logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Prospek Kerja Jurusan Seni

seni - kesenian - jurusan seni - prospek kerja
Seni Tari Tradisional Jepin Sambas
Memutuskan kuliah di jurusan kuliah seni mungkin akan menjadi pilihan yang sangat berani untuk seorang lulusan SMA/sederajat atau calon mahasiswa. Akan ada kemungkinan yang sangat  besar kalau calon mahasiswa tersebut mendapatkan cibiran atas pilihannya, bahkan dari keluarga sendiri. Tapi jika anda memang senang dengan dunia seni, yakinlah bahwa jurusan kesenian memiliki prospek yang menjanjikan untuk orang yang bersungguh-sungguh. Namun, sebelum sampai pada keputusan final, ada baiknya teman-teman teruskan membaca artikel ini. Sehingga semangat untuk menjadi seorang seniman itu tetap terjaga saat melewati semua halangan dan rintangan.

Apa yang dimaksud dengan seni?

Sebagian orang mengatakan seni adalah salah satu jenis ilmu, tapi ada juga yang mengatakan bahwa seni adalah kata lain dari ilmu, atau seni memiliki level yang sama dengan ilmu, namun sepertinya itu bukan masalah yang berarti untuk kita, jadi skip saja. Banyak orang besar yang memiliki pengertian sendiri tentang seni, kita sendiri pun boleh juga mendefinisikannya. Kalau menurut saya sendiri, seni adalah ekspresi manusia tentang keindahan, apakah itu dalam bentuk visual, audio, maupun hasil pemikiran. Bagaimana pendapat kawan-kawan?

Kuliah di Jurusan Seni

Jurusan seni di Indonesia yang paling populer menurut kami terdapat di Institut Teknologi Bandung dan Institut Seni Indonesia di Yogyakarta.
Di ITB, jurusan kuliah yang membahas seni terdapat pada Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD-ITB) yang memadukan seni, sains dan teknologi. Di kampus teknologi ini, mahasiswa seni akan melakukan kajian-kajian terhadap Seni Rupa secara ilmiah, lebih mendalam dan di sesuaikan dengan perkembangan seni itu sendiri. Pada program studi Seni Rupa FSRD-ITB bidang keilmuannya dibagi menurut studio-studio, di dalam program studi Seni Rupa ini terdiri dari empat studio yaitu seni lukis, seni grafis, seni patung dan seni keramik.

ISI di Yogyakarta memiliki pendidikan ilmu kesenian yang yang dibagi dalam fakultas-fakultas, yaitu Fakultas Seni Rupa, Fakultas Seni Pertunjukan, dan Fakultas Seni Media Rekam.
Jakarta juga memiliki kampus kesenian, yaitu Institut Kesenian Jakarta, di kampus seni ibukota ini terdapat fakultas seni rupa dan desain, fakultas seni pertunjukan, dan fakultas film dan televisi. Untuk teman-teman yang tertarik menjadi aktor dan aktris, IKJ adalah kampus seni pertama yang bisa kalian tuju, selain karena letaknya memang di ibukota yang juga menjadi pusat perfilman Indonesia, teman-teman tentu akan relatif mudah untuk membangun jaringan dengan praktisi-praktisi perfilman dan pertelevisian Indonesia.

Seni sebagai ilmu atau ilmu itu sendiri tidak bisa berdiri sendiri, selalu ada relasi dengan bidang lainnya. Seni bisa berhubungan dengan psikologi, sejarah, manajemen, filsafat dll. Ilmu-ilmu tersebut menjadi alat bantu dalam memahami proses pengembangan Seni yang ada, atau menjadi sumber inspirasi dalam pembuatan suatu karya seni. Contohnya, manejemen seni yang membahas bagaimana cara kita dalam mengatur sebuah acara seni, dari awal sampai selesainya acara tersebut. Bagaimana sebuah karya seni dapat mempengaruhi atau menjadi alat terapi bagi orang yang sedang terganggu psikologinya, merupakan salah satu fenomena yang harus dijelaskan oleh teman-teman natinya dengan menggabungkan ilmu seni dan ilmu psikologi.
Baca juga:

Kerja di bidang seni

Kebanyakan seniman bekerja sendiri, karena itu seorang seniman harus  bisa membangun brand namanya sendiri. Untuk melakukan ini, hal pertama dan terpenting Anda harus anda lakukan adalah  mengumpulkan portofolio yang kuat dan berkualitas sehingga orang-orang bisa melihat kelebihan dan keunikan anda. Bahkan, membangun portfolio ini sebaiknya di lakukan sejak anda masih kuliah, sehingga saat selesai, anda sudah memiliki cukup banyak portfolio dan nama yang sudah dikenal. Jika rekan-rekan bisa membangun reputasi yang baik, maka pekerjaan yang datang, baik dalam bentuk pekerjaan maupun pesanan hasil kesenian anda.

Selepas selesai kuliah, secara umum seorang lulusan jurusan seni bisa bekerja di Instansi Pemerintah atau Swasta seperti di perguruan tinggi, kementrian Pariwisata dan kreatif, perusahaan pembuatan desain atau membuka jasa desain sendiri, atau membuat karya seni dan menjualnya sendiri. Tempat yang tentunya membutuhkan lulusan seni adalah Galeri, Galeri-galeri pemerintah maupun swasta umumnya membutuhkan lulusan jurusan seni untuk bekerja sebagai kurator, kritikus seni. Seniman juga bisa bekerja di media masa seperti Majalah Seni, televisi.

Menjadi pengasuh acara seni dan budaya, art consultant, Alumni Seni Rupa dapat membuka sebuah usaha dibidang perencanaan karya-karya seni, seperti monumental, Wiraswasta, Alumni Seni Rupa dapat menjadi art dealer dan art supply. Seni seringkali menjadi jenis aktifitas sendiri sehingga Anda juga harus memiliki ide yang baik tentang bagaimana untuk memotivasi diri sendiri dan ide-ide penelitian, bahan dan peralatan untuk menghasilkan karya seni yang original.

Mungkin uraian di atas kurang jelas, mari kita pertajam dengan bahasan dibawah ini tentang pekerjaan apa yang dapat Anda lakukan dengan gelar dalam bidang seni. Sebagai gambaran singkat tentang prospek kerja dalam bidang seni, berikut ini adalah beberapa contoh prospek kerja lulusan jurusan seni di perguruan tinggi:

Jurusan Seni Rupa

Jurusan Seni Rupa umumnya terdiri dari Seni Rupa Murni, Tatakelola Seni, Kriya dan Desain Komunikasi Visual. Di Institut Kesenian Yogyakarta terdapat jurusan Batik dan Fashion.
Baca juga:
Bagaimana dengan prospek kerja dari jurusan seni rupa? Beberapa contoh prospek kerja untuk jurusan seni rupa misalnya membuat karya seni sendiri. Jika sudah punya banyak karya dan telah memiliki nama di jaringan kolektor, maka karya-karyanya bisa bernilai hingga ratusan juta rupiah. Untuk bidang tatakelola seni bisa menjadi pengelola galeri, kurator, dan ranah-ranah yang terkait. Bidang seni kriya spesifik  untuk memproduksi barang-barang seni yang memiliki fungsi. Untuk desain komunikasi visual malah lebih berpeluang untuk meniti karir di berbagai perusahaan profesional yang besar, misalnya di media massa, pencipta logo, pembuat game, animasi, pengembang website, biro iklan, percetakan, dan sebagainya.

Bidang desain juga bisa lebih spesifik dan terkait dengan arsitektur. Misalnya pembuatan interior dan eksterior. Untuk desain interior, prospek kerjanya meliputi industri properti, konsultan, kontraktor, instansi pemerintah, tenaga pengajar, dan sebagainya.
Baca juga:

Jurusan Seni Pertunjukan

Seni Pertunjukan bisa terdiri dari Teater, Tari, Pedalangan, Musik, Karawitan, Etnomusikologi
Perkembangan industri hiburan pada saat ini membuka lebar peluang untuk jurusan seni yang satu ini. Lulusan jurusan seni pertunjukan bekerja dalam industri perfilm atau karya-karya dokumentasi. Seniman pertunjukan juga memiliki banyak kesempatan bekerja di perusahaan multimedia. Seperti untuk audio post-production, mixing, mastering, composing, scoring, dan sebagainya. Bekerja di sebuah studio musik profesional pun sangat memungkinkan jika punya bakat di bidang tersebut.
Baca juga:

Seni Media Rekam

Termasuk dalam seni media rekam adalah Televisi, Fotografi dan Animasi
Peluang kerja bagi penggiat seni ini hampir sama dengan bidang-bidang yang sudah disebutkan diatas, namun lebih spesifik.Dunia pertelevisian adalah salah satu dunia hiburan pertunjukan yang membuka kesempatan seluas-luasnya bagi mereka yang memiliki bakat dan kemampuan untuk merekam, mengedit, dan mengelola tayangan yang berkualitas, baik itu film maupun iklan televisi. Kerja dalam dunia seni media rekam ini melibatkan kerja fotografi, animasi, dan penerapan desain multimedia.
Baca juga:
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger