logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Gambaran Profesi Animator

Mulai dari Doraemon, Shin Can, Dragon Ball, Spiderman, Hingga Avenger, semua adalah produk animasi. Animasi adalah kumpulan banyak gambar atau frame yang diurutkan dan diperlihatkan dengan cepat sehingga menghasilkan ilusi gerakan. Gambar atau frame tersebut dapat berbentuk gambar digital, handsketch, model atau boneka. Kalau anda senang dengan Shaun The Sheep, itu adalah salah satu hasil animasi model atau boneka.

Orang yang membuat animasi dikenal sebagai animator. Animator biasanya bekerja dalam lingkup animasi dua dimensi (2D) maupun tiga dimenasi (3D), stop frame maupun animasi komputer. Animasi komputer pada saat ini adalah yang paling berkembang dan banyak digunakan untuk menghasilkan special effect untuk film-film, dua film paling terkenal yang menggunakan teknologi animasi tingkat tinggi adalah film Avatar (bukan Aang) dan Lord of The Ring, dan tentu saja Transformer. Selain digunakan dalam film-film, teknik animasi adalah fitur utama dalam pembuatan sebuah game komputer.

Jika kamu ingin menjadi seorang animator, maka kemampuan dasar dan vital yang harus kamu miliki adalah kemampuan dasar artistik, dan penunjang yang juga sangat penting pada saat ini adalah kemampuang penggunaan program-program komputer.

Tugas seorang Animator biasanya terdiri dari:
  • penghubung dengan klien dan mengembangkan animasi dari konsep mereka;
  • menciptakan storyboard yang menggambarkan naskah dan narasi;
  • menggambar atau membuat sketsa 2D, karya seni atau ilustrasi;
  • merancang model, latar belakang, set, karakter, objek dan lingkungan animasi;
  • menggunakan berbagai bahan, termasuk tanah liat, plester, cat minyak, cat air dan akrilik;
  • mengembangkan waktu dan kecepatan gerakan karakter atau objek selama urutan gambar (disebut animatic) dan memastikan mereka mengikuti soundtrack dan persyaratan audio;
  • menggunakan paket perangkat lunak teknis, seperti Flash, 3d studio max, Maya, Lightwave, Softimage dan Cinema 4D;
  • membangun dengan akurat dan rinci frame-demi-frame visual;
  • merekam dialog dan bekerja dengan editor untuk komposit berbagai lapisan animasi (latar belakang, efek khusus, karakter dan grafis) untuk menghasilkan potongan utuh;
  • bekerja untuk tenggat waktu produksi tertentu untuk memenuhi kebutuhan komersial klien;
  • bekerja dalam tim sebagai bagian dari jaringan produksi yang lebih luas, yang mungkin termasuk berhubungan dengan percetakan, copywriter, fotografer, desainer, eksekutif, desainer website atau spesialis pemasaran;
  • berurusan dengan budaya bisnis yang beragam, memberikan presentasi dan mencari dana.
Banyak dari aktifitas animator melibatkan upaya pemasaran dan bersikap proaktif dalam menjual ide-ide  kreatif untuk menarik calon pelanggan dan klien. Hal ini berlaku di seluruh bidang, baik Anda bekerja sendiri, bekerja lepas atau sebagai pebisnis.
Seorang animator memiliki banyak peluang kerja, terutama dalam bidang industri animasi dan perfilman, industri periklanan dan broadcasting, industri game, industri web dan internet serta arsitektur dan properti.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 comments:

sangat mantap sekolah jurusan animasi, jadi bisa membuat berbagai animasi film. www.indonesia.sae.edu

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger