logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

5 Hal yang Perlu Dilakukan Mahasiswa Sebelum Tidur

Sukses dalam kehidupan kampus akan sangat membantu anda untuk sukses dalam kehidupan di dunia kerja, karena kampus adalah salah satu sarana latihan sebelum kita menghadapi dunia yang sebenarnya diluar. Tidak hanya di dunia kerja, waktu juga sangat berharga untuk mahasiswa, karena itu waktu harus di kelola dengan baik. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan kita dalam menjalani perkualiahan, dan perencanaan tidur yang baik adalah salah satunya. Untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi waktu tidur, berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya anda lakukan sebelum tidur untuk menjadikan waktu bangun anda sebagai waktu yang produktif.

1. Lihat jadwal kegiatan atau kalender

Orang tua berkata, gagal merencanakan adalah merencanakan kegagalan. Melihat kalender atau jadwal membantu anda untuk lebih siap dengan rencana kegiatan esok hari. Anda bisa tidur lebih nyenyak setelah mengetahui apa yang harus dilakukan besok.
Baca juga:
10 Tips Meningkatkan Efektifitas Belajar

2. Siapkan perlengkapan olah raga

Pagi hari adalah waktu yang sangat baik untuk berolah raga, agar tubuh tetap sehat dan bugar. Namun kadang-kadang kita melewatkan waktu olah raga tersebut, entah karena kesiangan atau enggan untuk mencari perlengkapannya. Untuk alasan yang kedua, siapkan perlengkapan olah raga anda sebelum tidur, sehingga anda bisa lebih cepat mempersiapkan diri untuk berolah raga.
Baca juga:
Cara Menjadikan Rutinitas Pagi Anda Menjadi Lebih Baik

3. Matikan handphone/android/iphone

Tidur sangat penting untuk semua orang, termasuk mahasiswa. Jika anda sudah mengecek jadwal kegiatan, diamkan atau matikan handphone anda agar tidak mengganggu waktu tidur. Bunyi atau getaran handphone dapat mengganggu siklus tidur anda sehingga mempengaruhi kesegaran tubuh. Handphone atau gadget lainnya kadang menjadi alasan kita untuk tidur larut, entah membukan e-mail, facebook atau lainnya. Hindari tidur larut malam jika anda ingin tetap sehat secara fisik dan mental.

4. Tulis jurnal

Bukan jurnal semacam "dear deary".... Isi jurnal anda dengan review kegiatan yang sudah dilakukan seharian. Usahakan untuk selalu melakukannya setiap hari. Jangan pikirkan ini sebagai sesuatu yang membosankan apalagi melelahkan. Kegiatan ini bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan pikiran dan meningkatkan ingatan serta kemampuan menulis.
Baca juga:
5 Langkah Menghemat Waktu Anda dalam Sehari
5 Cara Mengatasi Stress Mahasiswa

5. Baca sebuah buku

Bacalah buku yang sebenarnya, buku cetak, bukan e-book. Membaca buku dapat menjadi kegiatan transisi antara waktu beraktifitas dan waktu tidur. Dan tentu saja sambil menambah pengetahuan anda.

Demikianlah sedikit tips menjelang tidur ini, semoga bermaanfaat untuk teman-teman semua. Kritik, saran dan masukan yang membangun bisa teman-teman tulis dibawah agar artikel ini bisa lebih baik dan bermanfaat.
Baca juga:
Dampak Buruk Kurang Tidur
Kebiasaan Belajar yang Kurang Efektif
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger