logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Perkuliahan dan Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Jurusan akuntansi memiliki peluang lapangan kerja yang luasJurusan Kuliah Akuntansi Ekonomi

Akuntansi - Jurusan kuliah akuntansi adalah salah satu jurusan kuliah bidang IPS yang dulunya dikenal sebagai jurusan tata buku, atau pembukuan. Jurusan akuntansi adalah salah satu cabang dari bidang ilmu ekonomi. Mungkin menurut masyarakat awam, kuliah di jurusan akuntansi selalu membahas tentang uang, padahal kenyataannya tidak. Secara bahasa, akuntasi memiliki pengertian sebagai proses mencatat, mengklasifikasi dan merangkum informasi finansial yang berkaitan dengan semua transaksi dan kejadian di perusahaan serta menyajikannya untuk dipahami oleh penggunanya, baik pihak internal (manajer), maupun eksternal (pemegang saham, calon investor, dll).
Pengertian tersebut menjelaskan bahwa seorang akuntan dalam sebuah perusahaan adalah salah satu orang yang paling tahu dengan kondisi internal perusahaan. Karena itu lulusan jurusan akuntasi bisa mendapatkan bayaran mahal diperusahaan tempatnya bekerja.
Baca juga:

Perkuliahan Jurusan Kuliah Akuntansi

Dalam perkuliahannya, mahasiswa akuntasi akan dibekali pengtahuan tentang ilmu akuntansi, keuangan dan ilmu pengetahuan terkain lainnya, pengetahuan mengenai kegiatan bisnis dan pengorganisasian, serta pengetahuan dan kompetensi di bidang teknologi informasi.
Selain mendapatkan berbagai macam kajian akuntansi, dalam perkuliahannya, mahasiswa jurusan akuntasi akan mendapatkan berbagai macam mata kuliah bidang lain seperti ekonomi, manajemen, dan teknologi informasi.

Setelah menjalani perkuliahannya seorang lulusan jurusan akuntansi diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut: keterampilan intelektual, keterampilan teknik dan fungsional, keterampilan personal, keterampilan interpersonal dan komunikasi dan keterampilan keorganisasian dan manajemen bisnis. Seorang lulusan jurusan akuntasi harus bersikap berdasarkan nilai dan perilaku yang mengarah kepada komitmen untuk: kepentingan publik dan sensitifitas terhadap tanggung jawab sosial; pengembangan diri dan belajar terus menerus; dapat diandalkan, bertanggung jawab, tepat waktu dan saling menghargai; hukum dan peraturan yang berlaku.

Berikut ini adalah gambaran mata kuliah di Jurusan Akuntansi (Universitas Gadjah Mada)
No
Mata Kuliah
Credits
No
Mata Kuliah
SKS
Semester I
Semester II
1.
Pengantar Akuntansi
3
1.
Pengantar Ekonomi 2
3
2.
Pengantar Bisnis
3
2.
Manajemen
3
3.
Pengantar Ekonomi
3
3.
Akuntansi Menengah 1
3
4.
Pengantar Sistem Informasi
3
4.
Bahasa Indonesia
2
5.
Matematika Ekonomi
3
5.
Bahasa Inggris
2
6.
Bahasa Inggris
2
6.
Psikologi Dasar
3
7.
Agama
2
7.
Kewarganegaran
2
8.
Pancasila
2
8.
Hukum Bisnis
2
Total
21
Total
20
Semester III
Semester IV
1.
Financial Management 1
3
1.
Financial Management 2
3
2.
Akuntasi menengah 2
3
2.
Akuntansi Menengah 3
3
3.
Akuntansi biaya
3
3.
Statistik 2
3
4.
Teknologi Sistem dan Informasi
3
4.
Sociology and Politics
2
5.
Komunikasi Bisnis
3
5.
Agama 2
2
6.
Statistics 1
3
6.
Sistem Informasi Akuntansi
3
7.
Indonesian Economy
3
7.
Auditing 1
3
8.
Akuntansi Manajerial
3
Total
21
Total
22
Semester V
Semester VI
1.
Analisis dan Desain Sistem
3
1.
Metodologi Penelitian Akuntansi
3
2.
Akuntansi Sektor Publik
3
2.
Etika Bisnis dan Profesi
3
3.
Praktikum Akuntansi
1
3.
Akuntansi Lanjut 2
3
4.
Perpajakan
3
4.
Teori Akuntansi
3
5.
Akuntansi Lanjut I
3
5.
Mata Kuliah Pilihan
3
6.
Sistem Kontrol Manajemen
3
6.
Mata Kuliah Pilihan
3
7.
Auditing 2
3
7.
Mata Kuliah Pilihan
3
8.
Mata Kuliah Pilihan
3
Total
22
Total
21
Semester VII
Semester VIII
1.
Mata Kuliah Pilihan
3
1.
Praktek Kerja Lapangan
3
2.
Mata Kuliah Pilihan
3
2.
Skripsi
6
3.
Mata Kuliah Pilihan
3
3
Sidang Akhir
0
4.
Mata Kuliah Pilihan
3
Total
12
Total
9


Prospek Kerja

Prospek kerja bagi lulusan jurusan akuntansi sangat luas baik di sektor pemerintahan maupun swasta. Berikut adalah gambaran peluang kerja lulusan jurusan akuntansi.

Tenaga pendidik

Seorang lulusan jurusan akuntansi bisa melanjutkan estafet keilmuan akuntansi dengan mejadi dosen di perguruan tinggi, namun untuk menjadi dosen, seorang sarjana akuntansi harus melanjutkan studinya di program magister. Lulusan jurusan akuntasi juga memiliki peluang untuk bekerja sebagai guru di sekolah-sekolah negeri atau sekolah menengah kejuruan.

Pegawai Negeri Sipil

Hampir dalam setiap pembukaan lowongan CPNS tiap tahunnya, ada formasi yang tersedia untuk lulusan jurusan akuntasi. Hal ini dikarenakan hampir semua instansi pemerintah membutuhkan lulusan jurusan ini untuk menangani urusan keuangannya. Untuk instansi pemerintah yang paling banyak membutuhkan lulusan jurusan akuntansi adalah Kementrian Keuangan dan Dirjen Perpajakan.
Baca juga:

Sektor Swasta, BUMN, dan organisasi non pemerintah

Sama halnya dengan instansi pemerintahan, semua BUMN, perusahaan swasta dan organisasi non pemerintahan membutuhkan jasa seorang akuntan untuk menangani urusan keuangan. Jumlah uang yang besar dengan ragam penggunaan yang kompleks tentu sangat beresiko jika dikerjakan oleh orang yang kurang paham dengan akuntansi, karena itu lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan. Karena hal ini pula kenapa jurusan ini termasuk salah satu jurusan dengan lapangan kerja paling luas di Indonesia.
BUMN dan sektor swasta yang menjadi peluang lapangan kerja utama bagi lulusan jurusan akuntasi adalah bank-bank milik pemerintah seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, serta bank-bank swasta seperti BCA, Ekonomi,  Muamalat dan lain sebagainya.

Kantor Akuntan Publik

Secara umum Lulusan Program Studi Sarjana Akuntansi dapat berkarir sebagai Junior Auditor di Kantor Akuntan Publik; Analis sistem / proses bisnis dan  Pengembang Sistem Informasi Akuntansi dan serta manajer tingkat pertama di bidang Akuntansi. Lulusan jurusan akuntansi juga bisa mendirikan kantor Akuntan Publik jika sudah memiliki pengalaman yang cukup banyak.
Baca juga:

Wirausaha

Tidak ada batasan bagi lulusan jurusan akuntasi untuk masuk kebidang-bidang lain di dunia usaha. Karena itu lulusan jurusan ini bisa saja membuka usaha wiraswasta apa saja yang sesuai dengan minatnya dan tidak melanggar hukum.

Demikianlah sedikit uraian kami tentang perkuliahan dan prospek kerja jurusan akuntansi. Jurusan kuliah ini termasuk salah satu jurusan bidang IPS dengan prospek kerja yang cukup menjanjikan di masa depan, karena itu jangan khawatir jika anda ingin masuk ke jurusan akuntasi.
Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca. Kritik, saran dan masukan sangat kami harapkan untuk perbaikan dan pengembangan blog informasi jurusan kuliah ini. Silahkan masukkan tanggapan-tanggapan atau pertanyaan anda ke dalam kolom komentar di bawah.
Sumber: jurusankuliah.tumblr.com - www.unpad.ac.id
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

6 comments

Saya tertarik dengan tulisan anda
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Teknologi Sistem Informasi yang bisa anda kunjungi di http://ps-tsi.gunadarma.ac.id/

Balas

Jurusan akuntansi memang prospek kedepannya menjanjikan sekali yamas, mengingat semua instalansi juga pastinya akan membutuhkan akuntan.

Balas

Terima kasih atas artikelnya

Balas

Apakah seseorang yang background pendidikannya MIPA bisa mengambil jurusan akutansi?

Balas

Bisa banget Rahima Nisa, Banyak mahasiswa yang meneruskan jenjang s2 dengan background berbeda jurusan. tinggal individunya aja dapat menjalani atau tidak.

Balas

Adakah cara, tips & trik mengikuti tes interview untuk bidang akuntansi?
terima kasih

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger