logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Membuat Makalah Karya Tulis Ilmiah

Menulis adalah salah satu kegiatan yang akan sangat sering dilakukan oleh seorang pelajar yang baru saja berstatus mahasiswa. Bisa dikatakan hampir setiap mata kuliah yang diambil seorang mahasiswa akan memberikan setidaknya satu tugas menulis, bisa dalam bentuk sebuah makalah studi kasus, bisa juga dalam bentuk laporan praktikum. Karena itu penting sekali untuk menguasai teknik penulisan yang baik agar anda mendapatkan nilai yang baik. Pertanyaannya, bagaimana cara menulis yang baik?

Terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi sebuah tulisan untuk dapat dikatakan baik, mungkin sebagiannya agak subjektif, tapi tetap ada beberapa aturan yang berlaku universal. Salah satu aturan tersebut adalah Format atau Sistematika Penulisan. Setiap institusi memiliki format penulisan sendiri, untuk makalah tugas kuliah, biasanya format tulisan mengikuti kebijakan dosen yang bersangkutan. Karena itu pastikan anda menulis sesuai dengan format seperti yang dikehendaki dosen. Kadang-kadang ada mahasiswa yang kurang mendengarkan dosen memberikan penjelasan, lalu saat menulis dia membuatnya seenak hati. Jangan jadi mahasiswa seperti itu.

Format penulisan memang bisa sangat berbeda-beda, tapi ada setiap makalah biasanya mengkuti format universal yang sangat umum digunakan dalam sebuah makalah dan semua tulisan, yaitu bagian pendahulun, bagian isi  (metode, tinjauan pustaka dan hasil dan pembahasan), dan bagian penutup.

Bagian Pendahuluan

Bagian pendahuluan biasanya memuat Latar Belakang dan Tujuan, selain kedua bagian ini, bisa juga ada bagian kerangka pikir, hipotesa dan manfaat penelitian.

Latar Belakang

Latar belakang berisi uraian singkat tentang mengapa penulisan atau penelitian perlu dilakukan. Uraian dapat disampaikan dengan menuliskan fakta, keunikan dan masalah atau pendapat yang mendasari penelitian atau penulisan tersebut dengan didukung telaah pustaka.

Perumusan masalah

Berdasarkan latar belakang dan kerangka pikir, masalah yang akan dibahas di rumuskan secara jelas dan fokus pada kata kunci utama yang unik.

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian adalah pernyataan singkat tentang tujuan yang akan dicapai dari penelitian atau penulisan tersebut sebagai upaya pemecahan masalah. Tujuan penulisan sebaiknya ditulis dalam bentuk point-point singkat.

Alur pikir penelitian atau penulisan

Alur pikir penelitian adalah semacam konsep penulisan yang menggambarkan karya tulis secara utuh dari awal hingga akhir, bisa dalam bentuk flow chart.

Tinjauan Pustaka

Tinjauan pustaka memuat literatur-literatur yang berhubungan dengan masalah yang sedang dibahas. Pustaka yang digunakan bisa berhubungan dengan pokok permasalahan, literatur tentang masalah yang sama, tentang teori yang berhubungan metode yang digunakan, dll.
Biasanya pelajar atau mahasiswa menulis tinjauan pustaka dengan panjang lebar, mungkin untuk menambah "ketebalan" makalah yang dibuatnya. Sebaiknya hindari melakukan ini, memanjangkan tinjauan pustaka hanya akan membuang waktu atau menjadikannya tampak asal tebal dan selesai.
Sebagian dosen atau institusi mungkin memiliki kebijakan untuk meniadakan bab tinjauan pustaka karena literatur bisa dipaparkan langsung pada item lain seperti misalnya pada bagian metode.

Metode

Metode berisi cara apa yang digunakan oleh penulis untuk mendapatkan data dan bagaimana tulisan itu dibuat, jadi sangat tergantung dengan tema apa yang sedang ditulis.
Bagian metode juga bisa didukung oleh literatur. Biasanya tugas-tugas kuliah berupa makalah menggunakan metode studi literatur, atau mengumpulkan literatur dari berbagai sumber untuk dirangkum menjadi satu karya tulis sesuai tujuan si penulis.

Hasil dan Pembahasan

Hasil dan pembahasan adalah isi utama dari suatau makalah atau tulisan ilmiah, biasanya keduanya digabungkan menjadi satu bab sendiri. Hasil dan pembahasan berisi hasil-hasil penelitian jika makalah yang dibuat adalah makalah hasil penelitian, bisa juga berisi rangkaian ide yang didukung oleh berbagai sumber pustaka.
Nilai terbesar suatu karya tulis ilmiah atau makalah berada pada bagian hasil dan pembahasan, karena itu kerjakan bagian ini dengan sebaik mungkin. Kerahkan semua kemampuan merangkai kata untuk menulis bagian ini. Usahakan untuk menggunakan sumber literatur primer dalam membahas suatu permasalahan.

Penutup

Bagian penutup terdiri dari kesimpulan dan saran. Perlajar atau mahasiswa sering salah kaprah pada bagian penutup, kebanyakan bingung apa kesimpulan dari tulisan mereka? apa saran yang akan diberikan?

Kesimpulan

Sebenarnya kesimpulan sangat mudah dibuat, anda hanya perlu melihat ke tujuan penelitian atau tulisan yang sedang dibuat. Kesimpulan berisi jawaban-jawaban atas tujuan-tujuan yang ingin dicapai. Jika ada empat tujuan tertera pada pendahuluan, maka ada empat kesimpulan ditulis pada bagian penutup. Jadi bagian kesimpulan juga ditulis dalam bentuk point-point seperti tujuan, namun isinya adalah ringkasan hasil dan pembahasan yang menjawab tujuan penelitian atau penulisan.

Saran

Saran berisi tentang hal-hal yang direkomendasikan kepada berbagai pihak yang berhubungan dengan isu yang dibahas dalam makalah tersebut, bukan sarang untuk diri sendiri atau teman-teman sekelas.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang cara membuat makalah karya tulis ilmiah yang berhubungan dengan format. Masih sangat banyak hal yang perlu dibahas tentang menulis makalah, tapi untuk saat ini sampai disini dulu. In sya Allah akan kita lanjutkan pada waktu lainnya. Kepada rekan-rekan yang ingin menanggapi atau ada pertanyaan, silahkan tuliskan di kolom komentar dibawah. Sebisa mungkin akan kami tanggapi. Salam.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger