logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Bagaimana Cara Memilih Nama Bisnis/ Usaha Baru


Apalah arti sebuah nama! Kalimat tadi memang bukan sebuah kalimat tanya, tapi kalimat penyataan. Kalimat tersebut seolah menjelaskan bahwa nama tidak memiliki arti. Kenyataannya nama memiliki makna yang penting, nama adalah doa. Tidak hanya untuk seseorang, nama juga memiliki makna yang penting.
Jika anda perhatikan berbagai perusahaan yang ada di Indonesia, tidak sulit menemukan kata Jaya, misalnya Sinar Jaya, Abadi Jaya, Sukses Mamur. Nama tersebut diberikan dengan harapan agar usaha tersebut selalu jaya. Beberapa ahli meyakini bahwa nama yang abstrak adalah yang terbaik untuk suatu usaha atau bisnis, sebuah nama yang tidak memiliki arti untuk menciptakan image. Lainnya berpikir bahwa nama harus bersifat informatif sehingga kustomer bisa cepat memahami jenis usaha apa yang anda tawarkan.

Pada kenyataannya, semua nama bisa menjadi nama yang efektif jika di back up dengan strategi marketing yang sesuai. Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin perlu anda pertimbangkan dalam memilih nama usaha yang sesuai dan efektif.

Bertanya kepada ahli

Jika anda tidak terlalu serius dalam memulai usaha, maka nama usaha bukanlah sesuatu yang penting. Tapi jika anda sangat serius, nama adalah sesuatu yang harus anda pertimbangkan secara mendalam dan penuh pertimbangan. Untuk sesuatu yang penting seperti ini, tidak ada salahnya mengeluarkan sejumlah uang untuk meminta bantuan kepada ahlinya. Jika anda memiliki budget yang sangat terbatas, coba untuk berkomunikasi dengan teman yang sudah lebih berpengalaman dalam usahanya. Mungkin mereka bisa memberikan masukan yang baik untuk nama usaha anda.

Apa yang ada dalam sebuah nama?

Mulai dari memutuskan apa yang ingin anda komunikasikan melalui nama tersebut. Sebaiknya nama tersebut dapat menjelaskan tentang elemen kunci dari bisnis anda. Kerja anda dalam membangun topik dan mission statemen dapat membantu anda untuk menandai elemen utama yang ingin anda tonjolkan dari usaha anda.
Semakin efektif nama usaha anda mengkomunikasikan bisnis anda kepada konsumen, semakin sedikit usaha yang anda butuhkan untuk menjelaskan tentang usaha anda kepada kustomer. Menurut ahli penamaan, seorang entreprenuer sebaiknya memberikan prioritas kepada kata yang memiliki makna atau kombinasi  dari kata daripada kata yang tidak memiliki makna. Karena itu ahli penamaan secara umum mengatakan bahwa nama baru dengan kata yang tanpa makna adalah pilihan yang buruk.

Namun ada kalanya suatu usaha memiliki arti yang terlalu sempit, misalnya menggunakan suatu lokasi. Satu contoh, "Harddisc Surabaya." Bagaimana jika perusahaan tersebut akan mengembangkan wilayah usahanya ke kota lain? Atau bagaimana jika usahanya dikembangkan lagi tidak hanya menjual komputer?

Bagaimana bisa sebuah nama memiliki makna sekaligus bersifat luas? Nama deskriptif bisa menyampaikan sesuatu yang kongkrit tentang bisnis, apa bisnis tersebut, dimana lokasinya dan lain-lain. Nama sugestif lebih abstrak. Mereka fokus pada tentang apa bisni tersebut.

Solotour, nama ini tampak sebagai satu kata tanpa makna yang berasal dari dua kata yang bermakna. Kustomer akan segera paham bahwa perusahaan tersebut bergerak dalam bidang wisata yang beroperasi di kota Solo. Lebih baik lagi, Solotour bisa menjadi nama yang bisa dikembangkan tanpa terikat dengan wilayah.
Saat memilih sebuah nama bisnis, coba ingat beberapa tips berikut ini:
  • Pilih sebuah nama yang mudah diingat tidak hanya oleh anda, tapi juga mudah diingat oleh semua jenis kustomer target anda.
  • Pilih nama yang nyaman disebut dan terdengar familiar serta mengundang memori yang menyenangkan  sehingga kustomer akan mengingat anda hingga ke level emosi.
  • Jangan memilih nama yang panjang dan membingungkan.
  • Jauhkan nama aneh yang hanya and ayang memahaminya.
  • Jangan gunakan kata Inc, kecuali perusahaan anda memang incorporated.

Jadilah Creatif

Pada saat ini, hampir semua nama dalam berbagai bahasa telah digunakan sebagai trademark, karena itu opsi untuk memplesetkan nama menjadi semakin populer. Misalnya nama Acura yang, nama yang dikembangkan oleh sebuah perusahan konsultan nama NameLab, Acura tidak akan menemukan kata ini dalam kamus, tapi kata ini akan mensugesti anda tentang presisi dalam dunia teknik, seperti yang diinginkan perusahaan pembuatnya. Tim NameLabs menciptakan nama Acura dari Acu, sebuah kata yang memiliki arti "tepat" dalam banyak bahasa.

Test nama anda

Jika anda sudah memiliki lima bakal nama bisnis anda, lakukan pengujian terhadap nama tersebut. Sampaikan nama tesrebut pada beberapa orang yang anda kenal dan lihat bagaimana respon mereka. Selain itu perlu juga melihat apakah ada kemungkinan kalau nama tersebut sudah digunakan oleh pihak lain dan berpotensi untuk menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

Analisis Final

Jika anda sudah memiliki beberapa calon kuat untuk nama usaha anda, bagaimana anda akan membuat keputusan akhir?
Perhatikan dua kriteria berikut; mana nama yang paling sesuai dengan tujuan anda, mana nama yang secara akurat bisa mendeskripsikan perusahaan anda?

Beberapa entrepreneur sampai pada keputusan akhirnya dengan melakukan riset konsumen atau mengetestnya dengan focus group untuk melihat bagaimana nama itu akan di persepsikan. Anda bisa membuat doodle dengan ide bagaimana nama terebut akan terlihat dalam sebuah papan nama atau pusat bisnis. Bacakan nama tersebut keras-keras, perhatikan bagaimana nama tersebut akan terdengar jika dibacakan dalam sebuah video atau radio.

Ingatlah bahwa perusahaan konsultan nama memerlukan waktu enam minggu hingga enam bulan untuk menemukan sebuah nama. Anda mungkin tidak memerlukan waktu selama itu, tapi sebaiknya habiskan beberapa minggu untuk mencari nama yang sesuai.

Sekali nama anda telah di putuskan, mulailah membangun semangat untuk nama baru tersebut. Nama usaha anda adalah langkah pertama dalam membangun identitas perusahaan yang kuat, satu yang harus bertahan selama anda masih dalam bisnis tersebut.
Baca juga:
Jurusan Kuliah untuk Calon Wirausahawan
Prospek Kerja Jurusan Kuliah Manajemen
Kerja Part Time Untuk Mahasiswa
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger