logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Prospek Jurusan Kuliah Desain Komunikasi Visual

Prospek Kerja jurusan komunikasi visual - ilustrator - designer - animator
Seni rupa (Delyanet Karmoni)

Jurusan Desain Komunikasi Visual

Jika anda tinggal di kawasan perkotaan (tidak menutup kemungkinan di perdesaan), saat kemanapun anda mengarahkan pandangan anda dapat melihat produk dari bidang Desain Komunikasi Visual. Iklan televisi, baliho di tepi jalan, hingga bungkus kemasan makanan-makanan di toko-toko hingga dapur rumah. Mungkin belum banyak yang tahu apa itu jurusan desain komunikasi visual, sehingga jurusan ini dipandang kurang memiliki prospek lapangan kerja yang bagus.

Apakah yang dimaksud dengan Desain Komunikasi Visual adalah salah satu cabang dari ilmu desain yang membahas konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan dengan tujuan tertentu (baik tujuan untuk menyampaikan informasi maupun tujuan mengajak atau persuasi untuk mempengaruhi perilaku). Jurusan ini menggabungkan seni rupa dengan teknik komunikasi.

Prospek Kerja

Perkembangan dunia industri pada saat ini tentu saja akan diikuti dengan peningkatan kebutuhan profesional dalam bidang Desain Komunikasi Visual. Selanjutnya apa saja lapangan kerja yang dapat di masuki oleh sarjana lulusan DKV? Berikut ini adalah beberapa prospek lapangan kerja jurusan desain komunikasi visual:

Media Massa

Media massa merupakan salah satu jenis usaha yang sangat membutuhkan banyak profesional jurusan DKV, karena banyak sekali produk-produk visual yang ditampilkan oleh media massa. Media massa yang membutuhkan lulusan DKV ini terdiri dari media cetak seperti koran dan majalah, serta dunia pertelevisian. Dalam industri media massa, seorang lulusan DKV dapat bekerja sebagai illustrator, photographer, designer, animator, wartawan. Beberapa peruasahaan besar dalam bidang media masa:
cetak; misalnya Republika, Tempo, Kompas, Tribun dll
televisi; RCTI, SCTV, Trans, TPI, dll.
Baca juga:
Apa yang dikerjakan seorang wartawan majalah?
Prospek Kerja Jurusan Kuliah Jurnalistik

Perusahaan Pengembang Web

Perusahaan-perusahaan jasa pembuatan web membutuhkan profesional DKV untuk membuat desain-desain webnya. Pada bidang ini sarjana desain komunikasi visual dapat bekerja sebagai web interface designer, manager dan director.

Perusahaan Pengembang Game dan Animasi

Game tidak akan bisa dipisahkan dari dunia desain, rasanya tidak ada game yang tidak menggunakan gambar yang dibuat tanpa gambar. Karena itulah dunia pengembangan game memerlukan lulusan jurusan DKV. Jika bisa mengembangkan game sendirian, maka kita bisa menjualnya sendiri dan mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari penjualan tersebut. Dengan catatan game tersebut sangat laku atau banyak dibeli, seperti cerita pembuat game Flappy Bird yang menjadi jutawan dalam waktu singkat setelah menjual gamenya.
Baca juga:
10 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Internet
Menjadi Seorang Graphic Designer
Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Biro Iklan/ Advertising

Biro Iklan adalah jenis badan usaha yang bergerak dalam bidang pembuatan iklan-iklan untuk kepentingan promosi suatu produk. Pekerjaan lulusan DKV di bidang ini hampir sama dengan di bidang media massa. Perusahaan yang bergerak dalam bidang ini misalnya Ogilvy, Mc Caan, Fortune dll.

Percetakan dan Penerbitan

Dalam dunia penerbitan dan percetakan buku, lulusan DKV dapat menjadi desainer grafis yang bertugas membuat ilustrasi cover buku atau isi buku. Mereka juga dapat membuat atau mendesain pamflet, leaflet, baliho atau banner dan lain sebagainya. Perusahaan yang bergerak dalam bidang percetakan misalnya Gramedia, Media Elex Komputindo dll.

Wirausahawan Mandiri

Berwirausaha mandiri merupakan peluang yang sangat besar bagi seorang lulusan DKV karena ilmu yang mereka pelajari saat kuliah adalah ilmu terapan yang dapat langsung diaplikasikan secara mandiri. Bahkan untuk memulai usaha sendiri bisa dilakukan hanya bermodal komputer dan jaringan internet, misalnya dengan menjual desain-desain yang telah dibuatnya langsung kepada calon pembeli via internet. Selain itu, lulusan jurusan DKV bisa menjadi owner dari bidang-bidang usaha yang dijelaskan diatas.
Baca juga:
9 Pelajaran Entrepreneurship dari Silicon Valey
Cara Memilih Nama Usaha atau Bisnis Baru
Jurusan Kuliah untuk Calon Wirausahawan
Kerja Asik dan Keren Event Organizer

Ingin kuliah di Jurusan Desain Komunikasi Visual?

Saat ini relatif banyak perguruan tinggi yang menyelenggarakan jurusan desain komunikasi visual, namun yang telah terakreditasi A relatif masih sedikit, beberapa diantaranya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB) - Bandung, Institut Seni Indonesia (ISI) - Yogyakarta, Institut Teknologi Harapan Bangsa - Bandung, Universitas Kristen Petra - Surabaya, Universitas Sebelas Maret (UNS) - Surakarta, Universitas Trisakti - Jakarta.

Demikianlah sedikit gambaran tentang prospek peluang kerja jurusan desain komunikasi visual. Semoga bermanfaat untuk teman-teman sekalian.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

13 comments

terimakasih banyak atas infonya ^_^ bermanfaat sekali

Balas

kan sekarang di SMK juga ada tuh jurusan DKV. nah .. apakah peluang kerjanya sama dengan itu ?

Balas

Jaman skarang yg di cari S1 brooo

Balas

Thanks bro informasinya ini pas banget nih sama cita2 saya yg pengen jadi animator. :-D

Balas

kalo makna creative itu termasuk biro iklan ya?

Balas

biro iklan juga bisa gan..

Balas

terima kasih infonya. :)

Balas

Thanks infonya brader :)

Balas

bisa sekalian ditambahkan saran kira2 apa saja yang perlu diperhatikan bila memilih jurusan DKV?
thanks bro, membantu sekali :)

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger