logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Prospek Kerja Jurusan Kuliah Desain Interior

Jurusan Kuliah Desain Interior

Desain Interior adalah jurusan kuliah yang bisa masuk dalam kelompok ipa dan bisa juga masuk dalam kelompok jurusan kuliah ips. Pada bidang IPS, desain interior biasanya masuk pada fakultas Seni Rupa dan Desain, sedangkan pada bidang IPA, desain interior bisa berada di bawah Fakultas Teknik.

Desain Interior adalah ilmu yang berkembang dari ilmu desain. Bicara tentang desain interior adalah bicara tentang perancangan dan perencanaan interior ruang bangunan dengan memadukan antara efesiensi dan aspek fungsional ruang dalam bangunan dengan pemahaman nilai estetika. Secara ringkas desain interior adalah seni merancang atau menata suatu ruangan dengan memperhatikan aspek keruangan, fungsionalitas dan estetika.

Apa yang dipelajari dan jurusan kuliah desain interior?
Kajian utama dalam desain interior terdiri dari ruang, alat dan manusia. Kuliah di jurusan desain interior, seorang mahasiswa akan mempelajari tentang:
  • Pengetahuan Seni, yang meliputi estetika, menggambar, 
  • Pengetahuan desain, meliputi elemen dan prinsip ruang, faktor manusia dalam desain, psikologi persepsi, psikologi lingkungan
  • Praktek desain interior, pemrograman, proses desain, teknik presentasi dan komunikasi, 
  • Pengetahuan pendukung, teknologi bangunan, material, fisika bangunan, lingkungan alam dan binaan, sosial, budaya, dan ekonomi.
Seperti jurusan lain yang berhubungan dengan desain seperti jurusan kuliah desain komunikasi visual atau jurusan arsitektur lanskap. Mahasiswa dalam jurusan kuliah desain interior bisa mengambil kuliah dalam teori dan sejarah desain interior dan belajar cara menggambar sketsa arsitektur, membangun model tiga dimensi, dan menggunakan software CAD. Siswa juga belajar tentang bahan bangunan, konstruksi fundamental, dan teori furnitur sehingga mereka dapat membantu klien memilih bahan yang tepat dan perabot untuk mendapatkan efek yang diinginkan dalam ruang mereka.
Baca juga:
Prospek Kerja Jurusan Seni
Ingin  Menjadi Graphic Designer?
Tempat Kuliah Calon Seniman

Apa yang dikerjakan seorang desainer interior?

Desainer interior bisa bekerja untuk merancang untuk ruang pribadi seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur, dapur, kamar mandi, ruang kerja maupun ruang komersial seperti toko, hotel, cafe, dll. Seorang desainer interior juga bisa mengambil spesialisasi dalam desain interior ramah lingkungan atau ramah orang lansia dan disable.
Desainer interior bertugas merancang desain interior ruang-ruang yang memiliki fungsi komersial maupun domestik, misalnya:
  • ruang kantor dan tempat industri;
  • lokasi ritel, seperti toko, kafe, forecourts;
  • ruang rekreasi, seperti hotel, foyers bioskop, kompleks liburan;
  • lokasi pengembangan perumahan;
  • properti dalam negeri;
  • kapal dan pesawat udara;
  • bangunan umum, misalnya museum dan bangunan sipil.
Dalam aktifitas pekerjaannya, seorang desainer interior dapat bertugas dalam:
  • pengembangkan ide-ide awal dan memperoleh informasi penting tentang proyek potensial, membahas persyaratan secara rinci dengan klien (singkat) dan pengaturan jadwal proyek;
  • mengidentifikasi dan memahami kebutuhan klien dan kebutuhan orang yang menggunakan bangunan, mengembangkan konsep desain dalam konsultasi dengan klien dan membuat rencana anggaran akhir;
  • mempertimbangkan bahan dan biaya sesuai untuk mengatur anggaran dan negosiasi biaya proyek;
  • melakukan studi kelayakan untuk proyek-proyek;
  • meneliti dan mengumpulkan informasi dan foto-foto yang berkaitan dengan proyek;
  • penyedia produk interior, misalnya fitting, furnitur, pencahayaan, selesai, dekorasi dan dressing, dan memberikan sampel untuk klien;
  • mempersiapkan rincian gambar kerja, desain, rencana, model dan skema, sering menggunakan perangkat lunak komputer-aided design (CAD);
  • survei bangunan;
  • bekerja dalam sebuah tim dengan desainer lain;
  • mengawasi pekerjaan pada tahap desain dan lokasi;
  • bekerja sama dengan surveyor kuantitas untuk membangun biaya dan jadwal kerja pada proyek-proyek yang lebih besar, dengan arsitek dan profesional desain lainnya untuk menentukan penggunaan terbaik dari ruang, dan dengan produsen dan kontraktor;
  • mengidentifikasi layanan bisnis dan penjualan baru kepada klien yang potensial;
  • tetap up to date dengan perkembangan terbaru dalam industri desain.
  • Selain itu, seorang desainer interior juga kadang-kadang bertindak sebagai manajer proyek untuk klien di seluruh tahap konstruksi. Hal ini dapat melibatkan koordinasi desain di tapak dan bahkan mengelola tim konstruksi.

Prospek Kerja Jurusan Kuliah Desain Interior

Desain interior termasuk bidang yang sangat cepat perkembangannya serta menuntut kreatifitas yang tinggi agar tidak ketinggalan dalam persaingan pasar. Seiring dengan perkembangan dunia properti yang semakin gencar karena pertambahan kebutuhan tempat tinggal, lulusan jurusan desain interior akan semakin dibutuhkan.
Setelah lulus kuliah, seorang desain interior bisa bekerja di berbagai bidang seperti:

Industri Properti

Saat ini dunia properti sangat pesat perkembangnnya, tidak hanya di lokasi padat penduduk seperti di pulau jawa, tapi diseluruh Indonesia. Perkembangan tersebut sangat membutuhkan dukungan, salah satunya adalah desainer interior yang berperan sesuai tugasnya. Peran desainer interior dalam properti pada muaranya adalah meningkatkan nilai jual properti yang akan dipasarkan.
Baca juga:
Prospek Kerja Jurusan Kuliah Teknik Sipil
Prospek Kerja Jurusan Kuliah Arsitetur

Konsultan

Untuk menjual jasa dari keahliannya, seorang desainer interor bisa bekerja di biro-biro desain interior. Dan mereka juga bisa bekerja atau membuat biro konsultan desain sendiri. Namun  untuk memulai membuat biro konsultan sendiri ada baiknya didahului dengan bekerja dengan biro konsultan lain yang sudah lebih mapan untuk mendapatkan ilmunya.

Kontraktor

Menjadi kontraktor desain interior hampir sama dengan menjadi konsultan, keduanya bisa dilakukan dengan bekerja untuk biro atau perusahaan lain, bisa juga dengan mendirikan biro atau perusahaan sendiri.

Intansi pemerintahan dan BUMN

Terbayangkah anda kalau lulusan jurusan desain interior bisa menjadi pegawai negeri sipil? Ternyata jurusan desain interior memang juga dibutuhkan di lembaga pemerintahan, mereka biasanya dibutuhkan di kementrian Perindustrian,  Kementrain Perdagangan, Kementrian pekerjaan umum dan Kementrian Sekretariat Negara. Selain itu lulusan jurusan desain interior juga bisa bekerja di Badan usaha milik negara atau BUMN, terutama yang berhubungan dengan jasa konstruksi.

Tenaga pengajar dan Desain Interior

Saat ini semakin banyak perguruan tinggi baru yang beridiri, jika mau untuk mencari dengan gigih, terdapat kemungkinan untuk menjadi seorang dosen. Selain itu, jurusan desain interior relatif baru populer jika dibandingkan dengan jurusan profesional lainnya di Indonesia, karena itu persaingannya relaif tidak ketat.

Penulis atau Wartawan

Lulusan desain interior bisa bekerja sebagai penulis untuk majalan-majalah yang bertema sama atau misalnya majalan arsitektur. Bisa juga menjadi pemnulis lepas di media-masa, atau bisa juga membuat sendiri media online dalam bentuk misalnya. Dengan blog, seorang desainer interior bisa memasarkan produk atau jasanya, dan bisa juga menjadi seorang internet marketing yang berfokus pada produk-produk desain interior.

Demikianlah sedikit gambaran tentang jurusan kuliah desain interior, semoga bisa membantu teman-teman yang sedang mencari-cari jurusan yang paling sesuai yang akan diambil untuk kuliah nanti. Saran dan masukan sangat diharapkan agar artikel ini bisa ditingkatkan kualitas dan validitasnya. Silahkan tuliskan komentar teman-teman berupa kritik atau saran dalam kotak komentar dibawah ini.
Baca juga:
Gambaran Profesi Animator
Cara Menjadi Fotografer Profesional
Prospek Jurusan Jurnalistik
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

makasih gan infonya, membantu sekali terima kasih

Balas

terim kasih atas infonya sangat membantu sekali ...
dengan ruang kerja yang nyaman dan tidak asal-asal akan menambah semangat kerja seorang karyawan, di situlah posisi seorang desainer interior di butuhkan ....
kunjungi kami juga ya di http://flashcomindonesia.com/kursus-desain-interior-surabaya.html

terima kasih ...

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger