logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Mengenal Profesi Psikolog

Bagaimana caranya menjadi seorang Psikolog?

Untuk menjadi seorang psikolog profesional membutuhkan pendidikan dan pelatihan yang memakan waktu bertahun-tahun. Bisa jadi lebih dari 10 tahun untuk menyelesaikan rangkaian berbagai pendidikan yang harus dijalani. Seorang calon psikolog harus menyelesaikan kuliah di jurusan kuliah psikologi, mengambil sertifikasi, spesialisasi, dan mendapatkan pengalaman klinik yang cukup untuk penerapan yang berhasil.

Apa yang dikerjakan seorang Psikolog?

Psikolog bekerja dengan menginvestigasi perilaku manusia, mempelajari bagaimana cara manusia berpikir, bagaimana cara mereka belajar, bagaimana mereka mengembangkan emosi dan bersosialisasi. Psikolog  menggunakan berbagai macam metode untuk melakukan riset prilaku dalam sebuah kelompok besar, memilih populasi dan individu dalam situasi keluarga, lingkungan kerja, sekolah atau institusi. Seorang psikolog bisa menjadi penanggung jawab atas percobaan laboratorium, penilaian klien pada tapak atau mengevaluasi test sekolah.

Seorang psikolog dapat melakukan setting emosi terhadap kliennya yang mungkin mengalami trauma, gangguan mental, atau masalah kekerasan. Seorang psikolog bisa bekerja untuk seorang klien untuk waktu yang sangat lama guna membantu mereka memahami apa yang menjadi akar masalah mereka dan menawarkan mereka suatu perlakuan atau solusi untuk menyelesaikan akar masalah tersebut. Sebagian besar peneliti psikologi bekerja di perguruan tinggi atau institusi pemerintahan, ada juga yang bekerja di perusahaan-perusahaan swasta.
Baca juga:

Kemampuan Umum Psikolog

Psikolog bekerja dengan berorientasi pada proses, dengan kemampuan untuk mendiagnosa, membuat rencana pasien dan mengikutinya dengan perlakuan kognitif, pembelajaran dan gangguan perilaku. Mereka yang bekerja langsung berhadapan dengan klien perlu untuk belajar tentang etika menghadapi orang-orang dalam kondisi stress. Profesi ini bisa menjadi seorang pendengar yang sangat baik dan pembelajar sepanjang hidup. Kebanyakan psikolog bekerja dalam pendidikan secara terus-menerus dalam upaya untuk tetap mendapatkan informasi riset dan metodologi perlakuan terkini  dalam bidang psikologi. Pada akhirnya, seorang psikolog perlu tahu tentang perawatan kesehatan, hak-hak pasien dan protokol pelaporan.
Baca juga:

Jenis-jenis karir Psikologi

  • Psikologi Anak - Psikolog anak membantu anak-anak dan keluarga untuk mengatasi masalah prilaku yang sulit.
  • Psikolog Klinis - Mempelajari seluk-beluk penilaian psikologis dan mengobati pasien dari segala usia dan jenis menggunakan teknik psikoterapi yang telah teruji atau mutakhir.
  • Psikolog forensik - Psikologi forensik berada antara bidang psikologi dan hukum. Mereka yang berprofesi sebagai psikolog forensik dapat bekerja dalam penanganan diskriminasi karyawan, hak asuh anak dan menilai mental seseorang apakah pantas untuk diadili.
  • Neuropsikolog - Neuropsikolog lebih banyak bekerja di laboratorium daripada spesialisasi psikologi lainnya, psikolog mempelajari aspek fisik dari otak dan bagaimana mereka memengaruhi perilaku dan emosi.
  • Psikolog Profesional Sekolah - Psikolog sekolah bekerja di lapangan dengan berhadapan langsung dengan anak-anak untuk mendiagnosa dan mengobati masalah perilaku dan emosional, tetapi juga bekerja dengan guru dan administrator pendidikan. Seorang psikolog sekolah bekerja untuk membuat rencana peningkatan kinerja siswa atau pendidik.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 comments:

Profesi Psikolog di negara maju semakin banyak yang membutuhkan. Sebaliknya di negara berkembang di Indonesia prospeknya kurang.

Tapi kalau buka konsultasi psikologi di Indonesia biasanya harus bekerjasama dengan sekolah, kampus, dan perusahaan buat mendapatkan fee yang besar kalau perorangan seperti kurang menjamin.

Makasih ulasannya mas.

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger