logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Prospek Lapangan Kerja Jurusan Kuliah Psikologi

jurusan kuliah psikologi

Pekerjaan dalam dunia psikologi sangat beragam dan menarik, namun mungkin masih banyak kawan-kawan yang masih bingung dengan apa prospek lapangan kerja jurusan yang satu ini. Pada postingan kali ini, kita akan mengeksplorasi berbagai pekerjaan di bidang psikolog yang bisa anda masuki, beberapa pekerjaan spesifik yang dapat dilakukan lulusan jurusan ini- dan apa yang diperlukan untuk mencapainya.

Apa itu psikologi?

Psikologi adalah ilmu tentang pikiran. Kita tidak mungkin melihat ke dalam pikiran manusia dengan cara yang bisa Anda lakukan untuk bagian tubuh yang terlihat seperti jantung atau paru-paru. Seorang Psikolog mempelajari pikiran dengan mengamati perilaku manusia.

Apa pekerjaan di bidang psikologi?

Berbagai temuan dalam bidang psikologi diketahui dapat digunakan untuk berbagai macam hal, ini berarti psikologi membuka jalan menuju berbagai macam pekerjaan. British Psychological Society mengidentifikasi sembilan area dimana seorang psikolog dapat bekerja, sembilan area tersebut adalah:

Kesehatan

Psikolog kesehatan menggunakan pemahaman mereka tentang pikiran manusia untuk memperbaiki kesehatan dan kesejahteraan. Termasuk dalam bidang ini misalnya menemukan teknik psikologis untuk membantu orang melawan kecanduan atau membuat perubahan gaya hidup, seperti berhenti merokok.

Klinis

Psikolog klinis juga menangani masalah kesehatan mental dan fisik, seperti kecanduan atau depresi. Termasuk dalam bidang ini adalah melakukan investigasi menyeluruh terhadap pasien untuk sampai ke dasar masalah mereka - misalnya dengan mengujinya, berbicara dengan mereka, atau mengamati tingkah lakunya.
Baca juga:
Mengenal Profesi Psikolog

Pendidikan

Psikolog pendidikan menggunakan pendekatan psikologis untuk membantu anak-anak yang sedang berjuang dalam tahap awal pengembangan atau pendidikan mereka karena masalah psikologis, sosial atau emosional, atau karena kecacatan lainnya.
Baca juga:
10 Tips Mengendalikan Ketakutan Bicara di Depan Publik

Akademisi

Akademisi psikolog melakukan penelitian untuk membangun pemahaman kita tentang pikiran. Pekerjaan ini mungkin melibatkan aktifitas dengan pasien atau subjek tes, melakukan eksperimen dan pengamatan untuk mengetahui apakah pemikiran mereka benar atau tidak. Psikolog akademis juga menjadi pengajar mahasiswa, seringkali dengan melibatkan mereka dalam penelitian mereka.

Dunia Kerja

Psikolog dunia kerja memperbaiki kehidupan kerja suatu lingkungan perusahaan sehingga perusahaan tersebut dapat berfungsi lebih baik. Artinya adalah bagaiman kita melakukan pendekatan pendekatan psikologis terhadap kondisi kerja dan lingkungan masyarakat, manajemen waktu mereka dan cara orang berinteraksi sebagai bagian dari sebuah tim.

Konseling

Konselor membantu orang mengatasi masalah kesehatan mental. Mereka berbicara kepada pasien untuk memahami keadaan masing-masing, dan kemudian menemukan pengobatan yang mereka percaya akan memperbaiki kesehatan mental pasien.
Baca juga:
10 Tanda Bahwa Anda adalah Pemikir yang Kritis

Neuro

Ahli neuropsikologi bekerja dengan orang-orang untuk membantu mereka pulih dari masalah yang berhubungan dengan otak mereka - apakah karena luka, atau kondisi medis seperti stroke, tumor atau penyakit.

Olahraga

Atli-atlit olahraga umumnya menghadapi tekanan tinggi setiap hari, dan sering menghadapi masalah seperti seperti cedera. Kemampuan dasar mereka seringkali tidak cukup untuk membantu olahragawan untuk menampilkan kemampuan terbaiknya, seorang psikolog olahraga dengan pendekatan psiokologi berperan untuk membantu olahragawan memberikan penampilan terbaiknya setiap kali diperlukan.

Forensik

Psikolog forensik bekerja dengan polisi, tahanan dan lainnya dalam sistem peradilan pidana. Mereka bekerja untuk mengubah perilaku narapidana dengan harapan mereka dapat berhenti dari perilaku melanggar hukum. Mereka juga membantu mengurangi tekanan pada tahanan dan staf penjara untuk memperbaiki kesejahteraan semua orang.

Dimana seorang psikolog bisa bekerja?

Luasnya area dimana psikologi bisa diterapkan mengindikasikan bahwa jurusan kuliah psikologi  memiliki prospek kerja yang relatif sangat luas. Berikut ini adalah gambaran singkat (sebagian kecil) bidang-bidang yang bisa menjadi tempat kerja seorang psikolog:

Praktek Psikolog

Seorang psikolog bisa membuka praktek konsultasi psikologi secara mandiri, profesi ini mungkin adalah yang paling dikenal di Indonesia untuk bidang psikologi. Seorang konsultan psikologi umumnya membantu seseorang dalam mengatasi berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari, seperti konflik keluarga, motivasi kerja yang rendah, trauma, bahkan kecemasan dalam menghadapi tes,

Pemerintahan

Seorang Psikolog bisa bekerja untuk pemerintah, misalnya menjadi psikolog forensik yang bekerja di penjara sebagai bagian dari sistem peradilan. Psikolog kesehatan dapat bekerja untuk kementrian kesehatan dengan menjadi ahli psikologi  klinis, neuro dan konseling bekerja untuk membantu orang-orang yang menderita masalah mental dan fisik. Tempat kerjanya misalnya rumah sakit.

Polisi

Psikolog dapat bekerja menjadi bagian dari kepolisian, aktifitasnya berhubungan dengan penanganan korban dan tersangka untuk membantu polisi mengatasi kejahatan dan membantu mereka yang terkena dampaknya.

Perguruan Tinggi

Selain menjadi dosen pengajar psikologi, di perguruan tinggi seorang psikolog dapat menjadi peneliti. Profesi ini mungkin merupakah salah satu incaran banyak mahasiswa jurusan psikologi, karena persaingannya relatif ketat.
Baca juga:
10 Jurusan Kuliah Paling Prospektif

Perusahaan Periklanan dan pemasaran

Teknik psikologis dapat diterapkan untuk memengaruhi konsumen untuk mau membeli suatu barang atau jasa, karena itu seorang psikolog dapat bekerja di perusahaan periklanan atau di bagian pemasaran berbagai perusahaan secara luas.

Bagian sumber daya manusia

Psikolog kerja bekerja di departemen sumber daya  manusia di berbagai perusahaan, yang bertanggung jawab atas kesejahteraan karyawan di tempat kerja.
Baca juga:
10 Alasan Memilih Jurusan Psikologi
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger