anda tipe traveler yang senang dengan petualangan, jurusan ini cocok dengan anda. Sebenarnya Kehutanan dapat dibagi lagi menjadi beberapa jurusan, yaitu manajemen hutan, teknologi hasil hutan dan konservasi hutan serta silvikultur. Tapi karena pada dasarnya sama-sama kehutan, jadi kita anggap sama saja.
Baca juga:  Prospek Kerja Jurusan Kehutanan

3. Jurusan Biologi

Biologi termasuk jurusan dengan bidang kajian yang sangat luas, karena itu di beberapa perguruan tinggi Biologi ada juga yang menjadi fakultas. Berhubungan dengan travelling, jurusan biologi cocok buat para penggemar travelling karena banyak pembahasan-pembahasannya yang berhubungan degan makhluk hidup yang tersebar dimana-mana. Dari lautan hignga puncak-puncak gunung. Kajian yang sering menjadi media travelling mahasiswa jurusan biologi kajian-kajiannya tentang flora dan faun dan ekosistem. Jurusan Biologi cocok bagi kalian yang tertarik dengan petualangan, contoh kegiatannya misalnya mempelajari ekosistem habitat suatu satwa, pengamatan burung dan sebagainya.
Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Biologi MIPA

4. Jurusan Arsitektur Lansekap

Jurusan Arsitektur Lanskap adalah jurusan yang membahas tentang perencanaan, perancangan, dan pengelolaan lansekap. Mahasiswa di jurusan ini sering bepergian untuk melihat dan mempelajari serta berlatih bagaimana penerapan kuliah mereka pada tempat-tempat yang berbeda. Cakupan bidang Arsitektur Lansekap cukup luas, mulai dari taman rumah hingga taman nasional. Untuk mempelajari berbagai lansekap yang dibahas mahasiswa arsitektur lanskap harus mengunjungi lokasi-lokasi yang dibahasnya. Jurusan Arsitektur Lanskap Institut Pertanian Bogor misalnya, setiap tahun mahasiswa pada semester lima atau enam melakukan praktek perencanaan yang seringkali dilakukan diluar pulau Jawa.
Baca juga: Prosopek Kerja Jurusan Arsitektur Lansekap

5. Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

Jurusan ini memiliki kajian yang mungkin dianggap sama seperti Arsitektur Lansekap, namun sebenarnya dari segi kajiannya terdapat perbedaan. Namun untuk urusan jalan-jalan, jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota tidak kalah menarik degan ARL. Kajiannya tentang kota-kota dan wilayah membuat mahasiswa jurusan ini harus sering-sering mengunjungi kota-kota dan wilayah yang jauh dari kampusnya.
Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

6. Jurusan Arsitektur

Sebagian besar waktu yang dihabiskan mahasiswa Jurusan Arsitektur memang di dalam studionya, namun mahasiswa jurusan ini juga sering bepergian keluar dari daerah kampusnya untuk melihat-melihat bangunan-bangunan di berbagai tempat, istilah kerennya untuk mencari inspirasi sekaligus belajar tentang contoh-contoh produk arsitektural. Jurusan ini cocok untuk teman-teman yang senang dengan travelling di kawasan perkotaan.
Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Arsitektur

7. Jurusan Urban Design

Urban Design memiliki konsep yang hampir sama dengan arsitektur lanskap, namun lebih terfokus pada desain kawasan perkotaan. Kulia pada jurusan ini mahasiswa akan banyak berkunjung ke kota-kota lain untuk mempelajari, memahami dan berlatih menganalisis karakter suatu kota untuk kemudian dibuat desainnya sesuai kebutuhan.

8. Jurusan Arkeologi

Kuliah di jurusan Arkeologi cocok bagi teman-teman yang senang mengunjungi situs-situs sejarah. Indonesia memiliki tempat-tempat bersejarah yang relatif banyak, misalnya candi Borobudur, Prambanan, Sewu, situs-situ kerajaan seperti Tanjungpura di Kalimantan Barat, Kerinci di Sumatera, dan masih banyak lainnya.

9. Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan

Indonesia adalah negara kelautan, 2 dari 3 bagian wilayah Indonesia adalah wilayah perairan. Bertaburan pulau-pulau kecil dan besar dari ujung timur ke barat, dari selatan keutara. Begitu banyak tempat-tempat indah di nusantara ini, terutama tentu saja dalam bentuk pulau dan pantai. Kuliah di jurusan ilmu kelautan dan perikanan akan memberikan teman-teman kesempatan untuk melihat berbagai keindahan tersebut. Ditambah lagi dengan aktifitas menyelam yang umumnya menjadi salah satu skill yang dikuasai mahasiswa jurusan ini. Begitu banyak spot-spot selam terbaik dunia yang berada di Indonesia menunggu di sapa teman-teman yang berminat dengan jurusan ini.

10. Jurusan Geografi

Jurusan Geografi mungkin bisa dikatakan sebagai salah satu jurusan dengan lingkup bahasan yang paling luas, karena itu jurusan ini bisa berada di fakultas yang berbeda-beda di tiap universitas, tapi yang pasti, jurusan ini membahas tentang bumi, baik secara fisik maupun secara sosial. Karena bicara tentang bumi, maka tentu banyak bagian bumi yang akan dikunjungi jika teman-teman kuliah di jurusan ini.
Berikut ini sebuah kutipan dari blog jurusankuliah.tumblr.com:
Banyak mata kuliah yang mengharuskan kami turun langsung ke lapangan, untuk membuktikan teori-teori di buku. Jadi, mitos bahwa anak Geo itu petualang adalah benar. Sampai ada istilah begini: “Jangan sampai kuliah di kelas menghalangi jalan-jalan.”
Bukan kah itu keren? Ayo Jalan-jalan.

11. Jurusan Teknik Geologi

Mempelajari tentang karakteristik bumi, tentu tidak sah kalau tidak melihat langsung bagaimana gambarannya di lapangan. Karena itu mendaki gunung adalah salah satu aktifitas yang biasa dilakukan mahasiswa jurusan teknik geologi. Dengan mendaki gunung mahasiswa teknik geologi dapat melihat langsung bagaimana karakter geologi suatu kawasan. Aveliansyah seorang mahasiswa geologi dalam blognya mengibaratkan seorang ahli geologi sebagai seorang seorang detektif. Detektif yang mencari bukti-bukti tentang kejadian ribuan hingga jutaan tahun lalu. Pencarian jejak-jejak perilaku bumi tersebut dilakukan di alam, dan dianalisis di laboratorium. Sungai, gunung, pantai, goa, danau, delta, gurun, adalah tempat dimana jejak-jejak rekaman bumi tadi tersembunyi, maka ahli geologi identik dengan pekerja lapangan. Dan inilah jurusan yang sangat cocok bagi teman-teman yang tergila-gila dengan petualangan.
Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Geologi 
Demikianlah uraian singkat yang spesial dipersembahkan untuk teman-teman yang menggilai travelling dan sedang galau menentukan kejurusan  mana akan kuliah. Semoga artikel tentang Jurusan Kuliah Para Penggila Travelling ini bermanfaat bagi teman-teman. Salam sukses.
Baca juga:
5 Manfaat Nge-Blog Bagi Mahasiswa
10 Tanda Bahwa Anda adalah Pemikir yang Kritis
Pengertian Sistem Kredit Semester atau SKS
Pentingnya Jalan-jalan Bagi Mahasiswa
Tentang Opspek

Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 comments

Enak sih bisa travelling terus, tapi jurusan diatas enggak ada yang saya minati :D

Balas

tentu lebih baik jurusan yang diminati, masalah masa depan soalnya kan... :D

Balas

ye jurusan ku ada (geografi) , btw keren kata2 " jangan sampai kuliah di kelas menghalangi jalan2 "

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger