logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Kerja Part Time untuk Mahasiswa

Biaya kuliah yang seringkali tidak terduga, menjadikan mahasiswa seringkali juga kebingungan kemana akan mencari uang, terkadang beasiswa juga terasa masih kurang. Untuk menyelesaikannya, kadang ada yang meminjam dari teman, kadang ada yang menjual barangnya. Ada juga yang berusaha mencari pekerjaan sampingan (part time jobs) untuk menutupi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Nah, kalau kamu mencari part times jobs, berikut adalah beberapa pilihan yang mungkin bisa kamu lakukan.

Kerja di kampus

Kerja di kampus tentu akan lebih memudahkan kamu untuk mengurusi pekerjaan part timenya dengan waktu kuliah. Beberapa universitas di Indonesai sudah ada yang mengurusi dengan serius mahasiswa yang berniat untuk berkerja secara part time, misalnya di Universitas Muhammadiyah Malang.  Kalau kamu ingin kerja part time di kampus kamu, coba cari informasinya di bagian kemahasiswaan atau cek di situs resmi universitas kamu.

Kerja di luar kampus

Beberapa teman kuliah saya ada juga yang bekerja di luar walaupun sedang sibuk kuliah juga. Kerja di luar kampus biasanya berkaitan dengan apa yang menjadi bidang ketertarikannya, misalnya yang tertarik dengan jurnalistik jadi wartawan, yang kuliah di arsitektur jadi konsultan arsitektur. Saat ini, salah satu kerja sambilan yang sedang booming adalah menjadi fotografer, kamu bisa menyediakan jasa pemotretan untuk teman-teman atau orang lain yang memerlukannya. Namun tentu saja dibutuhkan kemampuan dan pengalaman, tapi selama ada niat, in sya Allah ada jalan.
Baca juga: 

Mengajar Les

Mengajar les anak sekolah sekarang merupakan kerja yang cukup menjanjikan. Kamu dapat  mencari informasinya di lembaga-lembaga bimbingan belajar (Bimbel) di kota tempat kamu kuliah. Gajinya memang tidak begitu besar, karena didasarkan berapa banyak kamu mengajar. Untuk mahasiswa tentu sebaiknya tidak terlalu banyak. Namun dari mengajar di bimbel, kamu bisa berkesempatan untuk membuka kemungkinan adanya permintaan less private. Mengajar private jauh lebih nyaman dari pada mengajar di bimbel. Selain honor yang jauh lebih besar, mengajarnya juga akan lebih mudah kalau hanya satu atau beberapa orang saja (kecuali muridnya memang aneh). Mata pelajaran yang biasanya membutuhkan les adalah Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA.
Baca juga:

Kerja Online

Internet pada saat ini merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari mahasiswa. Mau tidak mau mahasiswa memang harus mengakses internet, entah itu kebutuhan tugas, kebutuhan belajar, atau sekedar mengecek e-mail dan facebook. Jika mau bekerja lebih cerdas, internet adalah sumber pendapatan yang sangat menjanjikan. Bahkan bisa bergaji lebih dari orang kebanyakan, mungkin kamu bisa jualan barang secara online, atau mengelola situs atau blog yang di monetize (pasang iklan).
Baca juga:

Wirausaha Mandiri

Program dikti yang disebut program mahasiswa wirausaha menurut saya sangat membantu mahasiswa. Program ini membantu mahasiswa untuk mengembangkan jiwa wirausahanya sekaligus mengaplikasikan ilmunya. Tanpa program ini pun mahasiswa bisa memulai sendiri usaha pribadinya. Saya ingat teman saya yang membuka jasa menyablon, uang yang didapatkannya dari kerja kerasny ternyata cukup memuaskan.

Apapun yang kita kerjakan, tidak akan ada artinya jika kita tidak sungguh-sungguh mengerjakannya. Tidak akan ada hasilnya jika kita berkerja setengah hati. Inti dari kesuksesan adalah kerja keras, saat kuliah, kita harus bersungguh-sungguh kuliah, saat bekerja bersungguh-sungguh bekerja, tapi kamu harus punya prioritas.
Apakah artikel ini bermanfaat? Silahkan berikan komentar kamu di kolom komentar di bawah ini.
Baca juga:
9 Masalah Mahasiswa dan Alternatif Solusinya
Kuliah sambil Kerja
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

6 comments

Titip ya ...

Kami membuka lowongan utk mahasiswa kerja freelance/paruh waktu, yaitu hari Senin dan Jumat.
Waktu/jam flexible --- tapi tetap 8 jam kerja.
Jika berminat, silakah email ke samuel.cahyadi@service-division.com.
Ini kerja nyata, terutama bagi mahasiswa/pegawai yang perlu uang tambahan, bukan online dan bukan jualan/sales dan tidak ada investasi apa-apa.
Jika ada pertanyaan, bisa diemail ke email tsb.
Terima kasih.

Balas

salam.. Admin
Saat ini saya mencari part time jobs yg bisa menambah kebutuhan biaya hidup saya tp juga tetap melanjutkan pendidkan. Mudah22n segera saya memperolehnya..

Balas

Dibutuhkan store staff/SPG, 24thn max, good looking. Anak kuliah lebih diutamakan. Jam kerja shift.....jika berminat kirim cv ke hrd@thewatch.co (subject: store staff)

Balas

terus kerjanya apaan gan?

Balas

Aku tidak pandai berterima kasih , tapi tulisan yang di publish ini merupakan informasi yang saya cari sudah lama , akhirnya saya bisa berterima kasih kepada anda

Balas

Saya terkesan dengan kualitas informasi dalam situs ini . Ada banyak sumber informasi yang baik di sini . Saya yakin saya akan mengunjungi tempat ini lagi segera

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger