logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Belajar Biologi

Belajar biologi bisa tampak seperti sangat sulit, tapi sebenarnya tidak seperti itu. Jika Anda mengikuti beberapa metode belajar yang benar, belajar biologi tidak akan membuat stress dan bisa lebih dinikmati. Disini kami akan membahas beberapa tips yang mungkin dapat membantu siswa/mahasiswa untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih baik dalam mempelajari biologi.

Membaca Lebih Dahulu

Selalu membaca bahan sebelum pelajaran dimulai. Kita selalu bisa mengatakan kita tidak punya waktu, tetapi melakukan hal ini akan memiliki pengaruh sangat besar. Saat guru/dosen menjelaskan, apa yang kita baca sebelumnya akan membuat rangkaian informasi di otak kita dan apa yang dijelaskan oleh guru/dosen akan terlihat menarik untuk kita.
Baca juga: 10 Tips Membaca Lebih Cepat

Kerjakan Tugas Secara Mandiri

Seperti pelajaran sains lainnya, Biologi ada jam praktikumnya. Kebanyakan kita belajar dengan sangat baik jika belajar secara aktif, karena itu perhatikan dengan baik bahan yang dipraktikumkan di laboratorium. Jangan sampai menggantungkan diri pada kemampuan teman, usahakanlah untuk mengerjakan tugas itu secara mandiri.

Fokus

Duduklah di barisan depan kelas Anda. Sederhana, tapi efektif. Duduk di barisan paling depan membuat Anda lebih fokus dan mudah berkonsentrasi. Selain itu, suatu hari nanti Anda mungkin memerlukan rekomendasi, karena itu pastikan dosen Anda mengetahui nama Anda, bukan hanya wajah Anda.
Baca juga: Tips Fokus Saat Belajar

Miliki Catatan dan Bandingkan

Karena Biologi adalah bidang yang cukup abstrak, milikilah catatan. Setiap selesai pelajaran atau kuliah, bandingkan dengan catatan teman Anda, kemudian lengkapi apa yang kurang dari catatan Anda. Dalam hal ini, dua kepala lebih baik dari pada satu.

Jangan Menunda Belajar

Jangan menunda belajar biologi untuk mempersiapkan ujian,  Anda harus belajar untuk ujian paling tidak sejak dua minggu sebelumnya.

Tidur Pada Waktunya Tidur

Tips yang ini sangat penting, tetaplah terjaga di dalam kelas. Banyak orang yang tertidur di dalam kelas, bahkan ada yang mendengkur. Osmosis memang bekerja pada air, tapi tidak akan bekerja pada saat waktu ujian tiba.
Baca juga: Tips Manajemen Waktu Mahasiswa

Jangan Batasi Ilmu Hanya di Kelas

Carilah hal-hal yang dapat membantuk Anda untuk mempelajari Biologi diluar kelas. Mungkin belajar di laboratorium bersama teman, mungkin dari internet, atau diskusi dengan guru.

Sebenarnya mempelajari biologi itu menyenangkan, tinggal bagaimana kita membuatnya menjadi lebih manarik. Kita harus menjadi lebih kreatif dalam belajar. Tips ini juga bisa di aplikasikan untuk semua pelajaran di sekolah atau kampus.
Sumber: biology.about.com
Baca juga: 

Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger