logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Jurusan Kuliah Bidang IPS Paling Prospektif

Ilmu Sosial (Sumber: www.indiana.edu)
Jurusan IPS seringkali dianggap sebagi jurusan kelas dua, jurusan yang kurang dianggap dan lain sebagainya. Bahkan, mungkin masih banyak diantara rakyat Indonesia yang berpikir bahwa jurusan kuliah IPS kurang prospektif bagi masa depan. Kenyataannya, jurusan IPA dan IPS bukanlah perbedaan yang berbeda secara vertikal, tetapi secara horizontal. Maksudnya, tidak ada jurusan yang lebih rendah atau lebih tinggi, secara intelektualitas sama saja. Kita orang Indonesia-lah yang membuat perbedaan level yang tidak berdasar tersebut.

Bagi teman-teman yang saat ini sedang belajar di jurusan IPS SMA kelas XII, tidak perlu khawatir dengan masa depan, karena banyak jurusan kuliah bidang IPS yang sangat prospektif bagi teman-teman yang ingin meraih masa depan yang gemilang. Sebagai gambaran, mari kita lihat bersama-sama tentang berbagai jurusan kuliah IPS diperguruan tinggi yang prospektif untuk masa depan teman-teman.

1. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi

Jurusan Akuntansi adalah satu jurusan kuliah bidang IPS yang relatif banyak peminatnya, hal ini dikarenakan ilmu akuntansi sangat luas penerapannya, dari skala rumah tangga hingga skala negara. Kenapa bisa kita katakan demikian? Karena bahkan dirumah tangga kita perlu menghitung berapa pemasukan uang kita dan berapa pengeluaran, apatah lagi dengan perusahaan-perusahaan besar hingga sebuah negara. Dipemerintahan saja, rasanya tidak ada kementrian yang tidak membutuhkan lulusan jurusan akuntansi. Karena itu jurusan ini sangat prospektif bagi teman-teman yang akan segera lulusan dari jurusan IPS.
Jika teman-teman tertarik dengan jurusan akuntansi, silahkan baca informasi yang lebih jelas di Review Jurusan Akuntansi.
Selain jurusan akuntasi, jurusan kuliah IPS di fakultas Ekonomi adalah jurusan ekonomi pembangunan dan Jurusan Manamen.

2. Jurusan Ilmu Hukum

Ada banyak profesi yang terbilang bonafid di dunia ini, salah satunya adalah Pengacara. Pengacara ini boleh dikatakan sebagai profesi yang dibenci sekaligus dirindu. Kenapa demkian? Karena hasil kerja profesi ini seringkali membuat senang satu pihak dan membuat kesal pihak yang lain, namun bagaimanapun seorang pengacara hanya melaksanakan tugasnya sebagai seorang penasihat hukum dengan berbekal pengetahuaannya tentang hukum.

Lalu benarkah profesi adalah profesi yang bonafied? Mari kita lihat salah satu pengacara paling kondang di Indonesia, Hotman Paris Hutapea, beliau boleh dikatakan sebagai salah satu pengacara paling kaya di Indonesia. Tentu teman-teman cukup tahu dengan kekayaan yang dimiliki beliau. Yang diperlukan untuk sukses dalam bidang hukum ini tentunya seperti jurusan kuliah yang lain, yaitu ketekunan. Ketekunan akan mengantarkan kita pada kesuksesan.
Tapi tunggu dulu, apakah lulusan jurusan ilmu hukum hanya akan jadi pengacara? Tentu tidak, ada banyak profesi lain yang menantinya, misalnya Hakim, Panitera, pejabat pembuat akta tanah dan lain sebagainya.
Tertarik dengan jurusan ilmu hukum?  Silahkan baca Review Jurusan Ilmu Hukum disini.

3. Jurusan Ilmu Politik

Jurusan Ilmu Politik adalah jurusan kuliah IPS yang umumnya terdapat di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Berdasarkan kajiannya, inilah jurusan yang akan melahirkan para pemimpin-pemimpin negara hingga pemimpin dunia. Mereka adalah orang-orang yang paham dengan dunia politik yang banyak abu-abunya.

Bagaimana dengan prospek kerjan jurusan ilmu politik?
Sesuai dengan ilmu yang dipelajari, lulusan jurusan ilmu politik memiliki prospek kerja di bidang politik. Yang paling sesuai dengan menjanjikan bagi lulusan ilmu politik adalah sebagai praktisi politik, misalnya menjadi anggota partai politik. Jika bisa menggunakan pengetahuannya dengan baik, seorang politikus akan mendapatkan tempat yang strategis dalam sistem pemerintahan negara.

Beberapa posisi utama yang diisi seorang politikus misalnya presiden, menteri, gubernur, walikota, dan bupati. Namun perlu diingat, politikus itu bisa saja berasal dari banyak kelompok dan golongan masyarakat, karena itu belajarlah dengan tekun agar dapat memanfaatkan ilmu tersebut. Dan tentu saja, pastikan niat teman-teman untuk menjadi politikus adalah untuk memperbaiki negara ini.

4. Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan ini adalah jurusan para diplomat, jurusan orang-orang yang pekerjaannya berhubungan dengan ekspatriat dan banyak jalan-jalan keluar negeri. Jurusan ini dapat dipandang sebagai salah satu jurusan paling bonafied di jurusan kuliah IPS. Peluang kerja bagi lulusan jurusan ini misalnya sebagai public relation  officer, penerjemah, penyunting naskah, presenter dan lain sebagainya.
Jika teman-teman tertarik dengan jurusan hubungan internasional? Silahkan baca Review Jurusan Hubungan Internasional disini.

Jurusan Kuliah Hubungan Internasional berada dibawah fakultas yang sama dengan jurusan kuliah ilmu politik, yaitu fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Isipol). Jurusan lain yang terdapat di fakultas Isipol adalah Jurusan Ilmu Komunikasi, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Administrasi Bisnis, Sosiologi, Antropologi.

Sekedar informasi, jika teman-teman tertarik dengan bidang pertanian, di fakultas pertanian juga terdapat jurusan kuliah yang membahas ilmu sosial, yaitu jurusan Sosial-Ekonomi (Sosek). FYI, di Institut Pertanian Bogor, jurusan Sosek di pecah menjadi dua, yaitu di Fakultas Ekologi Manusia yang membahas aspek sosial pertanian, dan Fakultas Ekonomi Manajemen yang membahas aspek ekonomi pertanian.

Demikianlah sedikit bahasan dan gambaran tentang jurusan-jurusan paling prospektif bidang IPS ini, masukan dan koreksi untuk memperbaiki kesalahan dan kekurang dalam artikel ini sangat dibutuhkan untuk memperkaya pengetahuan kita bersama. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger