logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Mulai Belajar Langsung Ngantuk! Bagaimana Solusinya?

hilangkan ngantuk

Smartphone dinyalakan, login ke dalam game online, selanjutnya kebanyakan kita mampu bertahan hingga lewat tengah malam. Sayangnya, hal yang sangat bertolak belakang terjadi saat buku materi kuliah atau pelajaran dibuka. Kelopak mata langsung berat, kesadaran seperti butiran air di kuali panas, langsung menguap. Mengapa demikian? Apa yang terjadi? Oke, disini kita akan mengupas kisah Belajar langsung ngantuk tersebut.

Tentang Mengantuk

Normalnya, kita akan merasa sangat mengantuk saat otak kita sangat lelah, atau tubuh kita secara fisik sangat lellah, atau kita menjalani waktu santai yang agak panjang.
Jadi ketika kita duduk untuk belajar, kita akan mencoba untuk fokus pada pelajaran yang harus dipelajari. Dan ketika mencoba untuk fokus, kita akan membuang semua pikiran lain. Jika berhasil melakukan ini, otak kita akan merasa rileks. Perlahan konsentrasi kita meningkat. Konsentrasi ini akan terus meningkat.

Jika Anda mempelajari sesuatu yang Anda sukai, Anda akan menikmatinya. Jika Anda mempelajari sesuatu yang tidak Anda sukai, Anda akan merasa mengantuk. Jadi, rasa mengantuk ini berhubungan dengan rasa bosan.

Penjelasan secara Fisiologis

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Communications, menunjukkan dengan tepat bagaimana otak yang bosan menjadi lelah: Nukleus accumbens, atau bagian otak yang berhubungan dengan motivasi dan kesenangan, juga dapat menghasilkan tidur.

Ketika kita tidak termotivasi atau senang dengan lingkungan kita saat ini, otak kita pada dasarnya mengirimkan sinyal untuk tertidur. Tapi kenapa hal itu terjadi? Tim Jepang-Cina yang bekerja bersama dalam penelitian ini menemukan bahwa neuron nukleus accumbens sangat kuat sehingga hampir tidak mungkin bagi kita untuk memisahkan sinyal mereka dari sinyal yang memicu tidur alami, yang dikenal sebagai tidur gelombang lambat, yang ditandai dengan gelombang lambat otak tegangan tinggi.

Yo Oishi, penulis utama dalam penelitian ini, mengatakan, "somenosogen klasik adenosin adalah kandidat kuat untuk membangkitkan efek tidur pada nucleus accumbens." Itu berarti adenosin mewakili keadaan kekurangan energi dan menginduksi tidur melalui reseptor adenosin. Studi ini menjelaskan: “subtipe spesifik reseptor adenosin, reseptor A2A, diekspresikan secara padat dalam nucleus accumbens.

Kafein, psikostimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia, menghasilkan efek gairah juga pada nukleus accumbens dengan memblokir reseptor A2A. Karena reseptor A2A terhambat, maka rasa mengantuk akan berkurang. Namun, seringkali kafein tidak cukup untuk menjaga kita tetap sadar.

Solusinya 

Patricia Salber, MD, pendiri The Doctor Weighs In, menyarankan bahwa “ketika kopi saja tidak cukup untuk membuat Anda terjaga selama pertemuan yang membosankan, saya sarankan untuk bangun dan berdiri, atau lebih baik lagi, berjalan bolak-balik di belakang ruangan. Jika seseorang bertanya mengapa Anda melakukan itu, Anda selalu dapat menggumamkan sesuatu tentang punggung Anda. "Lebih baik lagi, ia menambahkan, keluar dari ruangan, pergi ke luar, dan nikmati sinar matahari. “Ini akan meningkatkan kadar orexin Anda, sebuah neuropeptida yang membantu membuat Anda tetap terjaga. Setelah 10 hingga 15 menit, Anda dapat kembali dan menyelesaikan rapat dengan perasaan lebih segar. ”

Jadi, ternyata mengantuk saat belajar sudah ada penjelasannya secara ilmiah dan merupakan hal yang manusiawi. Sekarang bagaimana dengan solusinya untuk menghindari ngantuk saat belajar?

Untuk solusi jangka pendek, yaitu pada saat kita benar-benar sedang belajar, berikut ini adalah beberapa tipsnya:

1. jangan berbaring di tempat tidur saat belajar

Gagasan buruk. Ide yang sangat buruk. Tidak peduli bagaimanapun Anda meyakinkan diri sendiri anda bisa melawannya, tidur akan datang sebelum Anda dapat melawan.
Belajarlah di tempat-tempat di mana Anda tidak bisa tidur. Semakin banyak Anda belajar di kamar Anda atau di dekat tempat tidur Anda, semakin rentan Anda tertidur. Temukan ruang di rumah Anda atau coba temukan perpustakaan studi di suatu tempat dekat tempat Anda dan mulailah fokus dan belajar di sana.

2. Letakkan pena dan kertas di dekat Anda

Jika Anda membaca sesuatu yang tekstual, tidak melibatkan perhitungan, tidur akan menyerang Anda lebih cepat. Jadi, jika Anda merasa akan tertidur, cobalah menuliskan kata-kata kunci yang telah Anda pelajari dalam 10 menit terakhir atau menggambar diagram.

3. Baca dengan keras

Berusahalah dengan keras, baca keras seperti seorang orator, cobalah suara yang berbeda. Kalau Anda membaca dari balkon rumah Anda, kemungkinan para tetangga akan datang dan memukuli Anda, sehingga rasa sakitnya bisa menangkal tidur ... Hehe, hanya bercanda!

4. Makan atau minum sesuatu

Mengunyah atau menelan barang sebenarnya membuat tubuh Anda terlibat dalam beberapa kegiatan, mengurangi kemungkinan Anda tertidur.

5. Atur alarm dengan waktu tunda 15 menit

Ini mungkin ide yang terdengar aneh, tapi percayalah itu berhasil. Alarm akan mencegah kita mengantuk, setidaknya, kita harus menenangkannya setiap berbunyi.

6. Beristirahatlah yang efektif

Terlepas dari seberapa banyak Anda harus belajar, pastikan bahwa Anda selalu mengambil jeda pendek dan efektif setelah setiap 25-30 menit sesi belajar. Ini membantu Anda fokus lebih baik dan juga membuat pikiran Anda beristirahat. Jeda istirahat ini bukan berarti malah anda isi dengan tidur. Anda bisa keluar dari ruangan belajar, atau bergerak kemana saja untuk memecah kejenuhan. Keluar dari ruangan juga dapat meningkatkan asupan oksigen yang mungkin semain

7. Tidurlah dengan serius

Tidur yang kurang memadai mengurangi kapasitas otak untuk mentransfer data dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang, jadi jika Anda merasa benar-benar kurang tidur, tidurlah dengan nyenyak.

Solusi jangka panjang untuk masalah mengantuk saat belajar memerlukan usaha yang panjang juga. Berikut ini adalah beberapa metodenya.

Temukan motif / tujuan belajar Anda

Apa pun alasannya, pastikan hal itu memberikan motivasi yang tinggi sehingga bisa menjaga konsentrasi Anda tetap konstan. Bisa jadi hal itu adalah semangat berkompetisi, bisa jadi kesadaran bahwa pembelajaran yang anda lakukan untuk peluang karier yang lebih baik. Temukan saja motif dan tujuan yang kuat untuk belajar dengan giat, dan pastikan Anda mengingatkan diri sendiri setiap hari untuk tujuan / motif Anda untuk belajar dengan giat. Semakin Anda termotivasi diri, semakin Anda bisa mendorong diri sendiri dan mengendalikan tidur Anda.

Mulai minum teh hijau

Teh hijau memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan kesehatan dan sistem mental Anda. Menanamkan kebiasaan minum teh hijau sekitar 2-3 cangkir. Teh hijau membantu Anda menghilangkan stres dengan lebih baik dan juga fokus dengan baik.

Yang terbaik adalah, berolah raga

Lakukan olah raga apa saja yang bisa anda lakukan dengan senang hati. Olah raga akan melancarkan aliran darah ke otak sehingga otak tetap mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Biasakan berolah raga setidaknya 3 kali 45 menit dalam seminggu.

Oke, itulah sedikit cerita tentang mengantuk saat belajar dan bagaimana solusi untuk mengatasinya. Adakah diantara teman-teman yang punya pengalaman lain?
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger