logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

10 Alasan Memilih Jurusan Psikologi

Jurusan psikologi adalah salah satu pilihan paling populer di perguruan tinggi dan universitas di seluruh dunia. Selain menawarkan kesempatan yang luar biasa untuk perkembangan kepribadian, jurusan psikologi membuka sejumlah besar peluang karir. Jika Anda masih bertanya-tanya apakah mendapatkan gelar psikologi adalah pilihan yang tepat untuk Anda, maka pastikan untuk memeriksa beberapa alasan-alasan yang bagus untuk utama dalam psikologi.

1. Gelar Sarjana dalam Psikologi Dapat Membuka Pintu ke Beragam Karir

Jalur Karir Jurusan Psikologi
Psikologi tentu saja bukan pilihan karir yang cocok untuk semua bidang. Namun, salah satu kekuatan terbesar dari gelar psikologi adalah berbagai jalur karir yang tersedia untuk lulusannya. Siswa dapat menyesuaikan pendidikan dan gelar mereka untuk fokus pada bidang spesifik yang menarik bagi mereka.
Baca juga: Mengenal Profesi Psikolog
Beberapa dari profesi potensial meliputi:
Psikologi Klinis
Psikologi Olahraga
Psikologi Forensik
Psikologi Kesehatan
Psikologi Industri-Organisasi
Faktor Manusia Psikologi

2. Sebuah Gelar Psikologi adalah Jalan yang Sangat Sesuai untuk Mempelajari Lebih Banyak Tentang Diri Anda dan Lainnya

Manfaat Gelar Psikologi
Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa orang-orang berperilaku dengan cara tertentu? Atau mungkin Anda selalu ingin mempelajari lebih lanjut tentang pikiran Anda sendiri, emosi dan tindakan? Mendapatkan gelar dalam bidang psikologi adalah cara terbaik untuk mendapatkan pemahaman yang lebih besar tentang orang-orang. Selain memuaskan minat Anda sendiri tentang manusia, memiliki pemahaman yang kuat tentang apa yang membuat orang melakukan hal-hal tertentu dapat menjadi keterampilan yang sangat berharga dalam berbagai bidang pekerjaan, termasuk pelayanan sosial, periklanan, pemasaran, pendidikan, kesehatan dan politik .
Baca juga: 10 Tips Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar

3. Peluang kerja/prospek kerja untuk Jurusan Psikologi sangat Bagus

Prospek Kerja Psikologi 
Di Amerika Serikat, U.S. Department of Labor’s Bureau of Labor Statistics, profesi psikolog diharapkan tumbuh hingga sekitar 12 persen sampai tahun 2018. Sementara ini dianggap rata-rata pertumbuhan, permintaan untuk layanan psikologis di sekolah-sekolah, rumah sakit, pusat pengobatan penyalahgunaan zat dan lembaga pelayanan sosial diharapkan dapat mendorong permintaan untuk profesional psikologi yang terlatih. Tiga bidang psikologi diperkirakan akan meningkat permintaannya adalah dalam psikologi klinis, psikologi sekolah dan psikologi organisasi-industri.

4. Bekerja dalam bidang Psikologi Bisa sangat menyenangkan, Menghargai dan Menantang

Bidang Psikologi Relatif Sangat Dihargai
Jika Anda menyukai memecahkan masalah praktis atau teoritis, maka mendapatkan gelar psikologi mungkin dapat menjadi pilihan yang cocok untuk Anda. Beberapa psikolog fokus pada membantu orang mengatasi masalah-masalah emosional yang kompleks atau mengembangkan solusi untuk masalah-masalah dunia nyata. Lainnya mempelajari lebih dalam pemahaman kita tentang pikiran dan perilaku dengan melakukan penelitian dan menambah bagian pengetahuan ilmiah manusia. Tidak peduli yang daerah yang menjadi minat Anda, psikologi menyajikan tantangan unik yang juga bisa sangat bermanfaat.

5. Gelar Psikologi dapat memungkinkan Anda untuk Membuat Perubahan dalam Kehidupan Masyarakat.

Membantu Kehidupan orang lain
Jika Anda pernah bermimpi untuk membuat perbedaan nyata dalam kehidupan orang lain, gelar psikologi dapat menjadi cara yang bagus untuk mencapai tujuan tersebut. Psikolog, konselor, terapis dan layanan masyarakat pekerja mencurahkan waktu dan energi mereka untuk membantu orang mengatasi kesulitan, meningkatkan kesejahteraan mereka dan menyadari potensi mereka. Sementara jenis pekerjaan ini dapat secara menyita emosi dan menimbulkan stress, pekerjaan ini juga bisa sangat memuaskan.
Baca juga: 5 Cara Mengatasi Stress Mahasiswa

6. Pelajari Cara Merekam, Mengatur, Menganalisis dan Menafsirkan data

Metode Penelitian Psikologi 

Mahasiswa psikologi akan menghabiskan banyak waktu untuk belajar tentang metode penelitian dan statistik. Bahkan jika Anda tidak terlalu menyukai proses penelitian, belajar lebih banyak tentang bagaimana mengumpulkan, mengatur, menganalisis dan menginterpretasikan data dapat menjadi keterampilan penting dalam berbagai karir. Misalnya, pendidik, administrator, ilmuwan, pemasar dan pengiklan sering melakukan tugas-tugas tersebut untuk membuat keputusan, mengevaluasi kemajuan dan menyelesaikan proyek-proyek.
Baca juga:10 Langkah Meningkatkan Kemampuan Otak

7. Gelar Bidang Psikologi menjadi latar belakang yang bagus untuk lebih lanjut Kuliah Pascasarjana

Kuliah Pascasarjana

Gelar sarjana dalam psikologi dapat menjadi titik awal yang sangat baik untuk studi pascasarjana lebih lanjut. Banyak siswa memilih untuk mendapatkan gelar sarjana di bidang psikologi, sementara yang lain memilih untuk beralih ke bidang terkait seperti konseling, pendidikan atau pekerjaan sosial. Memiliki latar belakang di bidang psikologi manusia juga dapat menjadi penunjang untuk studi lebih lanjut di berbagai bidang seperti hukum, kedokteran atau ilmu-ilmu kehidupan.

8. Anda Bisa Mengejar Bidang Khusus yang Menjadi Ketertarikan Anda

Spesialisasi Psikologi

Mari kita bayangkan bahwa Anda memiliki minat lain selain minat Anda yang kuat dalam psikologi, Anda juga menyukai olahraga dan kebugaran fisik. Dua bidang ini mungkin tampak tidak terkait pada awalnya, namun sebenarnya mereka dapat dipadukan menjadi area khusus besar yang dikenal sebagai psikologi olahraga. Salah satu manfaat besar dari mendapatkan gelar psikologi adalah bahwa Anda dapat mengejar jalur karir yang baik sejalan dengan gairah dan minat Anda. Seorang mahasiswa yang suka bekerja dengan anak-anak dapat mengkhususkan diri dalam psikologi perkembangan dengan fokus pada pengembangan anak usia dini, sementara siswa lain yang terpesona oleh proses penuaan bisa mendapatkan gelar di subjek yang sama dengan fokus pada geriatri.
Baca juga : 10 Tanda Bahwa Anda Adalah Pemikir yang Kritis

9. Sebuah Gelar Psikologi Bisa meng-Impress Pengusaha Tempat Kita melamar kerja

Pekerjaan Psikologi
Anda dapat menggunakan gelar bidang psikologi dapat berguna dalam persiapan untuk berbagai profesi yang berbeda. Keterampilan yang Anda dapatkan selama Anda belajar psikologi seperti analisis data, mengkomunikasikan informasi yang kompleks dan memahami perilaku manusia adalah semua kemampuan yang sangat dihargai oleh atasan.
Menurut Complete Psychology oleh Graham Davey (2007), hanya sekitar 15 sampai 20 persen dari lulusan jurusan psikologi menjadi psikolog profesional atau konselor. Jadi kira-kira apa yang dilakukan tiga-perempat sisanya dengan gelar mereka? Kebanyakan mereka memanfaatkan pengetahuan mereka tentang psikologi untuk bekerja di berbagai profesi termasuk pemasaran, bisnis, iklan, peradilan pidana, pendidikan, penjualan, urusan publik, pelayanan kesehatan, sumber daya manusia dan berbagai daerah lain.

10. Anda sangat menikmati Belajar Tentang Psikologi!

Mencintai Bidang Psikologi
Alasan terbaik untuk mendapatkan gelar dalam psikologi adalah sebuah minat terhadap subyek tersebut. Jika Anda berharap untuk pergi ke kursus psikologi Anda, suka mendiskusikan topik psikologi, menghabiskan waktu luang Anda browsing website psikologi dan suka belajar fakta-fakta baru tentang psikologi, maka kemungkinan mendapatkan gelar psikologi adalah pilihan yang terbaik untuk Anda.
Baca juga: Pentingnya Jalan-jalan Bagi Mahasiswa
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

12 comments

Ah... cita-cita pertama saya pengin belajar n kuliah jurusan psikologi. Setuju banget sama alasan-alasan ini. Bener-bener ilmu 'yang dekat' sama diri kita. PAsti keren bisa tahu n paham psikologi. Cemburu deh... Jadinya sekarang cuma baca-baca aja. Huhuhu

Balas

apapun ilmu yang kita miliki pasti keren kalau kita bisa menerapkannya dengan baik dan bermanfaat untuk banyak orang.... semoga mbaknya juga ya mbak... tetap semangat... :D

Balas

Ilmu psikologi memang keren Gan... :)

Happy Download!! ^^ Blogwalking.. Salam Kena Ganl! :))


Mampir Yak!! http://psychoislam.blogspot.com/


Download Home | Nasyid | Ebook | Film/Video | Journal | Islam | Psikologi

Balas

Numpang nanya, bedanya psikologi yang prodinya ipa sama prodinya ips apa ya?

Balas

tertarik sekali dengan jurusan psikolgi ini....

Balas

saya sangat tertarik dengan jurusan ini. semoga saya dapat keterima di jurusan ini aminn

Balas

Meuthia Nabilap@ Jurusan Psikologi rata2 bisa diambil oleh temen2 dari bidang apa saja ips, ipa, bahasa, agama, stm, smk, ma hampir semua kampus mengizinkan karena Fakultas Psikologi di Kampus mereka berdiri sendiri atau di bawah naungan ilmu sosial. Namun ada beberapa kampus yg menerima lulusan dr SMA IPA saja karena di kampus mereka jurusan psikologi dibawah naungan Fakultas kedokteran. Kampus itu diantaranya UNDIP (Semarang), UNPAD (Bandung), UNS (Solo), UDAYANA (Bali) itu untuk kampus negrinya kalau swasta kurang tahu. Semoga membantu.

Balas

psikologi itu ternyata banyak sekali jenjang karirnya. Apalagi perusahaan saat ini sangat banyak, dan pasti membutuhkan peran psikolog di dalamnya.

Balas

assalamualaikum.. makin tertarik dengan bidang ini. Semoga bisa milih yang terbaik.

Balas

ane seneng belajar mengenai manusia..mengeksploitasinya... ane demen sama psikologi..eh skrg diteknik informatika

Balas

setuju banget, ini sebabnya aku makin tertarik dengan psikologi

Balas

"meng-eksploitasi" wkk
ehh, jadi gimana TI? sama serunya?

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger