logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Prospek Lapangan Kerja Lulusan Arsitektur Lanskap

Arsitektur Lanskap

Jurusan Arsitektur Lanskap dimasa lalu lebih dikenal sebagai jurusan pertamanan. Kini Arsitektur Lanskap (ARL) punya cakupan yang jauh lebih besar daripada taman, bahkan bahasannya mencakup suatu kawasan propinsi atau suatu kawasan regional. Profesi Arsitek Lanskap pertama kali diperkenalkan oleh Frederick Law Olmsted pada saat ia merancang Central Park, New York. Jurusan ini mungkin kurang dikenal secara luas di Indonesia, namun di dunia internasional ARL adalah salah satu profesi yang cukup bergengsi dan bisa dikatakan (memang) sejajar dengan profesi arsitek, termasuk dalam prospek kerjanya. Sayangnya posisi tawar profesi ini di Indonesia masih belum setinggi arsitek beberapa tahun yang lalu, informasi ini saya dapatkan ketika mengikuti sebuah workshop di IICC Botany Square Bogor.

Namun, sedikit demi sedikit penghargaan masyarakat Indonesia terhadap profesi ini semakin meningkat seiring kesadaran masyarakat akan pentingnya kelestarian dan nilai estetis lingkungan. Apa hubungannya lingkungan dengan ARL? Berbeda dengan arsitek yang membuat bangunan berdasarkan kebutuhan manusianya, ARL memiliki penekanan juga terhadap ekosistem dimana manusia itu tinggal. Ekosistem yang baik akan mendukung kenyaman manusia yang tinggal didalamnya.
Baca juga:

Perkuliahan Arsitektur Lanskap

Kuliah di Jurusan Arsitektur Lanskap sangat cocok bagi teman-teman yang senang beraktifitas di luar ruangan, karena banyak mata kuliah di jurusan ini yang melibatkan praktikum atau praktek diluar lapangan (Buat penggemar Travelling, silahkan baca 10 Jurusan Kuliah Bagi Penggila Travelling). Jurusan Arsitektur Lanskap juga cocok bagi penggila traveller, karena sering juga praktikum dilakukan di luar kota dengan mengunjungi tempat-tempat wisata.
Kemampuang yang juga dapat sangat berkembang di jurusan ini adalah kemampuan desain, fotografi dan desain komputer, karena sebagai calon arsitek lanskap, mahasiswa akan belajar tentang ilmu desain. (Baca juga Prospek Lapangan Kerja Jurusan Desain Komunikasi Visual).

Sebagai gambaran, mata kuliah di jurusan Arsitektur Lanskap adalah sebagai berikut:
Dasar-dasar Arsitektur Lanskap, Ekonomi Lingkungan, Klimatologi,  Dasar-dasar Agronomi, Pengantar Ilmu Tanah, Sejarah Arsitektur Lanskap, Teknik Studio, Dasar - Dasar Komunikasi, Dasar - Dasar Proteksi Tanaman, Teori Desain Lanskap, Survey dan Pemetaan Tapak, Pengantar Ekologi Lanskap, Rekayasa Tapak, Pengantar Manajemen, Komputer Grafik, Lanskap Kota dan Wilayah, Lanskap Agrowisata, Fisiologi Tumbuhan, Desain Lanskap, Perencanaan Lanksap, Manajemen Lanskap, Manajemen Jasa Lingkungan dan Pengendalian Dampak, Pendidikan Konservasi, Rekreasi Alam dan Ekowisata.

Prospek Lapangan Kerja Arsitektur Lanskap

Bagaimana dengan prospek kerja atau lapangan kerja jurusan Arsitektur Lanskap? Lapangan kerja bagi lulusan ARL sangat luas, skalanya mulai dari desain vertikal garden di rumah, taman rumah hingga kantor dan hotel, perencanaan kawasan wisata, bahkan perencanaan kawasan regional dan daerah aliran sungai. Sebagai contoh, satu persatu dapat saya sebutkan sebagai berikut:

Konsultan lanskap

Sebagai konsultan lanskap, arsitek lanskap dapat melani permintaan pembuatan rencana dan desain lanskap atau rencana pengelolaan lanskap. Baik lanskap taman rumah, kawasan permukiman hingga perkotaan. Seorang arsitek lanskap dapat bekerja mandiri atau membuka konsultan sendiri, bisa juga bekerjasama dengan teman-temannya atau ikut dengan perusahaan konsultan yang sudah ada sebelumnya.

Perusahaan pengembang pemukiman

Semakin meningkatnya populasi penduduk tentu harus didukung dengan tersedianya sarana pemukiman, karena itu industri properti sangat berkembang dalam beberapa dekade terakhir. Lalu dimana peran Arsitek Lanskap? Arsitek Lansekap akan berperan dalam merencanakan dan mendesain bagaimana lanskap kawasan permukiman ini dibangun sehingga kawasan tinggal tersebut manjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali, membuat jalur hijau, ruang terbuka hijau, taman bermain dan sebagainya. Salah satu  pengembang yang cukup terkenal di Indonesia misalnya Sentul City juga menggunakan jasa arsitek lanskap dalam mengelola lanskap kota baru modern tersebut. Pengembang apartemen ada juga yang menggunakan jasa arsitek lanskap untuk mendesain taman di sekitar apartemennya.

Pemerintahan

Di pemerintahan arsitek lanskap dapat bekerja pada dinas pertamanan atau perencanaan wilayah. Mereka dapat bertanggung jawab untuk perencanaan dan pengelolaan taman-taman kota, ruang terbuka hijau kota, jalur hijau kota dan hutan kota. Mereka juga dapat berkerja pada badan-badan yang bertanggunga jawab terhadap pengelolaan kawasan wisata.
Baca juga: Prospek Lapangan Kerja Lulusan Kehutanan

Penyedia atau suplier kebutuhan lanskap

Bisnis  suplier lanskap sebenarnya dapat mendatangkan keuntungan yang besar bagi arsitek lanskap yang mau serius dengan bidang ini, namun mungkin masih sedikit yang mengambil kesempatan ini. Beberapa produk untuk lanskap misalnya tanaman-tanaman taman, material paving, pot-pot tanaman, fitur-fitur taman seperti patung atau benda-benda hias lainnya.
Selain pekerjaan-pekerjaan diatas, lapangan kerja lain yang dapat di geluti seorang arsitek lanskap misalnya konsultan perencanaan kawasan hutan atau perkebunan dan restorasi kawasan bekas tambang.
Baca juga: Jurusan Kuliah dengan Lapangan Kerja Terluas

Tempat Kuliah Jurusan Arsitektur Lanskap

Saat ini belum banyak universitas yang mengadakan jurusan Arsitektur Lanskap, tentu ini merupaka sebuah peluang karena jumlah sarjana jurusan ini masih sangat minim. Jika anda tertarik untuk kuliah di jurusan ini, beberapa kampus yang dapat dijadikan pilihan antara lain:
Perguruan tinggi negeri:
Perguruan tinggi swasta:
  • Universitas Trisakti (Jakarta), 
  • Universitas Tribuana Tunggadewi (Malang), 
  • Universitas Bandung Raya (Bandung).
Kemungkinan terdapat universitas lain yang baru mendirikan jurusan ini, jika teman-teman mengetahuinya, mohon kiranya dapat memberikan informasi kepada kami melalui kotak komentar dibawah.
Baca juga:
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

14 comments

Posting nya keren! Saya tertarik untuk masuk ARL IPB.
Nama saya Ilman, kelas XII SMA di Bandung.

Mau tanya kak. Rata2 nilai rapor mahasiswa yg lolos SNMPTN undangan ke ARL IPB berapa ya?
Saya punya rata2 nilai rapor smster 1-5 yaitu 85.
Tetapi nilai rata2 MTK saya dari smester 1-5 hanya 82.

Balas

wah... udah lama, maaf baru respon ya.... saya kurang tahu juga kalau jalur undangan, tapi kalau 85 sepertinya cukup tinggi, mudah-mudahan di terima ya di ARL IPB

Balas

Kak kalo buat ARL IPB itu nilai biologi nya di prioritaskan gak? Karna nilai biologi saya kelas 10 pas KKM. Mohon infonya ya kak. Mksih

Balas

setahu saya tidak ada pelajaran yang lebih diprioritaskan untuk masuk ARL IPB, yang penting semua nilainya mencukupi... :)

Balas

Apa bedanya Arsitektur lansekap dengan PWK ya kak?

Balas

secara skala, PWK meliputi wilayah besar mulai dari desa kota, hingga provinsi, skala ARL mulai dari halaman rumah, taman-taman ketetanggaan, taman kota sampai taman nasional... untuk skala besar keduanya bisa saja punya bahasan yang sama... perbedaan utamanya mungkin adalah dari segi pendekatan... PWK setahu saya lebih mengedepankan pendekatan ekonomi, sosial dan politik, selain itu bisa juga dengan pendekatan ekologi...
ARL, pendekatan utamanya adalah seni (keindahan) dan ekologi, lingkungan... karena itu ARL sering disebut sebagai jembatan antara Sains dan Seni... mudah2n membantu ya...

Balas

Apa Arsitektur lanskap harus bisa gambar? Dan teknologi informasi?

Balas

nggak kok mbak Lizza, yang penting bisa masuk aja dulu, kalau soal menggambar, nanti bisa dilatih, seingat saya, salah seorang teman setelah masuk baru belajar menggambar, ada juga yang tetap nggak bisa menggambar, tapi dia melatih kemampuannya menggunakan komputer atau analisisnya... nggak perlu takut nggak bisa, yang penting seneng dulu... :)

Balas

jadi itu mata kuliahnya kebanyakan dari pelajaran geografi ya mas? tolong penjelasanya dong

Balas

geografi setahu saya memang dipelajari juga mas, tapi bukan yang utama, beberapa bahasan utama dalam arsitektur lanskap adalah perencanaan dan perancangan lanskap, manajemen lanskap, serta tumbuhan2 lanskap...

Balas

Salam kenal
Bersama ini kami ingin perkenalkan Program Studi Arsitektur Lanskap di Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN d.h ATN/STTN) di bawah naungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) sejak tahun 2009 dan sudah terakreditasi

Terima kasih

Balas

kalo di smk saya ndak ada pelajaran biologi untuk jurusan arsitek, tapi saya berminat masuk di arsitektur lanskap, apa ndak terlalu bermasalah nantinya kak ?

Balas

in sya Allah nggak masalah mbak, mungkin yang penting lulus ujian masuknya dulu....

Balas

ITS surabaya juga ada kalo ngga salah !

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger