logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Menjadi Manusia Kreatif di Era Inovasi

Gambar kreasi (Kredit: Lorraine Santana/Flickr)
Selamat datang di era inovasi

Saat ini kita berada pada satu titik waktu dimana inovasi dan kreatifitas adalah kualitas yang sangat penting untuk dimiliki, tidak hanya sebagai individu, tapi juga perusahaan, kota, dan organisasi. Robot dan komputer diprojeksikan akan mengambil alih 45% pekerjaan manusia pada beberapa dekade mendatang, selanjutnya manusia hanya akan melakukan aktifitas yang membutuhkan aspek intelektual yang lebih tinggi. Tantangan yang akan kita hadapi juga akan semakin besar sehubungan dengan populasi manusia yang semakin tinggi, yang tantangan-tantangan tersebut akan membutuhkan solusi kreatif untuk memecahkannya, seperti ketidakadilan, krisis makanan dan air, dan perubahan iklim.

Kita harus memiliki kemampuan yang lebih tinggi untuk menyelesaikan tugas-tugas kita di masa depan.

Pada saat ini kita telah berada dalam proses yang memungkinkan adanya pendidikan secara gratis di seluruh dunia, berbagai pengetahuan dapat kita akses secara bebas dengan adanya jaringan internet. Internet menyediakan untuk kita lingkungan yang lebih mobile dan sosial, yang memungkinkan kita lebih mudah untuk berkolaborasi,d an kemajuan cepat dalam dunia teknologu menjadikan berbagai hal lebih mudah dan murah untuk diakses.

Jadi, bagaimana cara anda untuk mendapatkan manfaat dan membuat kontribusi yang unik untuk dunia?

Didik diri anda sendiri

Singkirkan pemikiran bahwa kreatifitas hanya tersedia untuk orang-orang elit, menjadi kreatif adalah hal fungsi yang sangat fundamental dari otak manusia, dan kita menggunakannya sepanjang waktu. Anda harus percaya dengan kemampuan anda sendiri dan berinvestasi pada potensi yang anda miliki, jika tidak, bagaimana anda akan berharap orang lain melakukannya? Temukan tujuan anda, passion anda, dan pelajari semua yang anda bisa. Saat ini ada banyak sekali tersedia pelatihan-pelatihan atau kursus yang bisa anda ikuti untuk meningkatkan apapun skill yang ingin anda kembangkan, kebanyakan dari mereka juga tersedia secara gratis, jadi sediakanlah sedikit waktu untuk memberi makan otak anda.

Temukan orang lain yang berpikiran seperti anda

Tempatkan diri anda disekitar orang-orang yang anda kagumi dan hormati, yang bisa anda bayangkan anda bekerjasama dengan mereka, atau orang-orang yang menginspirasi dan mendorong anda melakukan pekerjaan dengan lebih baik. Saat ini relatif mudah untuk menemukan orang di Twitter atau Linkedin, melalui pertemuan atau konferensi lokal atau even. Perkenalkan diri anda dan masukklah kedalam keramaian mereka, belajar dari mereka, dan tambahkan sedikit bumbu kompetisi dalam pikiran anda agar lebih bersemangat.

Lakukan Selangkah demi selangkah

Kemudahan untuk memublikasikan detail dan melibatkan orang-orang dalam suatu kegiatan atau proses yang sedang anda lakukan adalah perbedaan yang sangat besar antara saat ini dan masa 20 tahun lalu. Pada masa lalu orang-orang harus menghabiskan banyak uang hanya untuk mengumumkan produk final mereka pada khalayak. Proses produksi adalah proses yang sangat panjang mulai dari membentuk ide dan menyelesaikan peritem, dan tidak banyak orang yang melihat detail dalam proses tersebut. Sekarang anda bisa berbagi setiap langkah tersebut kepada dunia dengan cara yang mudah, dan melakukan adaptasi untuk mengubahnya agar menjadi lebih efektif - hal ini akan membantu penggemar anda untuk lebih terlibat, mereka akan merasa seolah mereka adalah bagian proyek yang sedang anda kerjakan, hal itu akan menjadikan nama anda tetap menjadi bagian dari pembicaraan mereka.

Jangan terlalu oportunis

Sebuah penemuan hal baru seperti barang atau sistem bisa saja di daftarkan sebagai sebuah paten, namun tidak semua penemu mematenkan penemuannya. Ada cukup banyak orang yang justru menjadikan penemuannya dapat diakses oleh banyak orang (open source). Model open source menjadikan kreatifitas kolektif menjadi lebih cepat berkembang. Berbagi  akan mendorong kreatifitas dan inovasi di seluruh dunia, seperti Wikipedia, Linux, EdX, Arduino, GitHub dan banyak lainnya. Melawan perubahan tidak pernah menjadikan

Jadikan komentar negatif sebagai pendorong

Orang bijak berkata, Anjing menggonggong kafilah berlalu". Apapun yang anda lakukan akan selalu ada orang yang berkomentar negatif dan menyalahkan atau mencari kesalahan atas apa yang anda lakukan. Jangan biarkan diri anda termakan oleh komentar tersebut sehingga mematahkan semangat anda. Jadikan perkataan tersebut sebagai cambuk bahwa anda bisa melakukannya. Komentar orang lain anda telah bergerak lebih maju, sehingga mereka bisa melihat anda menonjol, anda telah menembus batas. Anda tidak bisa berharap semua berhasil, dan anda tidak bisa berharap semua orang mendukung, tapi anda bisa menguatkan semangat dan kepercayaan diri anda.

Menjadi seorang guru

Terbukalah dan biarkan orang lain mengetahui rahasia anda. Mulai memberi, anda akan menerima.  Jika kita akan memecahkan masalah yang sedang kita hadapi, dan kita ingin membuat perubahan yang positif dan berarti, kita harus berperan sebagai bagian dari kolaborasi global. Kita perlu untuk membangun suatu masyarakat yang kreatif, suatu masyarakat yang mengambil langkah kedepan lebih awal dari biasanya. Hal ini tidak akan terjadi jika kita berpikir bahwa ide dan penemuan yang kita miliki hanya untuk kita sendiri, karena itu coba untuk membuat orang lain menjadi lebih baik pada sesuatu yang kita kuasai. Mengajar juga akan mendorong proses pembelajaran. Akselerator yang hebat untuk mempelajari sebuah topik dengan cepat adalah dengan mengajarkannya, anda mungkin akan sering menjadi panik, namun yakinlah bahwa itu kompensasinya akan setimpal, bahkan lebih baik.

Saat ini kita sedang menghadapi issue yang belum pernah dihadapi manusia sebelumnya, solusi yang kita gunakan pada masa lalu telah menjadi usang atau out of date sehingga tidak bisa lagi kita gunakan saat ini. Namun, bersamaan dengan itu kita memiliki kemungkinan yang lebih luas untuk mengembangkan kemampuan kita, jadi tidak ada alasan untuk duduk diam dan santai. Mungkin tidak semua dari tips diatas dapat diaplikasikan oleh semua orang, jadi anda bisa memilihnya, dan aplikasikan yang paling cocok dengan anda, namun jadikan itu untuk meningkatkan skill anda, manfaatkan kesempatan yang diberikan oleh pikiran kreatif anda. Ciptakan dunia yang ingin anda tinggali, dan nikmati prosesnya.
Sumber: http://www.diygenius.com/
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 comments:

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger