logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Perkuliahan dan Prospek Kerja Jurusan Fisika MIPA

Tentang Fisika

Prospek Lapangan Kerja Jurusan Fisika
Pesawat adalah salah satu aplikasi dari ilmu Fisika
Siapa yang tidak kenal Einstein? Tokoh yang mungkin boleh kita katakan sebagai orang paling terkenal di abad ke 20. Einstein adalah seorang tokoh fisika dan matematika. Mungkin Einstein adalah salah satu orang yang bertanggung jawab atas semakin terkenalnya bidang fisika. Kalau teman-teman tahu tentang Einstein, tentu tahu juga tentang fisika.  Fisika adalah bidang ilmu yang paling berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Penerapan ilmu fisika yang paling pertama dan terpenting adalah roda. Indonesia juga punya tokoh fisika yang diakui oleh dunia internasional, beliau adalah BJ Habibie. Professor lulusan Doktoral di Jerman ini mungkin bahkan mungkin di Indonesia lebih terkenal dari pada Einstein.

Kehidupan manusia pada hari ini tidak akan lepas dari ilmu fisika, tulisan yang teman-teman baca ini merupakan salah satu bentuk pengembangan dari keilmuan fisika. Dimanapun manusia modern berada, selalu ada sentuhan ilmu fisika disana. Mungkin boleh kita katakan, fisika adalah ilmu paling keren di bumi. Namun demikian, jamak diakui bahwa jurusan fisika adalah salah satu jurusan kuliah paling berat, namun itu jugalah yang membuat jurusan ini sangat fenomenal.

Di jurusan fisika terdapat beberapa kelompok bidang keahlian, kelompok bidang keahlian tersebut yaitu instrumentasi, fisika material, geofisika, fisika energi, dan biofisika. Selain Fisika itu sendiri, mahasiswa jurusan fisika akan banyak memepelajari Matematika yang merupakan bahasa pengantar ilmu alam, dan ilmu lainnya.

Prospek Kerja Jurusan Fisika

Pandangan yang berkembang luas dalam masyarakat adalah bahwa jurusan Matematka dan IPA adalah jurusannya para guru, selesai kuliah lalu jadi guru. Apakah pandangan itu salah? Tidak salah, hanya saja terlalu memandang sempit jurusan ini. Prospek kerja untuk seorang lulusan jurusan fisika justru sangat luas, mulai dari penelitian-penelitian dasar, eksplorasi minyak dan bahan tambang, bidang lingkungan, teknologi transportasi, keuangan dan sebagainya. Kemampuan problem solving yang dimiliki seorang lulusan fisika sebagai hasil belajarnya di bangku kuliah merupakan faktor penarik yang seksi bagi berbagai pihak untuk merekrut lulusan jurusan fisika. Berikut adalah gambaran umum tentang prospek kerja jurusan fisika.

Tenaga Pendidik Fisika

Mengajar memang salah satu peluang kerja bagi seorang lulusan fisika, fisika termasuk bidang ilmu yang paling laris di pasaran kursus-kursus pelajaran. Lulusan fisika juga bisa menjadi guru pengajar di sekolah-sekolah menengah pertama hingga atas. Peluang untuk menjadi dosen bagi lulusan fisika juga masih sangat luas di Indonesia, yang diperlujan hanya kerja keras untuk belajar dan mencari peluang. Saat ini sudah banyak sekali beasiswa-beasiswa yang disediakan bagi lulusan sarjana fisika jika ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Namun perlu diingat, seperti disampaikan diatas, banyak peluang kerja bagi lulusan fisika, bukan hanya mengajar.

Lembaga penelitian pemerintah (Status PNS)

Penelitian bisa dikatakan adalah salah satu domainnya anak-anak fisika, lembaga penelitian pemerintah yang paling bonafid adalah LIPI, dan tentu saja banyak orang Fisika juga disana. Selain itu ada juga BATAN (Badan Tenaga Atom Nasional),  BPPT, Lapan, Pusat Survey Geologi. Lulusan jurusan fisika juga bisa bekerja untuk pemerintah di institusi pemerintah seperti Departemen Keuangan dan Perdagangan.

BUMN dan Sektor Swasta

BUMN dan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan lulusan Jurusan Fisika misalnya Telkom PT. Telkom, PT. DI, , Perusahaan Migas dan Tambang (Pertamina, Total Indosie, PT. Elnusa, Geotermal, Medco Energie, PT. Petronas, Sclumberger, Eni Spa, PT. Newmont). Perusahaan-perusahaan swasta yang bergerak di bidang telekomunikasi juga banyak yang membutuhkan lulusan jurusan Fisika, misalnya  Siemens, Trans TV, PT Control System, Sharp Semiconductor, PT. Epson, PT. Connusa Energindo, Grafindo, PT. Yamatake Berca, Bank, Asuransi, dll.

Kuliahnya dimana?

Di Indonesia, hampir semua perguruan tinggi yang memiliki Fakultas MIPA memiliki jurusan Fisika. Jika kamu ingin kuliah di kampus dengan jurusan fisika terbaik di Indonesia maka kamu bisa memilih salah satu dari lima perguruan tinggi, yaitu Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Semoga artikel review Jurusan Fisika ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.
Sumber: www.unpad.ac.id - jurusankuliah.tumblr.com
Baca juga:
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

8 comments

ternyata mipa penting dan bagus juga ya gan...saya kurang faham kemarin tentang mipa, ternyata memang bagus dan peluang pekerjaannya juga mudah...ok saya jadikan info buat kawan atau keluarga bila ada yang mau kuliah....terima kasih

Balas

bener mbah, tapi memang pandangan yang umum di masyarakat daerah, mipa itu biasanya jadi guru, bahkan kadang ada yang berpikir prospek MIPA ndak jelas, saya sendiri juga berpikir begitu, tapi ternyata banyak kok peluang kerjanya, tinggal kitanya aja harus mau berkeringat untuk mencapainya... :)

Balas

Ma's, kalo jurusan fisika ini bisa jadi PNS guru atau guru honor gitu?

Balas

kalau dulu ada namanya program akta 4, yang non keguruan bisa mengambil program tersebut untuk menjadi guru, kalau sekarang mungkin mbaknya bisa cari dulu ada nggak program serupa, tapi kalau jadi guru honor setahu saya bisa,

Balas

Sepengalam saya BUMN & Sektor Swasta Yang dibutuhkan Bukan fisika murni deh, tapi Teknik Fisika,untuk yang mipa ya prodi elins atau geofis atau material instrument, jarang dan belum pernah saya ketemu sama yang dari fisika mipa murni.

Balas

Terimakasih banyak komentarnya mas, maaf kalau boleh tahu masnya udah kerja di BUMN ya... jika berkenan silahkan sharing tentang pengalamannya...

Balas

saya salah satu lulusan Program Studi Fiska MIPA, betul sekali jika Lulusan Fisika seperti saya ini dulu susah cari lowongan yang ada jurusan Prodi Fisika nya, yang ada hanya penolakan pasti sering nya tidak lolos di berkas krn tidak ada jurusan fisika nya, baik PLN, PT Indonesia Power, Pertamina, jika ada lowongan ada jurusan fisika nya pasti yang ngelamar dari angkatan 1-4 th di atas saya selau ada dan bukan hanya itu saja tapi saingan nya dari univ lain yang senasib, begitu juga pas ada CPNS di kementian macam LIPI, LAPAN, BPPT dan masalah nya lowongan itu gak setiap waktu ada, spt jurusan lain terutama teknik. ya saran saya jika sudah terlanjur Masuk Fisika Murni jangan hanya kuliah biasa biasa saja tapi harus membangun Soft Skill, dan ketrampilan lain, ilmu fisika itu ilmu yang universal maka harus nya bisa juga di combine dengan ilmu lain spt ilmu instrumentasi & pengukuran, yang sekarang banyak di butuhkan, ilmu Control industri, Robotika, ilmu bahan, semua bisa di pelajari sekarang banyak buku dengan materi tersebut" yang dijual pasaran, harga nya cukup kompetitif, begitu juga denga banyak nya trainin yang bersertifikat dengan harga yang kompetitf mahasiswa, Gitu sih Yakalok Cuman kuliah, Ujian, Praktikum, ikut seminar, Pualng kos, Pacaran, dah FIX MASADEPAN LULUSAN FISIKA SURAM, Paling poll ya S2 Lagi cari beasiswa dan S3 Lagi, sementara temen" dari Teknik dah ikut menbangun negri, ikut proyek jalan toll, pipa gas, pembangkit, jaringan gas bumi dll.

Balas

saya minat dengan jurusan ini.

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger