logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

6 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Teknik Industri

Teknik industri adalah salah satu bidang yang paling terkenal dalam dunia keteknikan. Banyak lulusan SMA ingin masuk jurusan teknik ini di perguruan tinggi. Namun ternyata banyak dari mereka tidak tahu seperti apa sebenarnya jurusan teknik industri itu. Bahkan banyak dari mereka yang tertarik di bidang ini hanya karena mereka berpikir kalau jurusan kuliah teknik industri adalah jurusan yang sangat menjanjikan dan termasuk jurusan kuliah yang keren. Bahkan mungkin cukup banyak mahasiswa teknik industri tahun-tahun pertama yang masih tidak tahu arti dari bidang teknik industri. Berikut adalah 6 hal yang harus Anda tahu  jika Anda berencana untuk masuk ke jurusan teknik industri

Kawaasan Industri (Homini/Flickr)

1. Teknik Industri merupakan turunan dari teknik mesin

Teknik industri memiliki sejarah panjang. Tapi Anda perlu tahu bahwa teknik industri sebenarnya merupakan turunan dari teknik mesin. Orang yang mula-mula merintis pengembangan ilmu teknik ini industri dalam sejarah modern adalah seorang insinyur mekanik. Program teknik industri pertama di dunia juga  merupakan bagian dari teknik mesin juga. Karena itu, tidak aneh jika banyak program teknik industri saat ini berada di departemen yang sama dengan teknik mesin.
Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Kuliah Teknik Mesin

2. Teknik Industri bukanlah ilmu teknik dasar, tapi tapi teknik interdisipliner

Teknik industri biasanya terletak di fakultas yang sama dengan teknik mesin, teknik kimia, dll Tapi Anda harus tahu bahwa berbeda dengan  teknik mesin, teknik kimia, teknik sipil, dan teknik elektro yang merupakan ilmu keteknikan dasar, teknik industri adalah ilmu teknik interdisipliner. Ini berarti teknik industri melibatkan banyak ilmu atau disiplin ilmu. Ilmu ini termasuk ilmu matematika dan fisika (seperti teknik lainnya), fisiologi dan bahkan ilmu sosial seperti psikologi. Contoh lain dari bidang teknik interdisipliner adalah teknik biologi, teknik nuklir, teknik perminyakan, teknik pertanian dan sebagainya.
Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Kuliah Fakultas Teknik

 3. Teknik Industri melibatkan banyak prinsip-prinsip manajemen, tetapi hanya manajemen saintifik

Teknik industri secara luas dikenal sebagai perpaduan antara teknik dan manajemen. Teknik industri memang melibatkan banyak prinsip-prinsip manajemen. Tapi Anda harus tahu bahwa manajemen dalam teknik industri hanya melibatkan manajemen saintifik. Selain manajemen, teknik industri juga mempelajari ilmu-ilmu sosial lainnya seperti psikologi. Namun, sama seperti manajemen, psikologi yang digunakan hanya pendekatan psikologis yang menerima metode ilmiah. Ini adalah psikologi kognitif. Jadi kesimpulannya, meskipun ilmu ini melibatkan ilmu-ilmu sosial, teknik industri masih sangat ilmiah.

4. Teknik Industri tidak hanya tentang manufaktur

Teknik industri sering menggunakan industri manufaktur sebagai model. Salah satu alasannya adalah karena teknik industri sangat berorientasi ke Toyota. Tapi yang Anda harus tahu adalah bahwa teknik industri tidak hanya tentang industri manufaktur. Pengetahuan ini dapat diterapkan di semua jenis industri mulai dari industri pertambangan, industri minyak & gas, industri transportasi, industri jasa dan sebagainya. Sebenarnya, teknik industri dapat juga diterapkan dalam sistem apapun apakah itu bidang industri atau tidak. Oleh karena itu, bidang ini juga sering disebut sebagai rekayasa sistemik. Sistem manufaktur yang paling sering digunakan sebagai sistem model karena sistem ini adalah yang paling konkret, terlihat, dan teraba.

5. Sarjana Teknik Industri adalah salah satu insinyur dengan gaji tertinggi

Apakah Anda ingin tahu tentang latar belakang pendidikan yang memiliki prospek cerah? Anda harus tahu bahwa jurusan kuliah teknik industri adalah salah satu dari jurusan kuliah dengan prospek lapangan kerja yang paling cerah. Menurut survei di beberapa negara, lulusan teknik industri adalah salah satu yang memiliki gaji tertinggi.

6. Teknik industri adalah bidang teknik dengan peluang kerja yang luas

Banyak orang ingin tahu tentang apa jenis pekerjaan yang cocok untuk insinyur teknik industri. Teknik industri adalah bidang teknik dengan kesempatan kerja yang luas. Banyak lulusan teknik industri menjadi profesional dalam bidang industri, konsultan, peneliti, dosen, dan bahkan pengusaha karena insinyur teknik industri dikenal sense of business yang terbaik di antara para insinyur. Sarjana teknik industri dapat bekerja di berbagai jenis industri seperti manufaktur, pertambangan, minyak & gas, konstruksi dan bahkan jasa. Berbeda dengan insinyur lain, dalam industri, insinyur industri dapat ditemukan di banyak divisi mulai dari divisi yang berhubungan langsung dengan produksi seperti divisi produksi, teknik, quality control dan pergudangan, untuk divisi yang mendukung bidang produksi seperti SHE (safety), pemeliharaan, SCM, perencana biaya, R & D, dan pembelian, dan bahkan divisi yang tidak biasanya tersentuh oleh insinyur seperti HR, pemasaran, dll
Sumber: Knoji.com
Baca juga:
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

15 comments

Beneran nih Sarjana Industri gajihnya paling besar dibanding dengan insinyur lain??

Balas

salah satu dengan gaji tertinggi gan... :)

Balas

beda nya sam teknik sipil apa ya ? min

Balas

min beda nya teknik industri samma teknik sipil apa yah ?

Balas

secara ringkas, teknik sipil lebih ke teknik perancangan, pembangunan dan pemeliharaan fasilitas umum, misalnya jalan, gedung perkantoran, jembatan dll... kalau teknik industri mungkin lebih sering diasosiasikan dengan manufaktur (walaupun sebenarnya manufaktur adalah sebagian dari teknik industri)....

Balas

min, kalo di indonesia sendiri gimana tuh teknik industri nya perkembangannya...? lalu, lebih cerah teknik industri atau teknik elektro min?

Balas

di Indonesia, teknik industri sudah lama dan sangat berkembang di Indonesia dan sangat prospektif untuk masa depan... soal cerah mana, menurut saya pribadi keduanya memiliki prospek yang sangat baik, tinggal masnya senang yang mana... :)

Balas

bedanya teknik industri dan teknik kimia apa ya?

Balas

masuk teknik industri ruwet ngga sih min mata kuliahnya ?

Balas

kalau mas ilham senang dengan jurusannya, mata kuliahnya nggak akan jadi ruwet... yakin...

Balas

sederhananya.... teknik industri kalau lebih ke manufaktur, membahas industrinya... sedangkan teknik kimia, membahas pemrosesan bahan-bahan kimia... kira2 gitu mas.. :)

Balas

Sy sudah sarjana pendidikan cuma mau beralih propesi di bidang industri apakah masih bisa mas dengan umur sy 26 thn utk kuliah lg d bidang industri??

Balas

kalau mau masuk bidang industri, mas bisa menjadi pengusaha industri apa saja yang bisa dipelajari, tapi kalau masnya berencana ingin menjadi sarjana teknik industri, mungkin agak riskan, karena perusahaan umumnya mencari orang yang berpengalaman dengan batas usia tertentu...

Balas

Kira kira gajinua berapa mas

Balas

Ya bisa diatas gaji umr pns

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger