logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Kuliah di Jurusan Kimia MIPA

Hampir semua barang yang kita gunakan setiap hari berhubungan dengan hasil-hasil percobaan reaksi kimia di berbagai perusahaan di seluruh dunia. Bidang ilmu kimia memang terkait erat dengan kehidupan manusia sehari-hari. Sebut saja pakaian kita, makanan, obat-obatan, sabun, pasta gigi, pembersih rumah hingga pembersih wajah, bahkan industri berat tidak sedikit yang mengaplikasikan ilmu kimia.
Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri

Kenapa harus berhubungan dengan kimia? 

Hal ini karena bahan yang biasanya kita dapatkan dari alam adalah bahan mentah yang masih harus diolah untuk mendapatkan wujud seperti yang kita butuhkan. Dengan percobaan-percobaan reaksi tersebut kita dapat membuat materi baru yang lebih bernilai bagi kita, misalnya sabun yang sebenarnya berasal dari minyak bisa menjadi pembersih badan.

Apa yang kita pelajari di jurusan kimia di perguruan tinggi?

Pada masa awal perkuliahan di jurusan MIPA Kimia kita masih akan belajar tentang dasar-dasar ilmu kimia, misalnya tentang molekul yaitu dari komposisi, struktur dan susunannya yang memberikan sifat tertentu, interaksi antara satu molekul dengan molekul lain baik yang sejenis maupuan molekul lain sehingga dapat diprediksi sifatnya dan pemanfaatannnya untuk umat manusia. Ringkasnya, ilmu kimia mengkaji perilaku dan interaksi materi pada tingkat molekul.

Pada masa kuliah selanjutnya dengan mata kuliah yang lebih spesifik kita akan belajar tentang kimia berdasarkan materi yang dikajinya. Beberapa pembagian tersebut misalnya kimia anorganik, dan kimia organik dan serta biokimia. Semua bidang kimia ini menggunakan teknik-teknik dan metoda analisis yang dikembangkan oleh bagian kimia analitik. Sedangkan bagian kimia fisika mengembangkan ilmu kimia, baik secara praktis maupun teoritis, untuk memahami kaitan antara komposisi, susunan, struktur dan kandungan energi materi sampai pada tingkat atomik/molekuler terhadap sifat-sifat fisikokimia materi tersebut.

Kajian Kimia

Kajian kimiawi suatu senyawa diawali dengan proses pemisahan dan pemurnian bahan. Dewasa ini untuk keperluan pemisahan ini antara lain dilakukan dengan cara khromatografi gas, khromatografi cair bahkan mulai memanfaatkan peralatan HPLC (High Performance Liquid Chromatography). Sedangkan penentuan struktur kimia suatu senyawa dilakukan dengan mengolah data informasi yang diperoleh dari hasil pengukuran berbagai cara spektroskopi dan NMR (Nuclear Magnetic Resonance).

Bidang biokimia biasanya menyediakan fasilitas bagi mahasiswa jurusan Kimia MIPA yang ingin meneliti segala sesuatu tentang sifat kimia senyawa-senyawa yang berperan dalam tubuh makhluk hidup, misalnya: bagaimana cara mengambil gen dari sel-sel bakteri, memotong gen tersebut, kemudian merubahnya sesuai dengan keinginan (rekayasa genetika). Kita juga dapat mengisolasi bahan-bahan dari suatu organisme untuk dimanfaatkan, misalnya suatu senyawa dari suatu tanaman diisolasi untuk dimanfaatkan sebagai antibiotik atau obat-obatan, dalam hal ini kita bisa memanfaatkan lab biologi.

Baca juga:
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger