logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Peluang Kerja Lulusan MIPA Murni

Perluang Kerja Lulusan MIPA murni - Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dijuluki sebagai Mother of Science. Jurusan atau fakultas MIPA biasanya terdiri dari empat jurusan atau program studi, yaitu Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Beberapa minggu yang lalu, seorang siswa SMA jelas tiga bertanya kepada saya, "Pak, perbagaimana lapangan/ lowongan kerja lulusan MIPA?". Dan satu pertanyaan saya memancing pertanyaan-pertanyaan lainnya, termasuk tentang bagaimana denga lulusan MIPA Pendidikan.  Menurut saya pribadi, semua jurusan memiliki lapangan kerja masing-masing, dan pasti ada lowongannya, tinggal bagaimana usaha kita menemukannya. Untuk kasus lowongan lulusan MIPA murni, sama seperti yang lain, banyak juga lowongannya. Sayangnya, pendapat yang masih umum bersedar di masyarakat adalah lulusan MIPA sangat sedikit lowongannya. Benarkah demikian?

Lulusan MIPA dikatakan hanya memiliki prospek untuk jadi peneliti yang jarang dibutuhkan, jadi  dosen yang berat pesaingannya, atau jadi guru yang bersaing dengan Pendidikan MIPA  (tentu yang murni kalah bersaing). Kenyataannya, memang sedikit lowongan  untuk lulusan jurusan kuliah MIPA kalau kita hanya melihat pada  lowongan di penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Kenapa saya  mengatakan CPNS, karena paradigma orang Indonesia lebih senang dengan  label pegawai negeri sipil. Namun kalau kita mau membuka pikiran dengan segala kemungkinan, lulusan MIPA sebenarnya sangat luas sekali lapangan  kerjanya. Benarkah? Berikut saya berikan beberapa lapangan kerja yang memiliki prospek tinggi bagi lulusan MIPA.

Dosen

Karena MIPA adalah bidang yang mempelajari ilmu-ilmu alam dasar, kebutuhannya masih sangat besar di Indonesia. Persaingan memang ketat, tapi kalau kita bersedia untuk pindah ke daerah yang mungkin tidak lebih maju dari daerah kita sendiri InsyaAllah kita bisa menemukan universitas atau perguruan tinggi yang membutuhkan tenaga kita untuk memajukan daerahnya (secara tidak langsung memajukan Indonesia). Saat ini juga banyak beasiswa yang bisa membantu kita untuk mendapatkan kuliah pascasarjana gratis, terutama untuk yang bersedia ditempatkan dimana saja di Indonesia.

Peneliti

Teman-teman saya sendiri banyak yang sudah bekerja sebagai peneliti. Peluang kerja sebagai peneliti bagi lulusan MIPA banyak terdapat di perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang makanan. Perusahaan-perusahaan yang memiliki produk juga banyak memerlukan lulusan MIPA untuk di tempatkan di bagian Quality Control. Selanjutnya, perusahaan peternakan atau perikanan yang banyak membutuhkan mikrobiologis. Peneliti juga dibutuhkan di lembaga-lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang konservasi alam.

Perbankan

Menurut info yang pernah saya dengar, dunia perbankan banyak menerima lulusan MIPA karena biasanya lulusan MIPA memiliki kemampuan yang cukup handal dalam hitung-hitungan. Kemampuan ini mutlak diperlukan dalam dunia perbankan. Tidak sedikit lulusan MIPA yang bekerja di perbankan, silahkan buktikan dengan bertanya kepada pegawai-pegawai yang anda temui di bank dimana anda menabung, kalau tidak lulusan jurusan kuliah Ekonomi (baik  jurusan manajemen maupun jurusan akuntansi), biasanya lulusan MIPA.

Wirausaha
Wirausaha adalah bidang yang seharusnya banyak digeluti lulusan MIPA, dengan bekal pengatahuan ilmu alamnya, banyak potensi sumber daya alam yang dapat digali lulusan MIPA untuk kesejahteraan dirinya. Bahkan lulusan MIPA bisa membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat, sehingga mereka dapat ikut serta meningkatkan kesejahteraan rakyat. Saat ini, sudah ada program mahasiswa wirausaha. Program ini sangat potensial sekali bagi lulusan MIPA yang benar-benar ingin meraih impiannya dan sukses di masa kini dan masa depan.

Mungkin hanya empat bidang ini terlihat masih sedikit? Silahkan dicermati lagi dan tambah informasi dari internet, keempat bidang yang saya tulis diatas sangat luas cakupannya. Satu catatan penting yaitu, MIPA adalah ilmu dasar (basic science), banyak sekali aplikasinya, sehingga lulusan MIPA cenderung lebih mudah untuk beradaptasi dengan bidang lainnya. Jadi tidak salah kalau kita katakan lulusan MIPA memiliki prospek kerja yang relatif luas. Dan yang terpenting adalah kemauan dan kerja keras, sisanya pasrahkan pada Yang Maha Kuasa.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

Wah makasih ya infonya. Salam.
Science UII

Balas

sama-sama... Salam...
#udahsetahun

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger