logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

10 Alasan Utama Menjadi Arsitek Lanskap

arsitektur lanskap; desain lanskap; perencanaan dan manajemen lanskap; estetika lanskap
Arsitektur lanskap belum termasuk jurusan kuliah yang dikenal secara luas di Indonesia, tetapi jurusan ini memiliki potensi peran yang sangat besar dalam keberlangsungan lingkungan manusia di masa depan. Tapi apa sebenarnya Arsitektur lanskap itu?

Lanskap adalah apa yang Anda hadapi saat Anda keluar dari rumah Anda, termasuk didalamnya adalah lingkungan perdesaan, lingkungan perkotaan. Sedangkan Arsitektur Lanskap adalah ilmu yang membahas bagaimana menghubungkan ekosistem alami bumi dengan manusia sebagai penghuninya dengan tetap menjaga kulitasnya dan meningkatkan nilai estetisnya. Arsitek lanskap adalah pemikir yang dapat berperan dalam penanganan isu global seperti perubahan iklim, kekurangan air, komunitas berkelanjutan dan pencegahan kelaparan. Mereka adalah pemimpin yang alami dengan kemampuan untuk berkomunikasi dengan berbagai profesi lain dan memimpin proyek multidisiplin.

Dengan peran seperti yang dijelaskan di atas, profesi arsitek lanskap adalah sebuah pilihan karir yang hebat, berikut ini adalah 10 alasan kenapa kamu ingin menjadi seorang arsitek lanskap.

10. Menantang diri sendiri

Dimana lagi Anda bisa menjadi seorang ahli lingkungan pada satu waktu dan menjadi seorang seniman pada waktu lainnya. Lanskap arsitektur telah berubah setelah Olmsted dan Vaux yang mendesain Central Park pada tahun 1863. Kesempatan untuk menjadi bagian dari perubahan telah tiba dan membuat sebuah perbedaan pada komunitas Anda secara lokal maupun global tentu merupakan hal yang menarik.

9. Menempatkan nilai pada lanskap

Arsitek lanskap adalah "pembela" bagi lingkungan itu sendiri. Berhubungan dengan konservasi, arsitek lanskap seringkali harus berdiri sendiri dan menjadi duta lingkungan selama proses desain, konstruksi dan perawatan sebuah proyek. Sebagai profesi yang bisa dikatakan baru, nilai dari komponen lanskap dalam sebuah proyek semakin di sadari.

8. Menjadi seorang pemimpin

Terus berhadapan dengan inovasi, arsitek lanskap memiliki kesempatan untuk memimpin banyak proyek secara global. Jika Anda mempertimbangkan untuk bekerja dengan sebuah tim arsitek, arsitek interior (desain interior), teknik sipil dan banyak profesi terkait pembangunan lainnya, maka Arsitek lanskap dapat menjadi satu yang terbaik untuk menjadi pilihan karir Anda.
Baca juga: Perkuliahan dan Prospek Kerja Jurusan Arsitektur

7. Innovasi

Ide awal terbesar dari dunia Arsitektur lanskap adalah ide dari Olmsted dan Vaux pada tahun 1863 yang menghasilkan Central Park di kota New York. Arsitektur lanskap mendorong kreatifitas menguatkannya. Banyak contah taman-taman dengan desain yang indah yang dapat kita lihat pada saat ini merupakan hasil dari karya arsitektur lanskap.

6. Kombinasi dari lingkungan, seni dan ilmu pengetahuan

Profesi multifaset ini tidak hanya berfokus pada satu wilayah tertentu! Jika Anda mencari jurusan dengan beragam peluang kerja, maka arsitektur lanskap adalah salah satu pilihan Anda. Berbagai proyek yang dilakukan oleh arsitek lansekap cukup mengejutkan. Misalnya  perencanaan taman induk Olimpiade, penelitian lingkungan, pelestarian taman nasional, merancang public square dan desain rumah tinggal.
Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

5. Edukasi

Sebagai seorang arsitek lansekap profesional, Anda harus berbagi pengetahuan! Tunjukkan kepada orang lain tentang pentingnya arsitektur lansekap sebagai lebih dari sekedar sebuah pemikiran ketika bangunan sudah didirikan, tetapi sebagai pemikiran pertama yang bermanfaat. Sensitifitas  keberhasilan proyek hampir selalu langsung berhubungan dengan lanskap. Arsitek lansekap juga memiliki kesempatan untuk menjadi mengajar calon mahasiswa di universitas, memberikan kontribusi bagi dunia akademisi dan meminjamkan keahlian berkaitan dengan hidup yang berkelanjutan dan sehat dalam banyak proyek relawan di negara-negara dunia ketiga. Membantu orang lain belajar dalam kapasitas apa pun tidak hanya baik bagi masyarakat; itu baik juga bagi jiwa.

4. Kekuatan untuk berubah

Pengetahuan adalah kekuatan; lebih jauh lagi pengetahuan adalah kekuatan untuk berubah. Sebagai seorang arsitek lansekap profesional, Anda memiliki kemampuan untuk memberdayakan orang lain di sekitar Anda untuk membuat perbedaan. Arsitek lanskap memiliki kekuatan (dan kewajiban) untuk mengubah bagaimana, kapan, mengapa dan apakah kita harus atau tidak harus mengembangkan, desain, merencanakan dan membangun lanskap.

3. Menanggapi Isu Global

Arsitek lanskap bekerja di garis depan ketika berhadapan dengan isu-isu global seperti, namun tidak terbatas pada, perubahan iklim, pertanian intensif, degradasi lingkungan, kelebihan penduduk dan penipisan sumber daya. Istilah 'berpikir global, bertindak lokal' tentu relevan dengan profesi ini. Arsitek lansekap bekerja dengan isu-isu global melalui berbagai proses termasuk merancang daerah tidak semata-mata bergantung pada mobil untuk transportasi, merancang struktur dengan kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan dan memanfaatkan energi alam dan manajemen praktis air bumi.
Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Geologi

2. Menciptakan komunitas yang sehat

Kebanyakan hal yang dilakukan arsitek lanskap difokuskan pada masyarakat dan menciptakan ruang untuk pertemuan, bermain, aktivitas dan kehidupan. Tidak ada profesi lain yang mencakup semua aspek kehidupan masyarakat dan berusaha untuk memperbaikinya. Tidak hanya struktur yang dibangun, bukan hanya akses jalan atau lahan basah lokal, tetapi interaksi manusia dengan kehidupan yang berkelanjutan. Arsitek lansekap bekerja secara cerdik dengan ideologi untuk membuat masyarakat lebih bahagia, sehat dan lebih mudah. Contohnya termasuk area bermain anak-anak, sistem jalan yang saling berhubungan, jalan samping pengisian air tanah dan regenerasi lingkungan.
Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ilmu Tanah

1. Konservasi

Mungkin alasan yang paling penting untuk menjadi seorang arsitek lansekap adalah untuk menjadi penghubung antara orang dan lanskap. Arsitek lansekap bekerja dengan membuat pedoman, kebijakan dan hukum di suatu tempat sehingga dapat melindungi lingkungan untuk generasi mendatang. Banyak inisiatif lanskap berfokus pada konservasi, dan panduan ini yang memungkinkan masyarakat  untuk menjadi sehat.
Sumber:
landarchs.com
Baca juga:
Fakta Menarik Tentang Arsitektur Lanskap
Prospek Kerja Jurusan Arsitektur Lanskap
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger