logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Perkuliahan dan Prospek Kerja Jurusan Manajemen Hutan

Indonesia masih memiliki hutan, walaupun tidak banyak dan hampir seluruhnya berada di dalam kawasan konservasi. Walaupun sedikit, bidang kehutanan masih hidup dan akan terus diusahakan untuk terus berkembang oleh orang-orang yang concern dengan bidang ini. Jurusan Manajemen Hutan di berbagai perguruan tinggi adalah salah satu kelompok institusi yang akan terus memperjuangkan kelangsungan hutan di Indonesia agar tetap lestari sekaligus memanfaatkannya untuk kemaslahatan penduduk Indonesia.

lapangan kerja lulusan manajemen hutan
Hutan Hujan Tropis Kalimantan Indonesia

Manajemen Hutan

Jurusan Manajemen Hutan memiliki bertujuan membantu mahasiswa untuk menguasai dasar-dasar ilmiah dan ketrampilan tertentu dalam bidang kehutanan sehingga mampu untuk menemukan, memahami dan menjelaskan serta merumuskan metode penyelesaian masalah secara profesional.
Mahasiswa Jurusan Manajemen Hutan diharapkan dapat menguasai teknik pengelolaan hutan secara optimal dan berkelanjutan, metode rehabilitasi dan konservasi hutan, cara pengembangan kehutanan masyarakat dan membuat rekomendasi terkait berbagai masalah kehutanan.

Perkuliahan

Mahasiswa Jurusan Manajemen Hutan dalam perkuliahannya akan mendapatkan materi-materi yang berhubungan dengan kehutanan yang dapat meliputi namun tidak terbatas pada:
  • Teori, prinsip dan metode biologi, fisika, ekologi, manajemen, bisnis, ekonomi dan sosial yang diperlukan dalam pengelolaan hutan secara lestari berbasiskan ekosistem. 
  • Teori dan teknik inventarisasi sumber daya hutan serta analisis kuantitatif untuk merencanakan pengelolaan hutan secara lestari berbasis ekosistem.
  • Teori dan aplikasi analisis kuantitatif dan kualitatif dalam penyusuan alternatif skema dan rumusan kebijakan pengelolaan hutan secara lestari.
  • Teori dan aplikasi perumusan alternatif solusi permasalahan dala pemanfaatan sumberdaya hutan guna mendukung pengelolaan hutan secara lestari.
Baca juga:

Apa saja yang dipelajari ?

Berikut adalah sedikit gambaran tentang mata kuliah dalam jurusan manajemen hutan: Pengantar Ilmu Kehutanan dan Etika Lingkungan, Metodologi Penelitian, Ilmu Ukur Tanah dan Pemetaan Wilayah, Inventarisasi Sumber Daya Hutan, Dasar-dasar Kebijakan Kehutanan, Praktek Pengelolaan Hutan, Teknik Inventarisasi Sumber Daya Hutan, Kebijakan dan Perundang-undangan Kehutanan, Kehutanan Masyarakat, Pemanenan Hutan, Pembukaan Wilayah Hutan, Hidrologi Hutan, Manajemen Hutan, Geomatika dan Inderaja Kehutanan, Pengusahaan Hutan, Pengelolaan Hutan Rakyat, Pengelolaan DAS dan Ekosistem Hutan PKL/KKN, Biometrika Hutan. Penilaian Hutan, Analisis Kebijakan Kehutanan, Operasi Pemanfaatan Hutan, Analisis Biaya Pengelolaan Hutan, Seminar, Skripsi.
Pengetahuan mengenai botani akan sangat mendukung perkuliahan di kehutanan, karena itu jurusan-jurusan di kehutanan sangat direkomendasikan bagi calon mahasiswa yang sangat menggemari biologi, khususnya botani.

Mata kuliah yang sangat potensial untuk masa depan di jurusan manajemen hutan ini adalah Sistem Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh, karena itu jika teman-teman masuk jurusan ini, pastikan bisa menguasai dengan sangat baik tentang SIG dan Inderaja.
Baca juga:

Prospek Kerja

Lulusan Jurusan Majemen Hutan diproyeksikan mampu bekerja sebagai manajer, fasilitator, entrepreneur dan pengelola dn lahan (lingkungan). Kemampuan tersebut dapat diterapkan diberbagai bidang pekerjaan seperti berikut:

Pegawai Negeri Sipil
Lulusan Jurusan Manajemen Hutan dapat bekerja di berbagai institusi pemerintahan seperti Departemen Kehutanan, Departemen Lingkungan Hidup, BPN, Departemen Keuangan, Bappenas, Konsultan, Kepolisian (karier preofesi), Dinas-dinas Teknis di Pemerintahan daerah (Dishut, BAppeda, dll.),

Bidang BUMN dan Swasta
BUMN yang memerlukan pegawai dari Manajemen Hutan misalnya Perhutani, Inhutani, dan Perkebunan Nusantara. Pekerjaan di BUMN untuk lulusan Manajemen Hutan biasanya akan sangat mengandalkan kemampuan penggunaan SIG dan Inderaja, namun tentu saja tidak terbatas pada pengetahuan tersebut.
Di sektor swasta, lulusan jurusan Manajemen hutan dapat bekerja di perusahaan-perusahaan kehutanan seperti PT. Hanurata, PT. Gunung Gajah Abadi, PT. Sari Bumi Kusuma Delang, PT. Adimitra Lestari, PT. Graha Sentosa Permai, PT Kandelia Alam, PT. Bima Ovivipari Semesta, PT Sumalindo Lestari Jaya, PT Wanasokan Hasilindo dan berbagai perusahaan lainnya. Sektor perbankan juga sangat terbuka untuk lulusan Manajemen Hutan karena kehutanan lulusan jurusan ini dibekali kemampuan analisis yang relatif baik baik, baik analisis kuantitatif maupun kualitatif.

Lembaga Swadaya Masyarakat
Di kebanyakan Lembaga Swadaya Masyarakat mungkin sangat mudah menemukan lulusan Manajemen Hutan bekerja disana. Hal ini sangat wajar karena dengan kondisi hutan Indonesia yang sangat kritis sangat membutuhkan sentuhan relawan-relawan dari LSM, terutama dari bidang kehutanan. Lulusan jurusan kehutanan dapat berkerja di LSM baik sebagai pendamping ataupun fasilitator masyarakat lokal, badan penelitian di tingkat nasional (LIPI, BPPT, dll.) maupun internasional (CIFOR, ICRAF, dll.).

Bidang lain yang dapat digeluti oleh lulusan jurusan manajemen hutan misalnya konsultan kehutanan, konsultan lingkungan dan lain sebagainya.

Demikianlah sedikit gambaran ringkas tentang jurusan manajemen hutan di Indonesia, semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua, terutama teman-teman yang sedang bingung menentukan jurusan yang akan dipilih di bangku perkuliahan.
Baca juga:
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 comments:

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger