logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Meningkatkan Skill Komunikasi di Tempat Kerja

Keterampilan berkomunikasi adalah salah satu keterampilan yang paling penting dalam hidup dan juga pekerjaan. Komunikasi yang baik memungkinkan Anda untuk memengaruhi keputusan orang lain. Anda mungkin akan menemukan banyak situasi dalam kehidupan kerja Anda ketika Anda harus menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik, apakah itu ketika berbicara dengan pelanggan atau menulis email.
Jadi kapan lagi waktu yang lebih baik untuk mulai mengembangkan keterampilan komunikasi yang lebih baik daripada sekarang, sebelum Anda memasuki dunia kerja.
'55% makna dalam kata-kata berasal dari ekspresi wajah, hanya 7% dalam kata-kata yang benar-benar diucapkan. '

Mengapa keterampilan komunikasi yang baik itu penting?

Sebelum kita menjawab pertanyaan ini, mari kita bahas dulu apakah yang disebut keterampilan komunikasi ?, mari kita jelajahi mengapa keterampilan komunikasi yang efektif itu penting.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Hampir setiap pekerjaan di luar sana mengharuskan Anda memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Bahkan jika Anda memiliki rencana untuk bekerja dalam bidang yang tidak memerlukan banyak interaksi tatap muka, Anda tetap harus dapat mengekspresikan diri melalui telepon, melalui konferensi video dan secara tertulis.

Bukan hal yang mengherankan jika hampir setiap permintaan karyawan untuk sebuah posisi akan meminta orang yang bisa menjadi komunikator yang baik. Mampu menyampaikan pesan dengan cara yang jelas dan lugas sambil menyadari situasi di sekitar Anda adalah keterampilan yang dicari dan sesuatu yang hanya bisa didapatkan dengan latihan.

Apakah Anda menyadarinya atau tidak, bahkan di sekolah, Anda dihadapkan pada situasi yang mengharuskan Anda berkomunikasi dengan baik. Entah itu menceritakan kisah kepada seorang teman, mendiskusikan tugas dengan seorang guru atau menjawab pertanyaan secara tertulis, ada kebutuhan nyata untuk keterampilan komunikasi yang efektif.

Apa yang dikatakan para Bos?

"Tanyakan kepada diri sendiri hal-hal berikut: Apakah Anda menyajikan informasi dengan jelas, tepat dan ringkas? Beradaptasi cara Anda berkomunikasi dengan audiens Anda? Dan mendengarkan orang lain?"
- IBM
Jadi, apakah yang disebut keterampilan komunikasi? Di sini kita akan melihat beberapa teknik yang dapat Anda gunakan untuk menjadi komunikator yang hebat.

Berpikir dulu, bicara kemudian

Tip pertama yang ingin kami bagikan adalah 'pikirkan dulu, bicara kemudian'. Luangkan waktu sebentar untuk memikirkan seseorang yang Anda anggap sebagai komunikator yang baik. Bisa jadi teman, guru atau selebriti. Apa yang menjadikan mereka komunikator yang baik? Mungkin ada beberapa hal yang berpengaruh tetapi kemungkinan salah satunya adalah bahwa mereka berpikir sebelum mereka berbicara.

Baca juga: Tips Berbicara Lancar di Depan Publik

Adalah wajar bagi kita untuk ingin mengungkapkan pendapat, atau memberikan penjelasan ketika kita berpikir kita dapat membantu atau memiliki jawabannya. Namun, menyediakan waktu beberapa detik untuk memikirkan apa yang akan Anda katakan pertama kali akan membantu Anda mengartikulasikan jawaban Anda dengan cara yang lebih efektif. Berapa kali kita mengatakan hal pertama yang muncul di kepala kita dan berakhir dengan membingungkan orang?

Lain kali saat Anda bercakap-cakap dengan seorang guru atau teman, sadarilah untuk menjawab seccara langsung dan luangkan beberapa detik untuk memikirkan apa yang akan Anda katakan lebih dulu - Anda akan kagum dengan betapa Anda bisa lebih menjadi berpengaruh dengan mencoba teknik ini.

Fokus untuk benar-benar mendengarkan

Komunikasi adalah jalan dua arah. Untuk melakukan percakapan, Anda perlu berbicara dan kemudian mendengarkan dan sebaliknya. Komunikator terbaik di tempat kerja adalah mereka yang mampu mendengarkan dengan sabar tanpa mengganggu orang yang berbicara. Dengan hati-hati mendengarkan apa yang dikatakan orang, Anda akan dapat menyusun tanggapan yang akan membantu menyelesaikan situasi dan memberi kepercayaan pada kemampuan Anda.

Baca juga: Tips Fokus Saat Belajar

Salah satu teknik untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan Anda adalah dengan memperhatikan jenis bahasa yang digunakan seseorang. Apakah mereka menggunakan banyak kata sifat, yaitu menggambarkan kata-kata seperti 'besar', 'kecil', 'fantastis', atau 'luar biasa'? Jika demikian, orang itu bisa secara tidak langsung memberi tahu Anda bahwa mereka kreatif. Demikian pula, jika seseorang suka memecah berbagai daftar atau angka, Anda mungkin bisa berasumsi bahwa mereka adalah pemikir yang logis.

Dengan memperhatikan pola bahasa seseorang dan mengidentifikasi cara mereka berbicara, Anda dapat mencerminkan bahasa mereka untuk membantu membangun hubungan baik, atau menjelaskan hal-hal dengan cara yang akan beresonansi dengan mereka.

Kali berikutnya guru Anda meminta Anda untuk melakukan sesuatu di kelas, dengarkan cara mereka mengatakannya - mungkin ada beberapa petunjuk di sana tentang bagaimana mereka menginginkan hal-hal yang harus dilakukan.

Perhatikan bahasa tubuh Anda

Sering dikatakan bahwa 55% makna dalam kata-kata kita berasal dari ekspresi wajah. 38% adalah bagaimana kata-kata dikatakan dan 7% dalam kata-kata yang diucapkan.
Apa maksud dari penjelasan tersebut?

Nah, maksudnya bahasa tubuh kita adalah salah satu komponen terpenting dari keterampilan komunikasi yang efektif. Apakah kita menyadarinya atau tidak, kita dipengaruhi oleh bahasa tubuh orang-orang lebih daripada apa yang sebenarnya mereka katakan. Contoh yang bagus dari bahasa tubuh yang berpengaruh di tempat kerja dapat dilihat ketika kita menonton politisi. Sangat sering, politisi menggunakan bahasa tubuh mereka dengan sangat efektif untuk membuat poin mereka tampak penting.

Cara yang bagus untuk meningkatkan bahasa tubuh Anda di sekolah adalah hanya dengan menyadari apa yang tangan dan ekspresi wajah Anda lakukan saat Anda berbicara. Misalnya, jika Anda menceritakan sebuah kisah, gunakan tangan Anda untuk membantu membangun ketegangan dengan menempatkannya di depan Anda dalam gaya memotong karate saat Anda menekankan bagian-bagian penting. Demikian pula, jika Anda ingin tampil jujur dan dapat dipercaya ketika berbicara dengan guru, cobalah letakkan tangan kanan Anda di dada - ini dapat membuat Anda tampil lebih tulus.

Sesuaikan gaya komunikasi Anda

Satu hal yang akan Anda perhatikan tentang orang-orang dengan kemampuan komunikasi yang baik adalah mereka dapat menyesuaikan cara mereka berbicara tergantung siapa pemirsa mereka. Ini adalah sesuatu seharusnya dapat benar-benar kita lakukan secara alami tetapi dengan sedikit latihan
Misalnya, di sekolah, Anda mungkin berbicara dengan guru secara berbeda tentang cara Anda berbicara dengan teman-teman Anda. Tetapi bayangkan jika Anda berbicara kepada guru Anda seperti yang Anda lakukan dengan teman-teman Anda.  Apakah anda akan mendapatkan reaksi yang menyenangkan?

Beberapa orang yang paling berpengaruh dan karismatik di dunia dianggap demikian karena kemampuan mereka untuk menyesuaikan gaya komunikasi mereka.

Berikan jawaban yang jelas dan lugas

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan komunikasi Anda adalah dengan memberikan jawaban yang jelas. Coba renungkan... seberapa sering Anda memberi jawaban yang ambigu ketika Anda diminta membuat keputusan.
> 'Apa yang akan kita makan malam ini? '
>' Erm ... saya mudah, apa yang Anda inginkan untuk makan malam?
'Lihat apa yang kami maksudkan?

Dengan memberikan jawaban yang jelas dan pasti, kita bisa tampil lebih percaya diri dalam kemampuan, yang merupakan kualitas penting untuk dimiliki di tempat kerja. Kali berikutnya Anda mengajukan pertanyaan, coba berikan jawaban yang jelas dan lihat seberapa besar pengaruh Anda dalam situasi tersebut.

Sumber: successatschool.org
Kredit gambar: Jonny Goldstein
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger