logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pekerjaan Untuk Para Penggila Video/Online Game

Membuat game sangat mirip dengan membuat film - dibutuhkan berbagai macam talenta dan keterampilan untuk menghasilkan sebuah kesuksesan!

kerja dunia game
Game Online. Credit: SS Games Online

Mulai dari penulis cerita hingga artis, sound design hingga produser, setiap bagian dari teka-teki dalam game harus bersatu dengan presisi tinggi untuk membuat video game yang hebat.

Jadi jika Kamu tidak bisa move on dari Mario Kart, tergila-gila dengan Pokemon Go, atau tidak bisa puas dengan Final Fantasy – kamu harus lanjutkan membaca ini. Disini kita akan membahas tentang pekerjaan-pekerjaan yang terlibat dalam dunia video game seperti game design, pengalaman kerja, magang - dan banyak lagi.

Game Jobs apa yang bisa saya lakukan?

Ada pekerjaan dalam setiap bagian dari proses pembuatan video game, dan menurut Creative Skillset, gaji rata-rata untuk pekerja dalam industri game (di Inggris) adalah sekitar £ 31.000 (ini adalah rata-rata untuk semua pekerjaan, dan penghasilan tersebut bisa naik seiring waktu) .
'Desain video game melibatkan, artis, animator dan penulis cerita serta programmer'
Mari kita lihat game jobs yang utama, serta kualifikasi dan pengalaman yang Kamu butuhkan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Game Designer

Game Designer adalah pemain utama dalam pembuatan sebuah game, mereka bertugas mengumpulkan bahan-bahan permainan, dari cerita dasar, hingga latar, karakternya, dan aturan yang mengatur permainan-permainan. Game Designer bekerja dengan anggota tim lain untuk mewujudkan ide ini. Pekerjaan Game Design tidak membutuhkan kualifikasi yang spesifik sehingga terbuka untuk semua lulusan jurusan kuliah, bahkan bagi mereka yang tidak kuliah. Mereka juga tidak memerlukan gelar khusus apa pun.

Game Artist 

Animatior permainan video game membuat aspek visual, misalnya bagaimana suatu karakter akan terlihat, ke pemandangan dan benda-benda lain dalam game, seperti senjata, peralatan, pakaian, dan kendaraan. Game artist biasanya memiliki gelar atau kualifikasi tingkat yang lebih tinggi dalam subjek yang berhubungan dengan seni. Pekerja game artist bisa berasal dari jurusan kuliah Seni, desain, dan teknologi.
Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Kuliah Seni
game jobs

Animator

Animator bertugas memberikan animasi gerakan dan perilaku kepada karakter dalam game, animator berusaha untuk membuat karakter tampak se-realistis mungkin, sesuai dengan kepribadian mereka dan apa yang terjadi pada mereka dalam cerita.
Karena mereka kebanyakan berurusan dengan karakter, mereka sering memiliki kualifikasi dalam subjek seperti life-drawing. Mereka mungkin juga memiliki pengalaman menggunakan perangkat lunak animasi komputer. Seorang animator biasanya merupakan lulusan sekolah atau kampus seni, desain, dan teknologi
Baca juga: Prospek Jurusan Kuliah Desain Komunikasi Visual

Narrative Designer

Mereka mengembangkan cerita yang dipikirkan oleh game designer agar sesuai dengan koridor yang telah ditetapkan dalam pembuatan game. Narrative designer bertutas membuat setiap kalimat yang kita dengar dalam sebuah game, teks dan instruksi dalam permainan, dan setiap tulisan yang ada di dalam game.
Desainer naratif tidak harus memiliki kualifikasi tertentu, tetapi mereka biasanya memiliki gelar dalam bidang seperti bahasa Inggris, dan pengalaman bekerja dengan desainer game untuk membentuk cerita. Narrative designer bisa berasal dari jurusan kuliah bahasa inggris atau sastra/bahasa Indonesia.
Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Kuliah Bahasa Inggris

Game Programmer 

Game Programmer menulis, menguji, dan memperbaiki kode komputer yang menjalankan game.
Sesuai pekerjaannya, Game Programmer
biasanya merupakan lulusan jurusan kuliah yang berhubungan dengan komputer atau informatika seperti matematika, fisika atau ilmu komputer. Mereka juga memiliki pemahaman atau pengalaman dalam coding C + atau C ++ atau bahasa pemrograman lain.
Baca juga: Prospek Jurusan Kuliah Software Engineer

Audio Engineer

Audio Engineer bertanggung jawab atas suara yang ada dalam  film, seperti musik (soundtrack), efek suara hingga percakapan. Mereka kadang-kadang harus merekrut dan merekam artis sulih suara, dan menulis dan merekam musik. Kebanyakan Audio Engineer memiliki gelar di bidang rekayasa suara, umumnya kuliah di jurusan musik, matematika, fisika.
Baca juga:
6 Alasan Kuliah di Jurusan Kuliah Film dan Televisi
Prospek Kerja Jurusan Kuliah Matematika

Game tester

Game tester, atau “Quality Assurance (QA)” bertanggung jawab untuk memastikan game yang telah dibuat, bebas dari kesalahan atau masalah - baik dalam hal cerita maupun desain, atau di sisi teknis. Banyak waktu mereka dihabiskan untuk bermain game untuk mencari masalah.
Mereka tidak harus memiliki kualifikasi khusus, tetapi harus disiplin, memiliki mata yang baik untuk detail, dan mampu memecahkan masalah. Game tester biasanya merupakan gamer yang tergila-gila bermain game. Untuk menjadi Game QA, kita tidak perlu punya ijazah kuliah. Pengalaman atau nama besar mungkin lebih dipertimbangkan oleh produsen game dalam merekrut orang untuk mengetes game mereka.

Kita telah membahas pekerjaan-pekerjaan utama dalam pembuatan game - tetapi ini jauh dari lengkap. Produser, direktur dan manajer proyek juga dibutuhkan dalam pembuatan game, tetapi seringkali lebih banyak pada tingkat yang lebih tinggi. Dan kami menduga bahwa jika Kamu telah sampai ke halaman ini, Kamu ingin tahu bagaimana Kamu dapat terlibat dalam proses kreatif.
Baca juga:
Prospek Kerja Jurusan Kuliah Manajemen
Prospek Kerja Jurusan Bisnis Internasional
Apakah Jurusan Kuliah Bisnis Pemasaran Cocok untuk Anda?

Kualifikasi apa yang saya butuhkan?

Seperti yang Kamu lihat dari daftar pekerjaan game di atas, konsep bahwa Kamu harus menjadi jenius untuk bekerja di industri game tidak sepenuhnya benar. Programmer memang bagian penting dari tim, tetapi tanpa seniman dan penulis, tidak ada ide permainan video yang akan dihasilkan.

Pendidikan Perguruan Tinggi

Kamu bisa melihat kembali daftar di atas untuk melihat kualifikasi apa yang Kamu perlukan untuk setiap pekerjaan. Bagaimana dengan kualifikasi pendidikan yang berhubungan dengan game making? Kabar baik untuk kamu yang tergila-gila dengan game, sudah ada beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan game. Berikut ini adalah beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki program pendidikan pembuatan game.

1. Binus University

Universitas Bina Nusantara memang sudah mencetak developer game sukses yaitu Toge Production yang terkenal dengan game flash – nya. Binus secara khusus membuka program S1 yaitu program Game Aplication and technology yang baru saja di launching pada agustus 2011 . Fokus dari program ini yaitu game art, game design, serta game programming.

2. Institus Teknologi Sepuluh November (ITS )

Institus Teknologi Sepuluh November membuka jurusan game untuk S2 yang merupakan hasil kerjasama  dengan Depdiknas Biro Perencanaan Luar Negeri (PKLN). Program ini adalah gabungan antara bidang Desain Grafis dan Teknik Komputer.

3. Politeknik Elektro Negeri Surabaya (PENS)

 PENS membuka jurusan game untuk pendidikan D4 . Jurusan Game Technology bertujuan untuk meningkatnya pertumbuhan industri game di Indonesia sebagai bagian dari industri digital kreatif dengan mencetak tenaga ahli dibidang developer game. Salah satu tim developer game yang sukses di Surabaya yaitu ArtLogicGames

4. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Jurusan game yang dibuka di ITB berada ada program S2 dengan nama teknologi Media Digital dan Game. Program ini merupakan bagian Sekolah Teknik elektro dan Informatika. Kalau bisa dikatakan kota Bandung merupakan sarangnya developer game diantaranya yang terkenal Nightspade, Agate studio, Arsanesia, Digital Happiness dll.

5. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Universitas Multimedia Nusantara berbasis di serpong,tangerang. Perguruan tinggi ini merupakan perguruan tinggi yang dimiliki Kompas Gramedia. Jurusan game pada UMN berada dalam prodi desain komunikasi visual (DKV). DKV di UMN menfokuskan peminatan kepada game. Kampus UMN juga menyediakan sebuah co-working space dan inkubator untuk startup – startup baik dari UMN sendiri maupun luar bernama Skystar Ventures.

Magang di Perusahaan Game

Game magang adalah pilihan jika Kamu melakukan apa yang disebut "pemagangan media kreatif dan digital". Awasi program-program dalam efek visual, animasi, dan permainan.
Keterampilan dan pengalaman yang Kamu buat akan bergantung pada perusahaan tempat Kamu  magang. Beberapa perusahaan game yang sudah terkenal misalnya Nightspade, Agate studio, Arsanesia, Digital Happiness.

Keterampilan apa yang Kamu butuhkan?

Selain mendapatkan kualifikasi yang tepat, Kamu harus membangun keterampilan yang dicari oleh perusahaan video game di pelamar. Perusahaan mengatakan bahwa kandidat lebih cenderung mendapatkan tawaran pekerjaan jika mereka telah mendapatkan keterampilan melalui pengalaman kerja, atau dengan belajar bagaimana kode atau menggunakan perangkat lunak yang relevan.
Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik dan bekerja dengan baik dalam sebuah tim adalah
penting untuk semua pekerjaan game
  • Komunikasi dan kerja tim: Kamu harus dapat menyampaikan pendapat Kamu kepada rekan kerja yang bekerja di berbagai bidang dan dengan cara yang berbeda kepada Kamu. Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Kuliah Ilmu Komunikasi
  • Disiplin: Proyek seringkali besar dan tenggat waktu yang ketat, jadi Kamu harus dapat bekerja dengan cepat, tanpa terganggu (terutama jika Kamu adalah penguji game!)
  • Pemecahan masalah: Kamu harus dapat memikirkan konsekuensi keputusan Kamu, dan dapat mengatasi masalah apa pun yang Kamu perkirakan.
Kamu juga harus membangun keterampilan teknis seperti coding atau desain, dan Kamu dapat mulai menggunakan perangkat lunak bebas dan tutorial online. Ini bukan kualifikasi - ini adalah cara untuk menambah kualifikasi Kamu dengan pengalaman yang relevan secara langsung.

Coding

pekerjaan gamer
Setiap programmer yang memiliki cita-cita besar harus memastikan bahwa mereka memiliki pengalaman coding game untuk mendukung ijazah mereka  untuk masuk ke dalam industri video game.
Pemahaman atas coding akan memberikan manfaat yang baik untuk setiap pekerjaan game  yang Kamu lamar. Ini akan membantu Kamu lebih memahami kode yang dibuat rekan-rekan teknis, dan bahkan memungkinkan Kamu untuk memasukkan ide-ide Kamu.
Perusahaan game menyarankan programmer untuk memiliki pengalaman dalam bahasa pemrograman C + atau C ++ sebagai permulaan, karena ini adalah bahasa pemrograman yang kemungkinan besar akan Kamu temui. Kamu dapat menggunakan situs web gratis seperti Codeacademy untuk mempelajari cara membuat kode.

Desain

Jika Kamu tertarik dengan desain animasi atau seni, Kamu harus membangun kualifikasi akademik Kamu dengan mempelajari cara menggunakan perangkat lunak yang mungkin Kamu gunakan dalam pekerjaan game. Beberapa aplikasi yang dapat Kamu coba untuk membangun pengalaman ini misalnya PhotoShop, Adobe Illustrator, Gimp, Blender, dan SketchUp. Tutorial YouTube adalah cara terbaik untuk mempelajari dasar-dasar dengan cepat.
Baca juga: Prospek Jurusan Kuliah Desain Komunikasi Visual
Banyak keterampilan yang spesifik untuk peran yang Kamu minati, jadi lihat lagi daftar di atas untuk informasi lebih lanjut.

Bagaimana saya bisa mendapatkan pengalaman kerja?

Pengalaman kerja adalah cara hebat untuk mengembangkan keterampilan ini, dan perusahaan menyukai kandidat yang dapat menunjukkan bahwa mereka telah bekerja pada game tertentu.

Carilah peluang pengalaman kerja dengan perusahaan game, serta magang untuk mahasiswa seperti di Nightspade, Agate studio, Arsanesia, Digital Happiness. Jika kamu cukup punya tekad dan semangat untuk melaju lebih cepat, kamu bisa mencoba mengajukan lamaran magang ke perusahaan internasional seperti Xbox (Microsoft), PlayStation (Sony), Wii dan Game (Nintendo 64)

Selanjutnya?

Jadi sekarang Kamu tahu tentang berbagai macam pekerjaan yang berhubungan dengan video game making, selanjutnya apa yang bisa kamu lakukan? Yah, kami pikir karir menjadi perancang video game adalah pekerjaan yang  luar biasa.

Tapi apakah Kamu tahu tentang "game serius"? Permainan yang serius dirancang untuk mendidik, dan termasuk simulator penerbangan, permainan untuk membantu praktisi pelatihan belajar bagaimana melakukan prosedur medis, atau permainan pelatihan militer. Jika kamu ingin game yang kamu buat bisa memberi dampak yang signifikan untuk dunia, kamu bisa mempertimbangkan untuk membuat game-game yang lebih serius tersebut.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

avatar
iDontKnowWhy

Hmmm , jadi seperti itu ya
makasih infonya ya mas

Btw , menjadi Game designer itu sulit ya
karena tidak perlu mempunyai Gelar atau pendidikan tinggi , sehingga memiliki banyak persaingan

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger