logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Manajemen Waktu Mahasiswa

Ada mahasiswa yang tenggelam dalam kesibukan perkuliahan sehingga kurang  menikmati masa-masa kuliahnya, ada juga mahasiswa yang tenggelam dalam kegiatan "luar kampus" sehingga studinya agak terganggu. Masing-masing punya pilihan dengan hidupnya dan apa yang dinikmatinya. Tapi, bagaimana kalau Anda bisa berprestasi baik didalam maupun di luar perkuliahan? Manajemen waktu adalah kunci utama untuk sukses dalam hidup, apalagi bagi seorang mahasiswa yang memiliki waktu yang sangat terbatas karena terikat dengan berbagai kesibukan kampus. Berikut ini adalah beberapa tips mengatur waktu yang bisa Anda gunakan untuk  Anda sehingga Anda bisa lebih bisa menikmati waktu dengan tetap berprestasi.

Ketahui pengelolaan waktumu saat ini
Untuk mulai memanajemen waktumu, pertama kamu dapat memetakan bagaimana selama ini kamu menghabiskan waktu dalam satu minggu. Dengan itu kamu bisa mendapatkan ide yang lebih baik untuk merencanakan alokasi waktu untuk masing-masing kegiatan yang menjadi rutinitasmu selama seminggu.  Dari mempelajari hal tersebut kamu dapat mengetahui dibagian kamu menghabiskan waktu kamu secara tidak produktif atau sia-sia.

Rumus jam belajar
Kini saatnya kamu mengatur berapa lama kamu harus belajar dalam satu minggu untuk masing-masing mata kuliah yang kamu ambil agar bisa mendapatkan nilai A untuk masing-masing mata kuliah. Kamu dapat mengkategorikan mata kuliah yang kamu ambil menjadi kelas yang mudah, kelas yang sedang, dan kelas yang sulit. Untuk kelas yang mudah, belajarlah 2 jam untuk setiap jam di kelas. Penjelasannya, jika mata kuliah A memiliki waktu kelas selama 2 jam, maka dalam satu minggu kamu belajar di luar kelas (mandiri) selama 2 x 2 jam = 4 jam. Selanjutnya untuk kelas yang sedang belajar 3 kali perjam kelas, dan kelas yang sulit selama 4 jam perjam kelas.

Buat jadwal harian
Kamu dapat menggunakan buku agenda, poster jadwal harian (banyak dijual), atau kartu jadwal harian. Realistislah terhadap berapa banyak SKS kuliah yang kamu ambil, jangan berlebihan karena bisa berdampak buruk terhadap nilai dari setiap mata kuliah yang kamu ambil. Cobalah untuk sedikit demi sedikit mematuhi jadwal tersebut, karena memang akan sulit sekali pada awalnya.

Jangan jadi perfeksionis
Tidak ada orang yang sempurna, jadi jangan memaksakan diri untuk menjadi sempurna. Seringkali pikiran untuk melakukan atau membuat sesuatu yang sempurna menjadi alasan kita untuk menunda-nunda pekerjaan yang selanjutnya malah menjadi penyebab waktu kita tidak produktif. Kamu perlu untuk membuat sebuah tujuan yang secara realistis dapat dicapai, tapi tujuan tersebut harus menantang dan tidak sekedar tujuan yang dengan mudah dapat dicapai. Banyak orang diluar sana yang mungkin lebih kuat atau lebih lemah dari kamu.

Belajarlah untuk mengatakan tidak
Misalnya kamu sudah membuat jadwal malam ini untuk belajar dan besok malam untuk nonton bioskop dan jalan dengan teman-teman, lalu tiba-tiba teman-temanmu yang lain datang untuk mengajak kamu menonton film pada malam ini. Kamu harus berani mengatakan tidak karena malam ini kamu berencana untuk belajar. Walupun ada kemungkinan teman-temanmu akan kecewa, tapi masa depan kita lebih penting.

Membuat prioritas terhadap atas tanggung jawab dan janji sangat penting. 
Beberapa orang tidak tahu bagaimana memprioritaskan urusannya dan menjadi penunda. Buatlah sebuah daftar "hal yang akan dilakukan" untuk membantu membuat prioritisasi. Salah satu cara memprioritisasikan  urusan kita adalah dengan sistem ABC dimana kita membuat  tiga seksi berdasarkan tingkat kepentingannya. Item yang yang ditempatkan pada kolom A adalah urusan yang harus diselesaikan pada hari ini, kolom B untuk diselesaikan dengan cara kekeluargaan.


Gabungkan beberapa kegiatan

Saran lain adalah untuk menggabungkan beberapa kegiatan dalam satu tempat dan waktu. Misalnya mendengarkan rekaman perkuliahan saat berada dalam kendaraan ke kampus, membaca saat menunggu antrian di bank atau loket pembayaran listrik dan pdam atau speedy. Paling tidak kamu dapat menambah satu atau dua jam belajar yang dapat digunakan untuk mengulas bahan-bahan yang kamu dapat di kelas.


Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger