logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

5 Alasan Kuliah di Jurusan Teknik Industri


Jurusan Teknik Industri

Hampir semua calon mahasiswa mengalami saat-saat dimana mereka merasa sangat bimbang untuk menentukan jurusan kuliah apa yang akan mereka pilih. Kita umumnya khawatir bagaimana prospek kerja dari jurusan yang dipilih? Akankah gelar itu layak untuk dijalani, dan apakah jurusan kuliah tersebut akan membantu kita untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus?

Salah satu kesalahan fatal dan mahal seorang calon mahasiswa saat menentukan jurusan yang akan diambil adalah: mengikuti kawanan. Untuk menghindari kesalah fatal dan akibat yang berkepanjangan tersebut, kita perlu mempelajari dengan seksama jurusan apa yang akan kita pilih. Bagi yang masih belum menentukan jurusan kuliah apa yang akan dipilih atau masih ragu, teruskan membaca artikel ini.
Baca juga: 6 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Teknik Industri

Disini kita membahas beberapa keuntungan dalam mempelajari teknik industri. Banyak orang memiliki sedikit atau sama sekali tidak tahu apa itu Teknik Industri, dan jenis pekerjaan yang dilakukan para insinyur industri setiap hari. Semoga cerita ini akan membantu kamu untuk menentukan apakah teknik industri adalah jurusan kuliah yang tepat untuk kamu.

1. Insinyur industri bekerja di setiap sektor

Kamu akan sering mendengar tentang ini. Teknik Industri berada di hampir setiap industri vertikal saat ini. Manufaktur, teknologi, perangkat keras, ritel, perawatan kesehatan - sebutkan saja dan ada kemungkinan pekerjaan teknik industri yang tinggi. Pekerjaan terkait teknik industri dapat ditemukan di setiap perusahaan. Sebuah studi terbaru menyebutkan bahwa pekerjaan teknik industri termasuk di antara bidang dengan permintaan paling banyak tahun 2016.
Baca juga: 35 Fakta Menarik Dunia Teknik Sipil

2. Mengombinasikan keterampilan teknis dengan ketajaman bisnis

Banyak universitas menawarkan kelas bisnis sejajar dengan kuliah Teknik Industri, di bidang logistik, manajemen rantai pasokan dan analisis. Dengan mengikuti kelas-kelas ini, Kamu juga bisa memahami sisi bisnis sebuah perusahaan. Tentu, Kamu bisa mengambil ini dengan jurusan lain, tapi Teknik Industri dan bisnis saling melengkapi dengan sempurna. Ini juga membuat gelar teknik industri menjadi titik awal yang ideal bagi MBA yang mengkhususkan diri dalam manajemen rantai pasokan, pemasaran atau keuangan, yang melengkapi aspek teknis IE.
Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Paling Prospektif

3. Pahami data besar 'big data

Saat ini bidang data besar semakin penting. Setiap perusahaan saat ini ingin membuat keputusan bisnis yang lebih baik dengan jumlah data terus meningkat dan kompleks.

Analisis data dan sains saat ini dapat berdampak besar pada pengelolaan dan pengembangan bisnis. Teknik industri memberi Kamu fondasi untuk bekerja di domain ini. Ikuti kursus dan sertifikasi ekstra, dan akhirnya Kamu bisa menjadi ilmuwan data.
Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Kuliah Teknik Industri

4. Fokus pada proses

Teknik industri adalah bidang yang relatif kurang teknis dibandingkan dengan jurusan teknik lainnya. Maksudnya adalah bahwa teknik industri lebih fokus pada proses dan menemukan cara untuk memperbaiki proses.

Jangan salah sangka. Ini sama sekali tidak berarti Kamu tidak akan atau tidak dapat mengerjakan perangkat lunak, atau tidak terlibat dalam pengkodean. Namun, ada sedikit pengkodean heavy-lifting dan fokusnya lebih mengarah pada perbaikan proses dan cara untuk membawa perubahan melalui strategi seperti pengurangan biaya, penghematan dan pengurangan waktu.
Teknik industri adalah bidang yang relatif kurang teknis dibandingkan dengan jurusan teknik lainnya.

5. Menyesuaikan minat Kamu dengan teknik industri

Sebagai insinyur industri, Kamu akan selalu memiliki pilihan untuk mengeksplorasi dan bekerja dalam berbagai peran pekerjaan. Mau duduk di komputer dan melakukan analisa data mendalam? Ada pekerjaan teknik industri dalam analisis data dan analisis bisnis.
Ingin bekerja di lantai produksi mengerjakan pekerjaan manufaktur? Ada pekerjaan di bidang teknik logistik, teknik manufaktur, produksi, peramalan, di antara banyak lainnya.
Ingin bepergian selagi bekerja? Kamu bisa melakukan pekerjaan rekayasa industri dalam peran sebagai konsultan dengan klien. Ada banyak pilihan lain - ini hanya beberapa contoh.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger