logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

10 Tanda bahwa Anda adalah Pemikir yang Kritis

Pemikir kritis mampu menganalisis berbagai isu dari berbagai sudut pandang, menghasilkan lebih banyak kesuksesan dalam akademik, bisnis, dan hidup. Apakah Anda termasuk orang-orang yang berpikiran kritis? Berikut ini adalah sepuluh tanda bahwa Anda adalah seorang pemikir yang kritis:

1. Anda senang mendengarkan informasi dari berbagai sumber

Pemikir yang kritis tidak akan terpaku pada satu sumber informasi, sebagai pelajar atau mahasiswa Anda harus mencari banyak sumber informasi. Anda tidak hanya mendapatkan informasi dari dosen, tetapi juga mencari literatur dari jurnal, buku, atau internet.
Baca juga: 

2. Anda bisa berdiskusi secara rasional dengan orang yang berbeda pendapat

Pemikir yang kritis tidk takut dengan perdebatan yang sehat. Mereka percaya bahwa pendapat setiap orang berharga, karena itu mereka bisa berdiskusi secara terbuka dengan siapa saja, termasuk orang yang berbeda pendapat dengannya.

3. Anda dapat menerima jika ternyata pendapat Anda salah

Pemikir yang kritis tahu bahwa adalah mustahil menjadi orang yang selalu benar. Mereka dapat menerima pendapat orang lain jika dan terbuka dengan kebenaran baru. Mereka bisa mengendalikan ego untuk membiarkan pemikirannya berkembang.
Baca juga: Lapangan Kerja Jurusan Ilmu Hukum

4. Anda merasa terganggu jika ada orang yang merendahkan orang lain dengan komentarnya

Hal ini sering terjadi di dunia internet. Mungkin Anda sering melihat di Facebook atau Twitter, orang-orang merendahkan orang lain atau menggunakan kata-kata yang tidak pantas untuk menghina. Jika Anda orang yang kritis, Anda tidak akan menyukai ini dan akan terasa sangat mengganggu.

5. Anda terus berkembang menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya

Pemikir yang kritis selalu bangun setiap harinya dengan semangat untuk mempertajam kemampuan berfikirnya. Mereka berusaha untuk menyingkirkan ego pribadinya, selalu menunjukkan kesopanan, dan mereka selalu sadar bahwa mereka masih perlu banyak belajar.
Baca juga: 10 Alasan Memilih Jurusan Psikologi

6. Anda selalu tertarik tentang bagaimana segala sesuatu bekerja

Pemikir kritis selalu haus akan ilmu pengetahuan . Teman-teman mereka mungkin menganggap mereka sebagai kutu buku, pecandu berita, atau pecandu akademis, tetapi itu tidak menjadi masalah untuk mereka, karena mereka tidak akan menukarkan keingintahuan anak kecil mereka dengan apa pun yang ada di dunia ini.

7 . Anda memiliki ide yang kreatif, inovatif, dan asli

Pemikir kritis lebih suka berinovasi daripada terpaku pada pola lama. Mereka menggunakan sebuah titik untuk belajar dari keberhasilan orang lain, tetapi mereka juga melaksanakan ide-ide asli yang baru, yang tidak dapat biasa.
Menjadi pemikir yang kritis biasanya adalah hal yang positif untuk Anda, namun adakalanya sesuatu itu menjadi berlebihan. Berikut adalah beberap tanda Anda telah menjadi orang yang terlalu kritis dan bisa menjadi perangkap, hal ini perlu diperhatikan.
Baca juga: 7 Soft Skill Terpenting dalam Pekerjaan

8.Berlebihan menganalisis atau menanggapi suatu isu yang membutuhkan solusi sederhana

Pemikir kritis kadang-kadang sering membesar-besarkan masalah kecil. Otak mereka memproses sesuatu pada tingkat tinggi, mencari solusi yang kompleks untuk berbagai masalah kehidupan yang rumit. Seringkali, solusi banyak masalah cukup sederhana.
Baca juga: 

9 . Anda berharap terlalu banyak dari diri Anda sendiri

Pemikir kritis biasanya percaya diri ( dan memang seharusnya begitu ), tapi kadang-kadang mereka lupa bahwa mereka adalah manusia, sama seperti orang lain (hanya dalam kasus Anda, Anda tidak sadar, menjadi manusia berarti kita semua tidak lepas dari kekurangan) . Kita semua pernah mengalami saat-saat ketika kita kehilangan indra kita atau membuat keputusan yang buruk, menjadi pemikir yang kritis tidak membebaskan Anda dari kenyataan ini. Pemikir kritis harus menumbuhkan sikap sabar dan tidak memaksakan kesempurnaan.

10 . Anda terlalu banyak berpikir, dan tidak cukup berbuat

Pemikir kritis yang bijaksana sebaiknya mengembangkan kebiasaan untuk bertindak dalam rangka untuk mengimbangi kecenderungan mereka untuk berfikir berlebihan. Tidak peduli seberapa kuat otak Anda, tidak akan ada gunanya  jika Anda tidak aktif mengejar ambisi Anda.
Jadi, apakah Anda adalah seorang pemikir yang kritis?
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 comments

sepertinya kita sama mbak umi... :v

Balas

Bagus artikelnya dan saya suka tulisan Anda karena sangat membantu Para Pembaca seperti sy yang masih belajar .

Terima kasih
oleh : Wasbir21

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger