logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen

perkuliahan; prospek kerja; jurusan kuliah; ekonomi manajemen

Jurusan Ekonomi Manajemen

Ilmu Manajemen mungkin bisa dikatakan sebagai salah satu ilmu paling tua dalam sejarah manusia, karena pada hakikatnya sejak manusia hidup secara berkelompok, manusia sudah melakukan tindakan manajemen. Manajemen dapat diartikan sebagai proses untuk mencapai tujuan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengelandalian. Oleh karena itu ilmu manajemen digunakan di semua organisasi dalam rangka mencapai tujuannya.

Dalam pendidikan di perguruan tinggi, ilmu manajemen membahas tentang cara, teknik atau metode dalam penanganan tanggung jawab dalam pengelolaan suatu perusahaan atau organisasi. Manajemen juga dikenal sebagai salah satu subbidang dari bidang bisnis. Jurusan Ekonomi Manajemen sangat cocok untuk orang-orang yang menyukai berbagai hal tentang kepemimpinan.
Baca juga: 5 Alasan Kuliah di Jurusan Bisnis dan Manajemen

Perkuliahan

Mahasiswa yang kuliah di jurusan manajemen akan mempelajari berbagai hal terkait dengan manajerial dan kepemimpinan yang dapat dijabarkan sebagai berikut:
  • Cara-cara penyusunan rencana, pengorganisasian, penyusunan staf, teknik memimpin dan mengarahkan orang lain, dan melakukan pengendalian dalam rangka mengelola suatu organisasi atau perusahaan.
  • Pelaksanaan tugas-tugas manajer fungsional (pemasaran, operasi, SDM, keuangan) atau wirausaha pada suatu organisasi atau perusahaan.
  • Pemecahan permasalahan operasional dan manajerial, memilih solusi terbaik, menyusun rekomendasi keputusan, dan rencana tindakan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
  • Penyusunan rencana bisnis (business plan).
  • Pengumpulan dan pengolahan data serta analisis informasi yang relevan dalam proses penelitian.
  • Pemahaman terhadap teori, konsep, metode dan perangkat analisis yang terkait dengan keterampilan manajerial dibidang pemasaran, sumber daya manusia, operasional dan keuangan.

Mata Kuliah

Berikut adalah gambaran mata kuliah yang akan dihadapi oleh mahasiswa jurusan ekonomi manajemen (contoh dari Jurusan Manajemen Universitas Indonesia): Pengantar Akuntansi, Ekonomi Moneter, Manajemen, Pengelolaan Resiko Usaha, Bisnis Internasional, Pengambilan Keputusan Manajerial, Manajemen Usaha Badan Asuransi, Organisasi Industri, Analisis Sekuritas, Keuangan Internasional, Simulasi Bisnis, Standar Etika Profesi, Pasar Modal Indonesia, Teori Keuangan, Praktikum Riset Keuangan, Perilaku Konsumen, Pemasaran Internasional, Komunikasi Pemasaran, Bisnis Ritel, Manajemen Harga, Pemasaran Hubungan Masyarakat, Pemasaran Jasa, Manajemen Sumber Daya Manusia, Perilaku Keorganisasian, Pengadaan Sumber Daya Manusia, Budaya Organisasi, Motivasi dan Kepuasan Kerja, Manajemen SDM Berbasis Kompetensi, Sistem Balas Jasa SDM, Dinamika Kelompok, Manajemen Operasi.
Baca juga:

Prospek Lapangan Kerja

Sejak dulu jurusan ekonomi manajemen dikenal sebagai jurusan dengan prospek lapangan kerja yang sangat luas dan punya masa depan yang cerah. Hal ini dikarenakan lulusan jurusan ekonomi manajemen sangat fleksible dan dapat ditempatkan dibanyak bidang lainnya. Bisa kita katakan bahwa semua perusahaan dan organisasi membutuhkan manajer, dan tentu saja manajer lulusan jurusan ekonomi manajemen adalah salah satu pilihan terbaik untuk kebutuhan tersebut.

Lulusan manajemen kebanyakan bekerja sebagai manajer proyek atau organisasi yang bertanggung jawa untuk memastikan keamanan investasi, mengelola anggaran, memastikan kelayakan standar kesejahteraan karyawan dan mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk mendapatkan keuntungan yang semaksimal mungkin.

Peluang kerja bagi lulusan jurusan ekonomi manajemen sangat luas, karena hampir semua organisasi, badan, lembaga, perusahaan dan institusi pemerintahahan membutuhkan lulusan jurusan ekonomi manajemen.

Secara garis besar, lulusan jurusan ekonomi manajemen dapat bekerja di berbagai organisasi, perusahaan atau lembaga pemerintahan sebagai manajer tingkat pertama bidang pemasaran, operasi, sumber daya manusia, keuangan. Berbagai sektor yang potensial untuk lulusan jurusan ini dapat meliputi sektor perbankan, manufaktur, agrobisnis, pertambangan, perdagangan, asuransi.

Lulusan jurusan ekonomi manajemen juga dapat bekerja sebagai analis dan konsultan di lembaga konsultan manajemen dan lembaga penelitian pemerintahan atau non-pemerintah atau mendirikan lembaga konsultan mandiri. Dengan kemampuan manajerial yang didapatkan di bangku kuliah, lulusan manajemen juga dapat menjadi wirausahawan mandiri.

Demikianlah sedikit gambaran tentang jurusan ekonomi manajemen terkait perkuliahan dan bagaimana prospek kerja jurusan yang merupakan bagian dari bidang bisnis ini, semoga bermanfaat. Silahkan sampaikan tanggapan teman-teman tentang artikel ini di kolom komentar di bawah. Salam hangat.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

15 comments

Trima kasih bnyak atas informasinya. Ini berguna sekali bagi saya yg ingin masuk ke jurusan manajemen☺

Balas

Terima kasih infonya :D
Awalnya ikut ikutan teman, setelah baca artikel ini jadi pingin banget.

Balas

benar sekali apa yg saya rasakan ilmu yg saya terima semenjak kuliah berguna sekali dlm pekerjaan saya sekarang :)
good luck semuanya :)

Balas

SALAM SUKSES PARA CAON MAHASISWA.PILIH JURUSAN SESUAI MINAT DAN BAKAT

Balas

Wah hebat dong mas kerja dimana? :)

Balas

Thnks :) Artikelnya cukup menarik
jangan lupa kunjungan balik ya Peluang Usaha, Manajemen

Balas

Kalau anak IPA mau ambil manajemen gimana yah tu?

Balas

Kalo managemen bisa jadi pns ga?

Balas

saya lagi di prodi manajemen keuangan pak, ada infonya tidak?

Balas

Saya juga asalnya anak ipa masuk manajemen bisa bisa aja kok kekejar banget malahan mungkin karena anak ipa udah biasa dengan tugas bejibun dan otak kita lebih banyak dilatih untuk berfikir jadi aman aman aja

Balas

Kalo dari jurusan ipa ke ekonomi manajemen bisa hehe

Balas

Kalo anak ipa mau masuk manajemen gimana?

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger