logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

5 Prospek Karir Jurusan Kuliah Geografi

jurusan kuliah geografi

Apakah kamu tertarik untuk mempelajari Geografi(geography)? Banyak hal menarik dalam ilmu geografi misalnya tentang gunung berapi, jalan-jalan di lapangan atau peta. Untuk yang senang jalan-jalan, jurusan ini akan sangat menyenangkan. Tidak hanya tentang perkulihannya, sebenarnya ada banyak sekali karir keren di bidang geografi yang bisa dipilih seorang lulusan jurusan geografi.
Mengkombinasikan ilmu sosial dan fisik, geografi membahas bagaimana kita mempengaruhi lingkungan kita dan bagaimana lingkungan kita mempengaruhi kita. Subjek biasanya dibagi menjadi dua bidang utama:
  • Geografi fisik, yang berhubungan dengan iklim, atmosfer, tanah, sungai, bentang alam, dan samudra.
  • Geografi manusia, yang berfokus pada orang, budaya, dan migrasi.

Bagaimana prospek karir geografi?

Kamu mungkin bertanya-tanya apa karir geografi yang bisa dijalani setelah lulus kuliah. Jika mahasiswa jurnalistik bisa menjadi jurnalis dan mahasiswa hukum memiliki kesempatan untuk menjadi pengacara, pekerjaan apa yang dilakukan lulusan geografi ? Apakah mereka menjadi ahli geografi?
Jawabannya, kira-kira semacam itulah.
Ahli geografi dapat memilih untuk mengambil spesialisasi di bidang geografi tertentu, seperti pemetaan ("kartografi") atau meneliti pertumbuhan populasi. Ada sejumlah besar pilihan pekerjaan yang bisa diambil lulusan jurusan kuliah geografi. Jadi apa sebenarnya pilihanmu?
'Karir di bidang geografi mulai dari jurnalisme dan hukum hingga peramalan cuaca dan arsitektur'
Lanjutkan membaca ini hingga selesai, simak daftar karir bidang geografi yang keren yang mungkin akan membantu Kamu:

1. Wartawan

Jika saya ingin menjadi penulis saya harus belajar jurnalistik atau media kan? Salah. Hal yang hebat tentang jurnalisme adalah ada banyak bidang dan bidang keahlian yang berbeda. Dari politik ke olahraga, jika Kamu memiliki pengetahuan tentang subjek, Kamu cukup berkualitas untuk menulis tentang topik ini.
Tapi bagaimana tepatnya hal itu berhubungan dengan gelar geografi (geography)? Meskipun mungkin terdengar berbeda secara drastis, jurnalistik dan geografi sangat penting dalam penelitian. Terlebih lagi, geografi mungkin benar-benar membantu Kamu lebih menonjol dibandingkan banyak orang lainnya. Sementara (hampir) semua siswa jurnalistik dapat menulis dengan jelas, tidak semua orang tahu tentang erosi tanah atau pemanasan global.
Jika Kamu memiliki kualifikasi geografi dan bakat untuk menyusun kata-kata, kamu dapat menggunakannya untuk fokus pada topik yang berhubungan langsung dengan geografi? Cinta menjelajahi budaya lain? Kamu bisa menjadi penulis perjalanan. Terpesona oleh isu perubahan iklim dan lingkungan? Kamu bisa menjadi seorang jurnalis sains.

2. Pengacara lingkungan

Apakah Kamu tertarik dengan permasalahan  lingkungan? Mungkin Kamu khawatir tentang jejak karbon yang ditinggalkan manusia di planet kita. Jika demikian, Kamu mungkin harus mempertimbangkan pekerjaan ilmu lingkungan di area seperti hukum ..
Pengacara lingkungan biasanya berfokus pada hal-hal seperti pengendalian iklim, sumber energi, polusi, dan tanggung jawab sosial perusahaan (yang memastikan berbagai perusahaan untuk mengelola dampak yang mungkin terjadi terhadap lingkungan atau sekelompok orang).
Selain gelar sarjana hukum, mereka yang ingin menempa karir di bidang ini akan membutuhkan gairah yang dapat mendorongnya, keterampilan riset yang kuat dan kemampuan untuk menganalisis dan menafsirkan data yang kompleks. Berbagai hal tersebut adalah hal yang akan Kamu pelajari dalam geografi, yang bisa menjadikannya batu loncatan yang sempurna untuk pekerjaan ilmu lingkungan.

3. Peramal cuaca

Menjadi peramal cuaca lebih dari sekedar meramalkan hujan dan membuat gerakan tangan di depan layar biru di TV. Dan, untungnya, gelar geografi seringkali bisa membantu dengan aspek pekerjaan yang lebih rumit. Misalnya, peramal cuaca sering menggunakan pengetahuan geografis mereka (pola cuaca dan meteorologi) untuk menafsirkan sistem cuaca lokal dan global. Plus, mereka sering mengandalkan soft skill mereka (komunikasi dan analisis data) untuk membantu menyajikan laporan cuaca dengan cara yang mudah dimengerti.

4. Membuat model bencana alam (Catastrophe modeller atau emergency planner), 

Profesi yang satu ini mungkin terdengar keren? Bagaimana menurut kamu? Apakah kamu adalah tipe orang yang memiliki kebanggaan dalam membuat rencana untuk situasi yang buruk dan tetap tenang saat terjadi krisis? Mungkin kamu tertari k dengan angin topan, gempa bumi, atau bahaya alam lainnya? Kamu bisa menjadi perencana keadaan darurat yang hebat atau istilah kerennya catastrophe modeller.
Perencana keadaan darurat umumnya memainkan peranan penting dalam perencaan dan respon terhadap bahaya yang mengancam keamanan publik. Dengan menilai risiko, analisis data dan melaksanakan latihan tanggap bencana, perencana keadaan darurat dapat membantu oran-orang untuk bersiap untuk kondisi-kondisi tidak terduga seperi bencana alam dan epidemi global.
Catastrophe modellers , disisi lainnya bertanggung jawab dalam penggunaan data dan kalkulasi komputer untuk membantu membuat perkiraan kejadian bencana alam.

5. Arsitek lansekap

Hanya karena Kamu memiliki kualifikasi berbasis sains, tidak berarti Kamu tidak bisa mengejar karir yang kreatif. Jika Kamu mencari pekerjaan yang harus dilakukan dengan geografi yang menyertakan elemen desain, arsitektur lansekap adalah jawabannya.
Arsitek lanskap bertanggung jawab untuk membantu merancang lingkungan luar yang lestari seperti taman, cagar alam dan lanskap industri. Siapa bilang sains tidak bisa kreatif ?!
Itulah 5 pekerjaan keren yang bisa kamu kejar setelah selesai kuliah di jurusan ilmu geografi. Perlu diingat apapun pilihanmu untuk kuliah, jalanilah dengan selalu bersemangat.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger