logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Paling Kreatif dan Keren - 6 Pekerjaan Mungkin Belum Pernah Kamu Dengar

Pernah mendengar tentang beamer? Beamer adalah orang-orang yang bekerja dalam industri fashion, mereka bertugas memuat gulungan kain ke dalam mesin tenun. Tahu apa itu operator boom? Mereka menggunakan mikrofon panjang untuk merekam aksi di acara TV. Atau bagaimana dengan katografer? Mereka bertanggung jawab untuk memastikan bahwa kucing pemain film dirawat dengan baik di set film.

Hehehe, yang terakhir jangan dianggap serius. Namun, sebenarnya ada banyak sekali pekerjaan yang unik, menarik, dan menegangkan dalam industri kreatif - banyak yang mungkin belum pernah Anda dengar.

Sebelum kita lanjutkan, pertama kita perlu tahu apa yang dimaksud dengan industri kreatifnya? Secara singkat, industri kreatif adalah istilah yang diberikan kepada bidang ekonomi kita yang melibatkan kreativitas. Orang-orang dalam peran ini menggunakan keahlian dan bakat utama mereka untuk membuat hal-hal yang dapat mereka jual atau promosikan.
Industri kreatif sangat penting: Di Inggris, industri kreatif menyumbang £ 84 miliar setiap tahun untuk ekonomi negara tersebut- itu hampir £ 10 juta per jam!
Ada sejumlah besar pekerjaan untuk orang-orang kreatif di luar sana. Anda bisa mendesain kostum cantik di belakang panggung di teater, atau merekam vlog terbaru Anda di sebuah studio periklanan. Bahkan ada berbagai bidang industri kreatif: periklanan; Arsitektur; musik; penerbitan; fashion dan tekstil; film dan TV; game; radio.
Kerja tim, komunikasi, dan pemecahan masalah adalah keterampilan yang harus Anda miliki untuk bekerja di industri kreatif.
Dan untuk mendapatkan pekerjaan di industri kreatif, Anda harus bisa beradaptasi dan tahu cara bekerja atas inisiatif Anda sendiri. Ketika Anda pertama kali memulai, gaji Anda mungkin rendah dan persaingan biasanya sengit - jadi Anda harus bekerja keras, ulet, dan ambisius.

Berkaitan dengan keterampilan Anda - Anda jelas harus memiliki gairah nyata untuk kreativitas. Namun tidak semua peran dalam industri kreatif akan mengharuskan Anda memiliki sense artistik. Ada banyak peluang jika Anda memiliki kelebihan dalam bidang sains dan pendekatan analitis.

Berikut adalah 6 pekerjaan industri kreatif yang mengagumkan yang mungkin belum pernah Anda dengar:

1. QA Tester

game tester
QA Tester. Credit: WOCinTech Chat

Apakah bermain game sepanjang hari terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan? Kenyataannya, memang ada orang yang sepanjang harinya bekerja untuk bermain game. Penguji QA adalah seseorang yang mencoba video game untuk memeriksa bug, memastikannya berfungsi dengan benar, lalu menyarankan peningkatan. QA (Quality Assurance) Penguji harus memiliki pengetahuan yang hebat tentang game dan bagaimana mereka bekerja.

Baca juga: Pekerjaan Untuk Penggila Online Game/Video Game

Anda akan membutuhkan keterampilan komunikasi terbaik untuk menjelaskan masalah kepada tim Anda, perhatian yang sangat baik terhadap detail, dan kesabaran. Mungkin tidak dibutuhkan title tertentu untuk menjadi QA Tester, namun mengingat kemampuan komputer dan komunikasi yang baik, anda mungkin bisa memilih jurusan kuliah teknik informatika, teknik elektro atau ilmu komunikasi. Carilah tempat dimana anda bisa membangun pengalaman kerja untuk memberi Anda keunggulan.
Baca juga: 10 Pekerjaan Paling Mudah Dengan Gaji Terbesar di Dunia

2. Sound Designer

Sound Designer. Credit: Underverk Underverk

Perancang suara adalah orang-orang yang menyediakan acara TV dan film dengan suara. Sound designer kadang-kadang bisa menciptakan ragam suara baru untuk digunakan dalam film sci-fi atau supranatural dimana semua suara mulai dari suara ledakan dan tabrakan mobil hingga gonggongan anjing, jam dan pintu digunakan. Perancang suara menyukai film, memiliki pengetahuan akustik yang luar biasa, benar-benar imajinatif - dan tidak mengherankan, tahu bagaimana benar-benar mendengarkan.
Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Seni

3. Project scientist

Project Scientist. Credit: NASA Goddard Space Flight Center

Yap, Project scientist - industri kreatif juga membutuhkan ilmuwan! Bekerja di bidang fashion dan tekstil, para ilmuwan proyek mengembangkan tekstil dan kain baru. Mereka memiliki pengetahuan yang sangat kuat tentang tekstil dan bahan kimia. Para ilmuwan proyek selalu mencari tahu materi baru, dan menemukan cara-cara baru untuk memecahkan masalah. Anda biasanya perlu gelar untuk menjadi ilmuwan proyek - kursus termasuk teknologi tekstil atau ilmu tekstil. Jurusan kuliah yang cocok untuk bidang pekerjaan ini adalah jurusan kuliah ilmu-ilmu dasar, umumnya di fakultas MIPA.
Baca juga: Jurusan Kuliah Para Ilmuwan

4. Digital painter

Abstract Digital Paint. Credit: Noonexy

Pekerjaan untuk orang-orang kreatif termasuk lukisan digital. Pelukis digital bekerja dalam bidang animasi 2D dan 3D. Mereka menerima gambar yang telah dibuat oleh animator, kemudian menggunakan perangkat lunak untuk menambah warna. Pelukis digital bekerja sebagai bagian dari tim, dan memiliki mata yang hebat untuk detail dan warna. Mereka mengambil pendekatan metodis dan memiliki keterampilan IT yang kuat. Anda tidak perlu melakukan apa pun untuk menjadi pelukis digital - itu adalah posisi entry-level yang baik jika Anda ingin membangun karier dalam animasi.
Baca juga: Menjadi Graphic Designer

5. Produsen podcast

Microphone for Podcasting. Credit: pxhere.com

Produsen podcast memiliki berbagai keterampilan karena mereka pekerjaan melibatkan banyak tugas yang berbeda. Produsen podcast bekerja di bidang radio. Mereka bertanggung jawab untuk merekam, mengedit, dan menyiarkan podcast (yang pada dasarnya adalah acara audio yang dapat berupa apa pun mulai dari cerita bergaya jurnalistik hingga komedian yang mengobrol). Produsen podcast memiliki pengeditan suara dan keterampilan teknis, kemampuan berkomunikasi, tahu cara memperbaiki masalah, dan memahami audiens mereka. Profesi ini sangat cocok untuk lulusan jurusan kuliah ilmu komunikasi.

6. Motion graphics designer 

Motion Graphic. Credit: vimeo.com

Motion graphics designer membuat video yang menampilkan animasi dan efek visual. Mereka dapat bekerja di sektor periklanan. Mereka menerima instruksi dari klien (dikenal sebagai singkat) dan mereka harus hati-hati membuat video yang memenuhi persyaratan tersebut. Mereka menggunakan pengeditan video dan perangkat lunak pemodelan 3D.

Motion graphics designer adalah orang-orang yang benar-benar pandai bekerja di bawah tekanan dan mereka memahami betapa pentingnya memenuhi tenggat waktu. Pengusaha akan menginginkan Anda memiliki portofolio dan showreel yang bagus. Profesi ini terkait erat dengan desain grafis – untuk menjadi seorang Motion graphics designer, anda bisa magang di perusahaan atau belajar sendiri dari internet.
Baca: Gambaran Profesi Animator

Apakah pekerjaan di industri kreatif diatas ada yang sesuai untuk Anda? Gunakan alat yang bagus ini untuk menyesuaikan tipe kepribadian Anda dengan peran pekerjaan yang kreatif.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger