logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Waktu-waktu Kita Menjadi Sangat Kreatif

Kapan kita menjadi orang Kreatif? - Secara sederhana, kreatifitas mungkin bisa kita definisikan sebagai kemampuan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan solusi yang tidak terduga atau bersifat baru. Berhubungan dengan kreatifitas, setiap orang memiliki suatu waktu setiap hari dimana kita menjadi lebih kreatif dibading waktu lainnya. Hal ini ternyata telah dibuktikan dengan penelitian. Setiap orang memiliki waktu kreatifnya masing-masing. Bagaimana dengan anda?

Zona kreatif adalah waktu dimana kita menyadari sebuah solusi yang paling baik untuk sebuah masalah dan anda langsung melakukannya tanpa kekhawatiran akan gagal. Memang sulit untuk mengulangi kreatifitas yang sama, tapi kita bisa berusaha menemukan waktu dimana kita menjadi kreatif. Beberapa penelitian pernah dilakukan untuk mengetahui kapan kita menjadi sangat kreatif, berdasarkan hasil penelitian-penelitian tersebut, beberapa waktu dimana kita menjadi kreatif adalah sebagai berikut:

Anda bisa menjadi kreatif saat sedang grogi

Diperkirakan bahwa pemecahan masalah secara alami muncul saat anda sedang tidak fokus dan otak anda sedang berpikir kesana-kemari. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011 dalam jurnal Thinking and Reasoning (baca disini), penelitian menemukan bahwa orang-orang lebih mungkin untuk mendapatkan solusi kreatif saat sedang lelah. Untuk beberapa orang, waktu ini bisa saja saat pagi hari, dan mungkin saat sore atau malam untuk orang yang lain. Mungkin ini salah satu penjelasan kenapa muncul ilmu the power of kepepet. Tapi jangan penjelasan ini menjadi alasan anda untuk menunda-nunda pekerjaan.
Baca juga: Tips Fokus Saat Belajar

Olah raga

Penelitian (baca disini) telah menunjukkan bahwa olahraga dapat meledakkan kreatifitas dalam diri kita. Penjelasan tentang hal ini berhubungan dengan point pertama diatas, yaitu bahwa pada saat anda berolahraga dan melakukan aktifitas yang relatif berat, tubuh kehilangan fokus sehingga fikiran menjadi lebih liar dan mengarahkan anda menjadi lebih kreatif.

Menjadi Kreatif Saat Tidur

Sebuah studi yang hasilnya diterbitkan dalam Jurnal Nature (baca disini) menyatakan bahwa kita bisa mendapatkan solusi kreatif atas masalah yang kita miliki saat kita tidur dan langsung melihat informasi terkait masalah tersebut saat bangun.

Penjadwalan Menjadikan Kita Kreatif

Sebuah teori yang diterbitkan pada tahun 2010 dalam jurnal Thinking Skills and Creativity (baca disini) menyatakan bahwa kreatifitas berhubungan dengan manajemen waktu secara mutualisme. Pada dasarnya, jika anda bisa mengatur waktu anda dengan baik dan membuat to-do list, hal ini akan berhubungan dengan waktu kreatif anda. Implikasi dari hal ini adalah anda dapat menjadwalkan dan memutuskan kapan anda akan menjadi kreatif, dan anda akan menemukan cara untuk menyelesaikan suatu masalah.
Baca juga: Tips Manajemen Waktu Mahasiswa
Perlu anda perhatikan bahwa anda tren dalam berbagai hasil riset diatas mungkin berlawanan dengan apa yang selam ini kita pikirkan. Ternyata kita menjadi kreatif saat berada dalam level mental yang tidak optimal, namun waktu ini berbeda untuk setiap orang.
Baca juga:
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger