logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

6 Cara Mudah Meningkatkan Kreatifitas

Kalau mau jadi orang kreatif, kita harus menjadi seorang seniman atau memiliki karir di bidang musik untuk memiliki keterampilan kreativitas yang hebat, betulkah? Tidak! Siapa pun dapat mengembangkan keterampilan kreativitas yang brilian, dan itu tidak ada hubungannya dengan menggambar, mengambil foto, membuat lagu atau hal lain yang artistik.

Kreativitas, juga dikenal sebagai keterampilan berpikir kreatif, pada dasarnya kreatifitas berarti mampu menghasilkan sesuatu yang baru. Bisa diartikan bagaimana kita melihat sesuatu dengan cara baru. Dan kemampuan ini sangat penting untuk tempat kerja - tidak peduli pekerjaan apa yang Anda lakukan. Bahkan, kreatifitas adalah salah satu keterampilan kerja yang sangat Anda butuhkan butuhkan di tempat kerja.
Baca juga: 7 Soft Skill Terpenting dalam Dunia Kerja
Jika Anda bertanya-tanya mengapa kreativitas penting di tempat kerja, itu karena berpikir kreatif akan melibatkan kemampuan untuk melihat potensi dalam situasi tertentu. Jadi, para pemilik perusahaan biasanya lebih senang kepada staf yang mengambil pendekatan kreatif dan imajinatif, dapat menghadirkan solusi hebat dan cara-cara baru untuk melakukan berbagai hal.

Karyawan yang berpikir di luar kotak membantu membuat bisnis menjadi sukses. Hal ini juga berlaku untuk orang-orang dalam bidang sains, teknologi dan teknik dan matematika. Mereka membutuhkan kemampuan berpikir kreatif sama seperti orang lain - bahkan mungkin lebih! Mempertanyakan hal-hal dan tidak membuat asumsi (yaitu berpikir kreatif) sangat penting dalam pekerjaan sains.

Mitos lain adalah bahwa keterampilan kreativitas tidak dapat ditingkatkan, bahwa Anda memilikinya atau tidak. Salah lagi! Ada banyak cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif - sama seperti Anda melatih keterampilan komunikasi atau kemampuan kepemimpinan Anda.

Jadi dalam panduan ini, kita akan melihat 6 cara mudah dan sederhana untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. Lakukan latihan ini dan Anda akan menjadi ahli berpikir kreatif sebelum Anda menyadarinya.

1. Ajukan pertanyaan-pertanyaan aneh

Katakanlah Anda menghadapi teka-teki di pekerjaan paruh waktu, misalnya Anda perlu mengatur ulang tampilan etalase toko di pekerjaan ritel Anda. Satu cara kreatif untuk mendekati ini adalah dengan mengajukan pertanyaan yang tidak biasa atau aneh. Bagaimana teman-teman Anda mendekati etalase tersebut? Bagaimana seseorang dari negara lain akan menghadapinya? Bagaimana dengan seseorang dari planet lain ?! Ini mungkin terdengar agak konyol, tetapi latihan keterampilan kreativitas ini membantu otak Anda menciptakan cara-cara baru yang kreatif untuk menangani tugas tersebut.
Baca juga: 10 Tanda Bahwa Anda adalah Pemikir yang Kritis

2. Bersenang-senanglah dengan teman-teman Anda

Bersenang-senang dengan teman Anda dapat membantu meningkatkan kreativitas. Ini serius, untuk latihan berpikir kreatif ini, yang perlu Anda lakukan adalah bergaul dengan teman atau kolega Anda. Lakukan olahraga, cobalah video game terbaru atau ikuti beberapa saluran Netflix. Bersantai dan mengobrol dengan teman-teman Anda membantu Anda bersantai dan mendapatkan ide-ide kreatif yang mengalir. Setelah itu Anda mungkin menemukan bahwa Anda secara ajaib muncul dengan jawaban imajinatif untuk masalah yang mengganggu Anda.
Baca juga: Pentingnya Jalan-jalan Bagi Mahasiswa

3. Coba bekerja saat Anda lelah

Oke, jadi jelas bukan ide yang baik untuk melakukan pekerjaan paruh waktu atau mengikuti ujian saat Anda lelah. Tetapi lain kali Anda perlu mengerjakan tugas esai atau presentasi, cobalah melakukan brainstorming ketika Anda mengantuk. Berpikir kreatif benar-benar berfungsi lebih baik saat kita lelah, karena pikiran kita mengembara di garis batas kesadaran, membantu menghasilkan pendekatan atau pemikiran baru. Penelitian menunjukkan bahwa kita lebih baik dalam berpikir di luar kotak pada saat-saat ini.
Baca juga: Waktu-waktu Kita Menjadi Sangat Kreatif

4. Tulis 500 kata ... kata apa saja!

Lakukan latihan menulis ini: duduk di depan komputer atau tablet dan mulailah menulis - tidak masalah jika tulisan tersebut benar-benar tidak masuk akal atau omong kosong, cukup ketik 500 kata. Anda mungkin akan berakhir dengan beberapa hal yang aneh dan gila - itu tidak akan berubah menjadi esai untuk sekolah tetapi mugkin akan membuat pikiran kreatif mengalir dan membantu Anda mengembangkan keterampilan berpikir kreatif.

5. Berlari

Berolahraga telah terbukti sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Sebenarnya tidak juga harus dalam bentuk berlari. Anda bisa bersepeda, berenang, atau berjalan-jalan. Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk berpikir kreatif. Jadi lain kali Anda dalam kebosanan atau stuck, aktiflah!
Baca juga:
Jadikan Pagi Anda Luar Biasa
Jurusan Kuliah Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan

6. Buat buku catatan untuk ide-ide Anda

Saat Anda melamun di bus ke sekolah atau ketika Anda menjelajahi Instagram, catatlah setiap ide acak yang muncul di kepala Anda. Catat mereka di ponsel Anda atau bawa notebook bersama Anda. Bahkan jika ide-ide itu tidak berubah menjadi sesuatu yang istimewa, tindakan memimpikannya akan mengembangkan keterampilan kreativitas Anda.
Baca juga: Tips Membaca Lebih Cepat
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger