logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tidak Lulus Ujian Masuk Universitas? Dunia Belum Berakhir!

Go on. Credit: Lali Masriera

Tidak lulus SBMPTN… siapa yang tidak kecewa? Apalagi kalau kita sudah sangat berharap untuk kuliah di kampus yang kita inginkan. Namun, tidak lulus ujian masuk perguruan tinggi bukan berarti dunia berakhir, hidup harus tetap berjalan dan tetap dinikmati. Sedikit frustasi tentu sangat wajar, namun jangan berlarut. Segera move on, temukan hal lain yang bisa kamu lakukan.


Posting bertujuan untuk membantu kamu move on. Disini kita akan melihat beberapa alternatif yang bisa kamu lakukan jika tidak lulus ujia masuk perguruan tinggi negeri. Alternatif yang pertama terpikir oleh banyak calon mahasiswa tentu adalah masuk ke perguruan tinggi swasta, tentu saja pilihan ini lebih mudah untuk dijalani. Namun jika kamu tidak tertarik masuk PTS, berikut ini adalah beberapa alternatif yang bisa kamu lakukan.

1. Luangkan waktu


Jika Kamu merasa kecewa dengan apa yang kamu dapat, maka mungkin hal terbaik untuk Kamu saat ini adalah meluangkan waktu. Ingat, Kamu tidak harus memiliki jalur karier Kamu yang dipetakan di depan Kamu segera setelah Kamu meninggalkan sekolah. Terkadang, meluangkan waktu untuk mendapatkan pengalaman hidup adalah cara terbaik untuk menemukan seperti apa karir masa depan Kamu.
Dalam waktu luang tersebut, kamu bisa traveling. Perjalanan bisa menjadi perjalanan yang mendewasakan, banyak pelajaran yang bisa didapatkan. Perjalanan memberikan diri Kamu beberapa waktu untuk memutuskan apa langkah selanjutnya Kamu seharusnya.

2. Mengikut kursus keterampilan

Apa pun yang akan kamu lakukan, penting untuk diingat bahwa universitas bukan untuk semua orang. Dalam banyak kasus, program pelatihan berbasis keterampilan dapat mengarahkan kamu ke jalur karier yang sukses, bahkan lebih cepat dan membuat Kamu lebih banyak uang daripada lulusan universitas.
Saat ini ada banyak sekali kursus keterampilan yang bisa kamu ikuti untuk mengembangkan bakat dan minat. Salah satu tempat pengembangan keterampilan adalah Balai Latihan Kerja (BLK). Di BLK kita bisa mendaftar untuk mengikuti berbagai kursus seperti kursus menjahit, desain pakaian, memasak, las,  reparasi mesin dan peralatan elektronik. Mengikut kursus secara serius bisa jadi membukakan kamu pintu rezeki yang sangat luas. FYI, terkadang ada program magang di luar negeri untuk siswa BLKI, misalnya ke Jepang untuk magang di perusahaan otomotif.

Baca juga: 7 Alasan Menarik Kuliah di Jepang

Kursus lain yang bisa kamu ikuti misalnya kursus fotografi atau videografi yang saat ini sangat berkembang di berbagai belahan duniam termasuk Indonesia. Dengan keterampilan fotografi, kamu bisa menjadi fotografer profesional yang bisa bekerja di bidang jurnalistik atau menjadi wedding photographer.

3. Ikuti kursus coding

Kalau kamu memiliki minat dan bakat (walaupun sedikit) dalam bidang teknologi, mengikuti kursus coding mungkin bisa menjadi pilihan yang sangat baik. Teknologi digital telah mempengaruhi pasar kerja selama beberapa tahun terakhir secara luar biasa dan sampai saat ini tidak menunjukkan tkamu-tkamu melambat. Jika Kamu jagoan di komputer dan dapat memikirkan hal-hal secara logis, Kamu mungkin harus mengambil kursus dalam pengkodean. Menurut survei yang dilakukan pada tahun 2014 oleh situs web Code.Org, 52% orang dewasa percaya bahwa pengkodean harus mendapat prioritas sebagai subjek di sekolah, selain bahasa asing.

Kursus coding bisa membuka peluang kerja yang sangat luas dimasa depan. Jika Kamu melihat situs web lowongan kerja, kemungkinan besar kamu akan menemukan posisi untuk berbagai jenis coders komputer dan gaji yang ditawarkan selalu berada di kisaran teratas. Dalam industri digital, keterampilan dan kemampuan sering lebih dihargai daripada kualifikasi tetapi jika Kamu dapat menunjukkan bahwa Kamu memiliki keduanya, Kamu bisa menuju karier yang lebih baik dengan lebih cepat, tentu dengan diiringi kerja keras.

4. Bekerja mandiri

Gagal masuk universitas bukanlah sebuah kegagaln hidup, mungkin Tuhan memberikan kamu kesempatan untuk melakukan sesauatu yang lain, misalnya mulai membangun usaha mandiri. Ada sebuah fakta menarik dari Inggris, laporan 2015 yang diterbitkan oleh perusahaan perangkat lunak akuntansi Sage menemukan bahwa lebih dari separuh pemilik bisnis Inggris meninggalkan sekolah pada saat mereka berusia 18 tahun. Banyak pilihan kerja mandiri yang bisa kamu kerjakan, mungkin berjualan makanan, mengajar les (setidaknya untuk siswa SMP), dan yang paling potensial adalah usaha online. Ada banyak sekali bentuk usaha online yang bisa kamu lakukan, misalnya jualan barang, menulis blog, atau menjadi seorang youtuber.


Jika kamu memiliki sense untuk berbisnis, jadilah bos untuk dirimu sendiri, mulailah membangun kerajaan bisnismu sendiri.


Bagaimana menurut kamu? Apa alternatif lain yang ada untuk pergi ke universitas? Adakah industri lain yang sedang berkembang yang layak untuk dijadikan karir?
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger