logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Jurusan Kuliah Software Engineer

Bidang komputer adalah salah satu bidang ilmu yang paling cepat perkembangannya pada saat ini. Gaya hidup manusia yang semakin tidak terpisahkan dari dunia digital menjadikan dunia komputer (mungkin) sebagai salah satu bisnis terbesar di dunia, sebut saja Google, Microsoft, Adobe dan lain sebagainya. Bidang bisnis yang besar tentu melibatkan banyak orang dengan kemampuan yang sangat beragam juga. Karena itu, karir dalam dunia komputer menjadi sangat menjanjikan. Salah satu karir yang sangat (mungkin dapat dikatakan paling) menjanjikan adalah Software Engineer.

Software Engineer adalah salah satu karir yang paling dibutuhkan saat ini, karir yang paling menjanjikan di seluruh dunia. Seorang Software Engineer harus memiliki keterampilan matematika yang tinggi, yang memungkinkan mereka untuk menulis algoritma kompleks yang diperlukan untuk mengembangkan perangkat lunak. Mereka yang membuat desain aplikasi membangun perangkat lunak (program) yang akan digunakan oleh orang lain yang tidak memiliki latar belakang pemrograman.

Contoh aplikasi meliputi pengolah kata atau database. Individu dalam bidang kerja komputer ini dapat digunakan oleh perusahaan-perusahaan seperti Microsoft atau Adobe untuk mengembangkan paket perangkat lunak ritel. Atau mereka dapat bekerja  untuk bisnis umum (atau sebagai konsultan untuk sebuah bisnis umum ) di mana mereka mengembangkan  perangkat lunak berpemilik atau menyesuaikan paket ritel untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang spesifik .

Sebagai contoh, mereka dapat bekerja dengan database administrator sebuah perusahaan untuk menyediakan pondasi bagi aplikasi guna melacak persediaan, penagihan, penggajian, dan pendapatan perusahaan dan biaya. Mereka juga dapat bekerja dengan seorang pengembang web untuk membangun sebuah program yang akan diakses secara online .

Adalah tugas bagi profesional bidang ini untuk membuat aplikasi yang user-friendly dan efisien sehingga karyawan bisa bekerja seproduktif mungkin. Pelatihan karyawan untuk menggunakan aplikasi ini juga harus dilakukan langsung oleh si perancang software. Perangkat lunak ini harus dirancang sesuai dengan keterampilan yang telah dimiliki oleh pengguna akhir, dengan kata lain, transisi dari satu sistem kerja ke sistem lain seharunya menjadi proses yang mudah.

Seorang Software Engineer aplikasi harus bisa bekerja dalam berbagai bahasa pemrograman, seperti C++, Java, HTML dan JavaScript. Selain aplikasi PC, Anda dapat merancang aplikasi untuk perangkat komputer lainnya seperti ponsel, sistem keamanan dan video game .

Seorang Software engineer bekerja dengan berbagai bidang spesialisasi  lainnya seperti profesional bisnis, administrator jaringan dan spesialis keamanan jaringan untuk mengembangkan perangkat lunak untuk membangun, memelihara dan memperluas infrastruktur komputer perusahaan.

Contoh perangkat lunak yang mungkin Anda kembangkan adalah sistem operasi, protokol jaringan, device driver dan compiler. Semua jenis perangkat lunak ini akan memudahkan menjalankan aplikasi. Sistem operasi, seperti Microsoft Windows, Mac OS atau sistem proprietary Linux, menjalankan aplikasi pada PC atau Mac. Protokol jaringan memungkinkan perangkat untuk mengidentifikasi dan membuat hubungan satu sama lain. Contoh dari protokol internet HTTP, dan protokol routing yang umum adalah EIGRP (Enhanced Interior Gateway Routing Protocol ) . Device driver memungkinkan perangkat seperti kamera digital atau flash drive akan dikenali oleh komputer Anda ketika mereka terhubung. Compiler menerjemahkan kode sumber dalam bahasa seperti C + + atau Visual Basic ke dalam kode biner sehingga dapat berinteraksi dengan perangkat lunak yang dibangun dalam bahasa pemrograman yang berbeda .

Seorang programmer komputer, yang dapat dibandingkan dengan builder, sangat erat kaitannya dengan seorang Software Engineer, yang berperan seperti arsitek. Software engineer bekerja dengan manajemen sebuah organisasi untuk merancang perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang spesifik, di mana programmer melaksanakan instruksi pemrograman yang dikembangkan oleh Engineer. Namun, dalam industri komputer, garis pembeda antara jalur karir yang berbeda telah menjadi kabur dalam beberapa tahun terakhir.

Individu dalam karir komputer ini tidak hanya perlu tahu bagaimana menjadi arsitek, tetapi mereka juga perlu tahu bagaimana untuk memprogram dan melakukan fungsi lainnya yang dapat mereka lakukan dalam cara yang regular. Hal ini juga membantu jika Anda memahami fungsi dasar bisnis, seperti jenis-jenis informasi apa yang dibutuhkan dan disimpan, sebagaimana sebuah bisnis membuat uang .

Cakupan kerja seorang individu yang bekerja di salah satu dari banyak karir dalam bidang komputer tergantung pada ukuran organisasi tempat ia bekerja. Jika Anda bekerja untuk sebuah organisasi besar, Anda akan cenderung untuk mendapat peran bisnis yang lebih sempit, tetapi Anda lebih mungkin untuk melakukan banyak fungsi lainnya dalam sebuah organisasi yang lebih kecil.

Selain bekerja dengan sistem berbasis PC, seorang insinyur perangkat lunak sistem dapat mengembangkan perangkat lunak untuk sistem komputer lain, seperti yang ditemukan di perangkat mobile, mesin mobil atau peralatan jalur perakitan.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger