logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Jurusan Kuliah Bisnis Internasional

Kuliah Bisnis Internasional

Bisnis Internasional

Jurusan Kuliah Bisnis Internasional adalah salah satu jurusan yang bisa membantu kamu menyalurkan hobi traveling menjelajahi negara lain. Memelajari kebudayaan asing, memelajari masyarakatnya dan berbagai hal lain tentang negara lain. Mungkin kamu harus memelajari fashion yang sedang trending di Cina, makanan yang sedang diminati di Prancis, atau game yang sedang booming di Jepang dan lain sebagainya. Intinya, jurusan bisnis internasional mendorong kita untuk berpikir secara global - dan memahami bagaimana memadukan budaya yang berbeda adalah langkah pertama dalam memahami bisnis internasional.
Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan bisnis internasional belajar bagaimana berpikir secara global tentang dunia bisnis. Mahasiswa jurusan bisnis internasional juga belajar bagaimana mengelola bisnis multinasional dan mengubah perusahaan lokal dan nasional menjadi perusahaan yang sukses secara internasional.
Konsep umum dibahas dalam program Sarjana Bisnis Internasional misalnya pasar negara berkembang, pasar saham, praktek bisnis lintas budaya, peratingan dan aliran uang, pertukaran moneter, politik bisnis, dan praktek bisnis internasional.Studi khusus dan pilihan studi independen, juga tersedia di program tertentu.

Di jurusan bisnis internasional, mahasiswa umumnya akan memelajari bagaimana membuat rencana bisnis yang menggambarkan ide bisnis secara rinci, melatih kepekaan terhadap perbedaan budaya,
memelajari cara menjual produk di seluruh dunia, memelajari budaya bangsa lain, memelajari berbagai bahasa, meneliti pesaing bisnis dan memahami ekonomi internasional. Melaksanakan beberapa tugas sebagaimana disebut sebelumnya akan membuat seorang mahasiswa jurusan bisni internasional menjadi kreatif, fleksibel, dan tertarik dalam bepergian dan belajar tentang budaya lain. Mereka juga akan lebih akrab dengan angka, lebih percaya diri, dan bisa berkomunikasi dengan sangat baik.
Baca juga: Prospek Lapangan Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Perkuliahan Jurusan Bisnis Internasional

Kuliah empat tahun di jurusan bisnis internasional akan terdiri dari berbagai topik yang akan membantu kamu memperoleh pola pikir bisnis yang kuat. Sepanjang kuliah empat tahun, mahasiswa akan mendapatkan keterampilan antarbudaya yang kuat serta memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari banyak proyek internasional. Masa awal perkuliahan, mahasiswa akan menikmati belajar tentang pemasaran, penjualan, dan logistik serta belajar bahasa lain. Mahasiswa juga akan terbiasa dengan konsep pendidikan Design-Based Education, yang memungkinkan siswa mengerjakan berbagai tugas dengan profesional di dunia bisnis.
Baca juga: 5 Alasan Kuliah di Jurusan Bisnis Manajemen
Pada tahap selanjutnya, kamu bisa memperluas pengetahuan belajar bagaimana membuat keputusan bisnis berdasarkan faktor etis dan sosial. Pada masa akhir, mahasiswa akan berpartisipasi dalam mata kuliah minor pilihan dan melakukan magang yang diikuti dengan tugas kelulusan. Alumni telah sukses di berbagai bidang bisnis seperti ekspor, akuntansi dan komunikasi korporat.

Lapangan kerja Jurusan Bisnis Internasional

Jurusan kuliah ini sangat cocok untuk teman-teman yang ingin memiliki karir internasional. Lulusan jurusan kuliah Bisnis Internasional bisa ditemukan di seluruh dunia, mereka bisa  bekerja untuk meningkatkan praktek bisnis di organisasi internasional, organisasi nirlaba, perusahaan investasi, perusahaan multinasional, perusahaan pembiayaan, dan banyak lainnya.
Sebuah Sarjana Bisnis Internasional dapat menempatkan Anda pada jalan menuju karir internasional yang menarik yang potensi pertumbuhan yang besar. Coba lihat melalui program-program di bawah ini untuk menemukan peluang Anda menunggu untuk Anda!
Batas-batas budaya dan perdagangan antar negara-negara di dunia yang semakin kabur, semakin mudahnya perdagangan dan bisnis-bisnis yang melibatkan pemangku kepentingan dari berbagai negara, hingga adanya perjanjian perdagangan yang semakin terbuka seperti MEA dan AFTA menjadi pertanda bahwa dunia semakin mengarah ke perdagangan Internasional. Arah perdagangan dunia tersebut tentu dapat menjadi peluang yang sangat besar untuk lulusan jurusan bisnis internasional.
Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan Bisnis Internasional :

1. Bisnis Export-Import

Export-import telah sejak lama sekali di lakukan oleh berbagai negara di dunia, dan tentu saja Indonesia juga melakukan hal yang sama. Bisnis ini mutlak membutuhkan pemahaman terhadap alur perdagangan antar negara serta peluang-peluang yang menjanjikan di berbagai negara. Bisnis yang satu ini menjanjikan keuntungan yang sangat besar, namun perlu dipahami pula terdapat resiko yang relatif besar pula. Namun dengan kemauan untuk terus belajar, tentu sukses bisa diraih. Untuk bekerja di bidang ini, kamu bisa apply di perusahaan-perusahaan export import yang sudah mapan, jika sudah memahami alur kerja nya, bisa saja kamu mendirikan perusahaan sendiri.

2. Perusahaan Multinasional

Perusahaan Multinasional biasanay merupakan perusahaan besar yang beroperasi di banyak negara. Di Indonesia sangat banyak perusahaan yang bersifat Multinasional, sebut saja Google, Canon, Sony, dan masih banyak contoh lainnya. Lulusan bisnis internasional, teman-teman akan memiliki peluang yang relatif besar untuk bekerja di perusahaan-perusahaan tersebut karena lulusan BI mengerti tentang export-import, bisa bekerja dan menyesuaikan kultur, dan lain sebagainya.

3. Perusahaan Investasi

Perdagangan bebas yang mulai diterapkan di banyak negara tentu saja akan meningkatkan arus barang dan jasa. Baik negara maju maupun negara berkembang selalu membutuhkan modal untuk membuat barang dan jasa yang mereka tawarkan, karena itu negara-negara tersebut membuka peluang investasi yang semakin besar. Bahkan negara-negara di dunia secara tidak langsung bersaing untuk mendapatkan penanaman modal asing. Disinilah perusahaan perusahaan investasi mengambil peranannya, mereka menjadi lembaga yang mengelola investasi dari suatu pihak untuk pihak lain. Lulusan Bisnis Intenasional yang memiliki skill dan pengetahuan di bidang Investasi, Saham, Obligasi dan lain sebagainya memiliki peluang yang besar untuk bekerja di perusahan-perusahaan ini.
Baca juga: Perkuliahan dan Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

4. Organisasi Internasional

Organisasi Internasional dibentuk oleh masyarakat internasional dan bekerja secara internasional untuk kepentingan bersama, umumnya organisasis tersebut bersifat non-profit. Tapi tenang, walaupun non-profit, orang-orang yang bekerja di organisasi tersebut tetap digaji. Ada banyak sekali organisasi internasional yang sudah sangat dikenal di dunia, beberapa yang berhubungan dengan bisnis dan perdagangan misalnya WTO (World Trade Organization), OPEC, APEC dan AFTA. Organisasi internasional lain yang tidak berhubungan langsung dengan bisnis misalnya USAID, AusAID, The Asia Foundation, WWF, The Nature Conservancy, dan sebagainya. Walaupun lembaga-lembaga tersebut tidak berhubungan langsung dengan dunia bisnis, lulusan bisnis internasional dengan skillnya yang berhubungan dengan hubungan antar negara memiliki peluang untuk bekerja di lembaga-lembaga tersebut.
Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Manajemen

5. Perusahaan Modal Ventura

Jika perusahaan investasi beroperasi sebagai perantara Investasi/penanam modal  antara pemilik modal dan pengguna modal, Perusahaan Modal Ventura beraktifitas sebagai penyedia modal untuk perusahaan lain. Perusahaan modal ventura didefinisikan sebagai badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan/penyertaan modal ke dalam Perusahaan lain yang menerima bantuan pembiayaan (investee Company) untuk jangka waktu tertentu dalam bentuk penyertaan saham, pembelian obligasi konversi, dan/atau pembiayaan berdasarkan pembagian hasil usaha.
Beberapa perusahaan modal ventura di Indonesia misalnya: East Ventures, Salah satu perusahaan modal ventura ini telah berdiri dari tahun 2010 dan merupakan perushaan modal ventura pertama yang ada di Indonesia; CyberAgent Venture, perusahaan jepang yang ikut berkontribusi terhadap tokopedia; 500 Startups, pendirinya merupakan beberapa staff penting di beberapa perusahaan besar seperti facebook, paypal dan google. 500 startups adalah salah satu investor di Bukalapak; Fenox Venture Capital, merupakan salah satu perusahaan modal ventura yang cukup terkenal. Menjadi partner Fenox akan dapat menghubungkan perusahaan kita dengan perusahaan di Jepang dan di silicon valley.
Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan

Selain yang disebutkan diatas, banyak prospek kerja lain, misalnya di pemerintahan menjadi PNS. Teman-teman juga bisa membuka usaha sendiri, atau bahkan pekerjaan lain sesuai dengan passion dan keahliannya.
Itulah sekilas tentang jurusan kuliah Bisnis Internasional dan prospek kerjanya, tentu masih banyak pertanyaan yang mungking masih muncul di benak teman-teman tentang jurusan yang mungkin belum terlalu umum di Indonesia ini. Jika memang ada yang ingin ditanyakan, silahkan tuliskan pertanyaannya di kolom komentar di bawah ini. Atau bisa juga kontak kami di page JurusanKuliah.info
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger