logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Menjadi Programmer Komputer - Ini Caranya!

Pemrograman komputer adalah bidang yang tumbuh cepat dan bidang ini menjadi sangat penting dalam dunia yang didorong oleh teknologi kita. Programmers adalah orang membuat perangkat lunak dan sistem operasi yang digunakan oleh semua sistem komputer, mulai dari PC desktop, ponsel cerdas hingga laptop dan perangkat seluler lainnya. Mereka juga menguji program untuk menemukan bug, memperbaiki kesalahan yang mungkin muncul dalam kode, dan menulis pembaruan untuk program yang ada.

Karena Programmer komputer diperlukan dalam banyak bidang mulai dari desain web, aplikasi seluler hingga video game, ada banyak pilihan karier yang tersedia bagi kamu jika kamu punya kemampuan di bidang ini. Programmer adalah pilihan yang sangat baik jika kamu punya latar belakang yang kuat dalam matematika dan kemampuan untuk bekerja dengan proses logis berurutan yang menjadi dasar kinerja komputer.


Image by StockSnap from Pixabay

Pemrograman komputer berfokus pada penggunaan bahasa pemrograman, seperti C ++, Java, atau HTML, untuk membuat berbagai jenis perangkat lunak. Pemrograman (Programming) adalah bidang yang lebih terbuka, dibandingkan dengan bidang ilmu komputer lainnya seperti grafik komputer, yang berfokus pada seni visual, gambar grafik, dan video; teknik komputer, yang berfokus pada desain dan pengembangan teknologi dan perangkat keras; atau jaringan komputer, yang melibatkan komunikasi antara komputer yang terhubung melalui jaringan area lokal dan internet.

Cara Menjadi Programer Komputer

Jika Anda ingin belajar pemrograman komputer, ada beberapa langkah kunci yang perlu Anda tau. Sasaran Anda dapat bervariasi, tergantung pada apakah Anda mencari karir di desain web, sistem operasi, video game, atau aplikasi seluler, tapi apa pun pilihan yang Anda ambil, merencanakan masa depan sangat penting.
Ada lima langkah untuk menjadi seorang programmer:
  • Putuskan jenis pendidikan atau kursus apa yang tepat untuk Anda;
  • Pilih jurusan kuliah / gelar terbaik untuk tujuan karir Anda;
  • Magang di bidang terkait teknologi;
  • Pertimbangkan untuk mendapatkan sertifikasi;
  • Bangun pengalaman kerja yang berharga.

Langkah 1: Tentukan Jenis Pendidikan atau Kursus Yang Terbaik untuk Anda

Pertama, pertimbangkan jenis pendidikan atau pelatihan terbaik untuk Anda. Ada beberapa opsi yang tersedia, dan pilihan terbaik seringkali tergantung pada preferensi masing-masing individu. Beberapa orang belajar lebih baik di dalam lingkungan kelas, sementara yang lain lebih suka pelatihan langsung  atau praktek langsung.
Anda harus mempertimbangkan opsi-opsi berikut mana yang paling cocok untuk gaya belajar pribadi Anda.

Pendidikan Vokasi (Politeknik)

Institut teknis dapat menjadi cara alternatif untuk belajar bagaimana menjadi programmer komputer. Salah satu keuntungannya adalah gelar sarjana di lembaga teknis umumnya hanya membutuhkan dua tahun, bukan empat tahun yang diperlukan untuk gelar sarjana. Ini juga menghemat uang sekolah, karena Anda akan selesai dengan pendidikan Anda lebih cepat dan dapat masuk langsung ke dunia kerja.

Perbedaan utama lainnya adalah bahwa politeknik akan fokus murni pada pelatihan pemrograman komputer Anda, tanpa kursus tambahan di luar jurusan Anda. Gelar empat tahun, sebagai perbandingan, mengharuskan siswa untuk mengambil mata kuliah umum tambahan seperti bahasa, sastra, sejarah, dan lain-lain.

Mata kuliah umum memberikan mahasiswa pengetahuan umum dan membantu memberi mereka lebih banyak pilihan karier, terutama jika Anda pernah berpikir untuk mengubah karier di kemudian hari.

Tetapi jika Anda ingin mengejar pendidikan yang lebih fokus yang tetap berpusat pada keterampilan khusus yang Anda butuhkan untuk belajar pemrograman komputer, maka politeknik mungkin menjadi pilihan terbaik.

Perguruan Tinggi atau universitas

Pendidikan perguruan tinggi tradisional adalah pilihan yang paling umum, dan memberikan mahasiswa pendidikan yang paling baik. Universitas juga pilihan terbaik bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan dengan gelar master.

Biaya kuliah yang lebih tinggi untuk perguruan tinggi dengan lama pendidikan selama empat tahun cukup layak karena lulusan universitas cenderung mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Mereka juga pilihan terbaik bagi siswa yang belajar dengan baik di lingkungan kelas.

Meraih gelar sarjana juga dapat menawarkan Anda lebih banyak pilihan untuk memilih mayor pendidikan Anda, atau untuk menambahkan minor ke gelar Anda. Pilihan yang lebih luas dapat membantu mahasiswa yang tidak yakin jalur mana yang paling cocok untuk mereka.

Karena seringkali terjadi tumpang tindih dalam bidang studi, sering kali menjadi memungkinkan untuk mengambil kursus dari berbagai disiplin ilmu terkait sebelum menentukan pilihan terbaik untuk Anda.

Kuliah Online

Jika Anda lebih suka bekerja dari rumah, Anda juga dapat belajar pemrograman secara online. Gelar online memungkinkan Anda kebebasan untuk menyesuaikan kursus Anda ke dalam jadwal Anda, yang cocok untuk orang tua atau orang yang bekerja penuh waktu saat mereka pergi ke sekolah. Yang paling penting untuk diingat ketika mengambil kuliah online adalah memastikan Anda menghadiri sekolah yang terakreditasi untuk memastikan ijazah anda bisa dipakai untuk melamar kerja.

Baca juga: 10 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Internet

Image by StartupStockPhotos from Pixabay

Belajar pemrograman komputer autotidak

Jika Anda seorang pemula yang termotivasi, Anda juga dapat mencoba belajar pemrograman dari rumah. Internet dipenuhi dengan tutorial online, contoh kode dalam berbagai bahasa, dan sumber daya gratis lainnya yang dapat Anda gunakan. Dengan mengikuti panduan cara online, Anda dapat menjadi seorang programmer sambil belajar dengan kecepatan Anda sendiri dan mengatur kurikulum Anda sendiri.

Anda mungkin memutuskan untuk pemrograman di rumah sendiri, tetapi opsi ini belum tentu cocok untuk semua orang. Belajar pemrograman komputer secara autodidak tidak mudah. Dibutuhkan banyak waktu, dedikasi, dan kerja keras. Mungkin sulit bagi sebagian orang untuk mempelajari keterampilan pemrograman tanpa bimbingan seorang guru.

Juga, lembaga pembelajaran yang berpengalaman cenderung mengetahui lebih banyak tentang langkah terbaik yang harus diambil dan cara paling efektif untuk mempelajari keterampilan yang diperlukan. Anda mungkin ingin mempertimbangkan bentuk pendidikan yang lebih tradisional jika Anda tidak yakin dapat melakukannya sendiri.

Langkah 2: Memilih Gelar dan Jurusan

Pendidikan yang menyeluruh sangat penting untuk keberhasilan di bidang pemrograman komputer. Pertimbangkan tujuan karir Anda dan jumlah waktu yang ingin Anda dedikasikan untuk pendidikan ketika memutuskan tingkat pendidikan mana yang ingin diambil.

Gelar asosiasi

Gelar associate dapat menawarkan Anda pendidikan dasar dalam pemrograman komputer, dan mungkin cukup untuk membantu Anda memulai beberapa pekerjaan pemrograman level pemula. Namun, sebagian besar pekerjaan tingkat yang lebih tinggi akan membutuhkan gelar yang lebih tinggi. Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk mengambil gelar diploma dua tahun jika Anda ingin masuk ke dunia kerja lebih cepat, baru kemudian mengambil gelar yang lebih tinggi setelah beberapa waktu.

Sarjana

Gelar sarjana, program empat tahun, adalah yang terbaik untuk sebagian besar karir pemrograman dasar. Gelar ini akan memberi Anda semua keterampilan yang Anda butuhkan untuk bekerja di berbagai bidang pemrograman, dan banyak universitas menawarkan berbagai spesialisasi, seperti teknologi informasi, administrasi jaringan, atau pengembangan perangkat lunak.

Program empat tahun juga akan memungkinkan Anda untuk memperoleh pendidikan umum di bidang-bidang bermanfaat lainnya, seperti penulisan laporan, public speaking, dan pemikiran kritis, yang dapat menjadi alat yang bermanfaat untuk memperkuat karier Anda.

Gelar Master

Gelar master adalah pilihan terbaik jika Anda ingin memaksimalkan potensi karir Anda. Mendapatkan gelar master dalam pemrograman komputer tidak hanya akan memberi Anda beragam keterampilan, tetapi juga akan membuat Anda lebih berharga bagi pemberi kerja potensial. Programmer dengan gelar master umumnya mendapatkan gaji lebih tinggi, dan itu akan memberi Anda lebih banyak pilihan karir untuk dipilih.

Beberapa perusahaan menawarkan beasiswa kuliah untuk membantu karyawan mereka mengambil gelar yang lebih tinggi, jadi mendapatkan gelar master Anda mungkin sesuatu yang Anda bisa anda pilih untuk dikejar setelah Anda sudah bekerja di bidang pemrograman. Anda harus memiliki gelar sarjana sebelum mendaftar di program magister tetapi pendidikan sarjana Anda bisa di bidang apa pun, bukan hanya ilmu komputer.

Baca juga: Beasiswa Mahasiswa Program Sarjana

Mayor dan Minor

Selain memutuskan apakah akan mendapatkan gelar associate, sarjana, atau master, Anda harus mempertimbangkan jurusan khusus yang ingin Anda kejar. Banyak perguruan tinggi dan universitas menawarkan berbagai pilihan gelar terkait bagi siswa untuk dipilih. Selain itu, Anda mungkin perlu memertimbangkan untuk menambahkan minor untuk membantu melengkapi pendidikan Anda dengan keterampilan tambahan di luar pemrograman itu sendiri.

Pilihan utama yang bagus meliputi:
  • Pemrograman / Pengembangan Perangkat Lunak: Jurusan ini merupakan pilihan klasik untuk calon programmer komputer. Jurusan pemrograman komputer berfokus pada berbagai bahasa komputer dan pengembangan perangkat lunak.
  • Sistem Informasi: Fokus ditempatkan pada administrasi sistem dan sistem informasi, dan akan mengajarkan Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang jaringan server, database, dan desain web.
  • Ilmu Komputer: Yang paling umum dan luas, dengan fokus pada pemrograman, matematika, algoritma, dan struktur data.
  • Teknologi Informasi: Gelar ini mengajarkan Anda cara mengelola data, menyimpannya, mengaturnya, menganalisisnya, dan menampilkannya untuk pengguna. Data yang Anda kelola dapat berupa apa saja dari informasi akun, statistik, data penelitian, dan banyak lagi, dan manajemen informasi yang efektif dapat menjadi sangat penting untuk proses pengambilan keputusan di banyak perusahaan.
  • Keamanan Informasi: Fokus diarahkan pada keamanan web dan jaringan dan bagaimana melindunginya terhadap berbagai ancaman, seperti virus dan jenis bugs dunia maya lainnya.

Minor (mata kuliah) pelengkap termasuk: 
  • Matematika: Matematika sangat penting dalam pemrograman komputer, dan menambahkan minor dalam matematika dapat menambah keterampilan pemrograman Anda dan membuat Anda menjadi pemecah masalah yang lebih baik.
  • Teknik Listrik atau Komputer: Sementara pemrograman komputer berfokus pada pengembangan perangkat lunak, belajar tentang teknik elektro dapat mengajarkan Anda lebih banyak tentang pembuatan perangkat keras komputer. Ini dapat memberi Anda pemahaman yang lebih luas tentang sistem komputer secara keseluruhan, dan meningkatkan opsi karier Anda.
  • Seni atau Musik: Jika Anda ingin terlibat dalam grafis komputer, desain visual, atau pemrograman audio dan video, sangat bagus untuk menambah keterampilan komputer Anda dengan pengetahuan seni dan musik. Dengan cara ini, Anda dapat menggabungkan bakat artistik dan keterampilan pemrograman Anda untuk menciptakan seni digital yang memukau, grafik video game, dan banyak lagi.
  • Bisnis: Bisnis kecil dapat membantu Anda memahami tujuan di balik program yang Anda kembangkan, seperti jika Anda menulis program untuk lembaga perbankan atau perusahaan ritel. Pemahaman bisnis juga dapat membantu Anda naik ke manajemen, menjadi pengawas di departemen TI.

Langkah 3: Sertifikasi

Akhirnya, Anda harus mempertimbangkan apakah Anda ingin mendapatkan sertifikasi dalam pemrograman. Anda bisa mendapatkan sertifikasi dalam bahasa komputer tertentu, seperti C ++ atau Java, atau dalam sistem tertentu. Sertifikasi mungkin diperlukan oleh beberapa perusahaan sebelum mereka akan mempekerjakan Anda.

Dalam kasus lain, sertifikasi akan membuka lebih banyak pintu untuk Anda dan membantu Anda memaksimalkan potensi penghasilan Anda. Sertifikat juga dapat berguna jika Anda ingin mempelajari keterampilan baru dan spesifik, seperti mempelajari bahasa pemrograman tambahan untuk memperluas keahlian Anda.

Langkah 4: Magang di perusahaan Teknologi

Magang bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun pengalaman pemrograman Anda dan membantu Anda sukses di pasar kerja. Kebanyakan magang tidak dibayar, tetapi jika Anda mengejar jurusan pemrograman komputer di sebuah perguruan tinggi atau universitas, Anda dapat menggunakan magang untuk mendapatkan kredit mata kuliah untuk gelar Anda.

Magang juga dapat mengajarkan Anda keterampilan dunia nyata yang melampaui apa yang akan Anda terima dalam kuliah Anda. Pengalaman ini akan membantu meningkatkan resume Anda dan meningkatkan peluang Anda untuk menemukan pekerjaan setelah selesai kuliah.

Magang pemrograman komputer dapat menjadi kesempatan yang baik untuk mempelajari bahasa pemrograman tertentu yang digunakan dalam industri tertentu. Sebagai contoh, magang yang bekerja dengan teknologi database dapat menjadi cara yang baik untuk belajar SQL, sementara bekerja untuk perusahaan berbasis web adalah kesempatan yang baik untuk belajar Java.


Image by Olalekan Oladipupo from Pixabay

Ide yang baik juga jika Anda magang di perusahaan berbasis teknologi, seperti yang berspesialisasi dalam jaringan, pengembangan web, atau aplikasi ponsel cerdas, daripada perusahaan non-teknologi seperti bank atau perusahaan ritel. Sementara perusahaan non-teknologi masih membutuhkan programmer dan kemungkinan memiliki lowongan magang, Anda bisa belajar lebih banyak dari perusahaan yang berspesialisasi dalam pemrograman dan teknologi.

Langkah 5: Bangun Pengalaman Kerja yang Berharga

Membangun karir pemrograman komputer Anda dapat dimulai dengan mengembangkan beberapa pengalaman kerja awal. Kebanyakan posisi yang dibayar dengan lebih tinggi membutuhkan pengalaman praktis selama beberapa tahun, jadi penting untuk mulai membangun resume Anda lebih awal.

Magang

Magang adalah salah satu cara yang baik untuk membangun beberapa pengalaman, dan magang juga dapat memberi Anda kesempatan untuk pekerjaan yang lebih permanen setelah magang selesai. Pilihan lain yang baik bagi siswa adalah pekerjaan di kampus. Banyak universitas mempekerjakan pekerja siswa untuk berbagai posisi, seperti pekerjaan TI, pengembangan web, dan dukungan jaringan.

Pekerjaan-pekerjaan ini akan menawarkan pelatihan di tempat kerja sebagai pelengkap kelas pemrograman komputer Anda, dan Anda akan mendapatkan pengalaman praktis yang akan membantu Anda menemukan pekerjaan penuh waktu setelah Anda lulus kuliah.

Freelance

Pilihan lain untuk seseorang dengan gelar pemrograman komputer adalah mencari pekerjaan lepas. Pekerja lepas bekerja dengan klien pada satu proyek tunggal, atau serangkaian kontrak individu. Anda dapat bekerja dari rumah, berkomunikasi dengan klien Anda secara online dan menyediakan layanan pemrograman apa pun yang mereka butuhkan.

Anda mungkin dapat mengembangkan basis klien yang stabil, atau Anda dapat menggunakan waktu lepas Anda untuk mengembangkan pengalaman kerja yang berharga yang akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan pemrograman penuh waktu kedepannya.

Lanjut Kuliah

Setelah Anda menemukan pekerjaan tetap sebagai programmer komputer, Anda dapat meningkatkan opsi karir Anda dengan melanjutkan pendidikan Anda dan memperbarui sertifikasi Anda. Jika Anda memulai karir Anda dengan gelar sarjana, anda bisa kuliah lagi untuk mendapatkan gelar master untuk memperluas pilihan karir Anda atau memberi Anda peluang yang lebih baik untuk mendapatkan promosi.

Anda juga mungkin perlu memperbarui sertifikasi Anda, karena pemrograman komputer adalah bidang yang berubah cepat di mana perkembangan baru terjadi setiap hari. Anda mungkin perlu mempelajari bahasa pemrograman baru, atau Anda mungkin ingin beralih ke bidang yang berbeda sehingga Anda tidak terbatasi pada jalur karier tunggal.

Karir Pemrograman Komputer

Jika Anda masih tidak yakin apakah Anda ingin menjadi programmer komputer, pertimbangkan prospek kariernya. Di Amerika Serikat,  Biro Statistik Tenaga Kerja mempublikasikan bahwa  gaji pemrogram komputer rata-rata adalah $ 79.530 pada tahun 2015. 10% teratas programmer komputer menghasilkan lebih dari $ 130.800 pertahun.

Baca juga:
10 Pekerjaan Mudah dengan Gaji Terbesar di Dunia
Bagaimana Cara Menegosiasikan Gaji

Karir ini adalah pilihan yang bagus untuk orang-orang dengan keterampilan yang kuat dalam matematika, logika, dan pemecahan masalah. Dalam banyak kasus, pemrogramman komputer juga memungkinkan orang untuk bekerja dari rumah, mengirimkan pekerjaan secara online atau menggunakan internet untuk terhubung ke server yang perlu didebug. Namun, jika Anda tidak pandai angka dan komputer, atau jika kerja dibalik meja tidak menarik bagi Anda, bidang ini mungkin bukan jalur karier yang baik bagi Anda.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger