logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tentang Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor (IPB), siapa yang tidak tahu? Mungkin semua orang yang sudah lulus SMP pasti tahu atau paling tidak pernah dengar tentang IPB. IPB adalah satu-satunya institut pertanian yang ada di Indonesia, satu-satu institut pertanian yang ada di negara agraris ini. Institut yang telah melahirkan begitu banyak ahli-ahli pertanian di Indonesia, mayoritas orang yang yang pernah menjabat sebagai menteri pertanian di Indonesia adalah lulusan IPB, bahkan presiden Indonesia saat ini adalah lulusan IPB.


IPB pada awalnya merupakan salah satu fakultas dari Universitas Indonesia, seperti halnya Institut Teknologi Bandung dan Universitas Airlangga. Tepatnya lagi, embrio IPB adalah fakultas ilmu pertanian dan ilmu alam dari Universitas Indonesia yang kemudian berdiri sendiri sebagai universitas sejak tahun 1963. Kampus utama IPB pada awalnya adalah kampus IPB Baranangsiang yang  terletak di Kelurahan Baranangsiang, Kota Bogor, sedangkan kampus lainnya adalah kampus taman kencana. Pada saat ini, kampus utama IPB berada berada di kecamatan Darmaga, jalan Raya Darmaga (ada juga yang menyebutnya Dramaga). Sedangkan kampus lainnya adalah kampus Baranang Siang, Kampus Dramaga, Kampus Gunung Gede, kampus Cilibende, dan kampus Taman Kencana.

Menurut beberapa mahasiswa yang kuliah di IPB, standar nilai (IPK) yang berlaku di kampus pertanian ini relatif sangat tinggi, sehingga cukup sulit untuk nilai yang tinggi. Tetapi dengan standar yang tinggi tersebut lulusannya relatif lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

Masuk ke dalam kawasan kampus IPB pada jam kuliah, aura akademis sangat terasa. Mahasiswa begitu bersemangat untuk belajar sehingga setiap semua mahasiswa akan lebih terpacu untuk belajar. Susana kampus yang hijau dan lumayan tenang juga sangat mendukung kegiatan perkuliahan. Hijaunya kampus pertanian ini memang menjadi salah satu kebanggaan IPB, karena pihak universtas memang mendeklarasikan kampus IPB sebagai kampus hijau atau kampus konservasi. Hal ini terbukti dari rimbunnya pepohonan yang ditata dengan baik dan berbagai jenis satwa liar yang hidup dengan bebas. Diantara berbagai jenis satwa yang bisa kita temui antara lain berbagai jenis burung (bangau, pipit, penghisap madu, dsb), kera ekor panjang, bahkan ada juga kucing hutan.

Bicara fasilitas, mungkin kampus IPB bisa dikatakan sudah memiliki fasilitas yang bertaraf internasional. Kalau ingin melihat berbagai fasilitas tersebut kamu dapat mengunjungi Virtual Campus Tour IPB. Dosen-dosen IPB juga banyak yang berkelas Internasional, karena sebagian dari mereka sering juga diundang sebagai "dosen undangan" di berbagai universitas di Asia (terutama Jepang) dan Amerika. IPB memang memiliki hubungan yang dekat dengan universitas-universitas di Jepang dan Amerika. Paling jelas memang hubungan dengan Jepang, karena memang banyak dosen-dose di IPB adalah lulusan S2 dan S3 jepang. Jadi kalau kamu bercita-cita untuk bisa kuliah S2 atau S3 di Jepang dengan beasiswa, maka IPB adalah universitas yang harus kamu perhitungkan.
Informasi yang jauh lebih lengkap bisa kamu dapatkan di situs resmi IPB http://www.ipb.ac.id.

Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger