logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

10 Hobi yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan


Pendapat umum mengatakan bahwa tidak banyak yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kecerdasan kita. Banyak orang yang berpikir bahwa cerdas atau tidak seseorang sudah ditentukan sejak dia lahir. Namun, pendapat yang umum tersebut adalah sebuah kesalahan pemahaman. Sebenarnya banyak yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kecerdasan kita.

Hobi adalah kegiatan yang membuat kita senang saat melakukannya, dan ternyata beberapa hobi bisa membuat anda menjadi lebih cerdas. Jadi ada dua keuntungan yang anda dapatkan, kesenangan dan kecerdasan yang ditingkatkan. berikut ini adalah 10 hobi yang bisa meningkatkan kecerdasan anda.

1. Bermain instrument musik

Menurutu Konfusius, musik menghasilkan suatu kesenangan yang tidak bisa didapatkan manusia secara alami. Musik menstimulasi otak dan hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian.
Memainkan musik juga melatih kesabaran dan kegigihan karena butuh waktu dan perjuangan untuk mempelajari suatu alat musik. Selain itu, bermain alat musik juga dapat meningkatkan konsentrasi.

2. Membaca apa saja

Membaca dapat menigkatkan intelegensia, terutama jika anda membaca semua bahan bacaan dari berbagai topik, dari fiksi dan biografi hingga antologi.
Membaca dapat mengurangi stress, membantu anda mengalami emosi berganda da mengajarkan anda tentang berbagai subjek. Semua hal tersebut dapat membantu anda untuk merasa lebih baik.
Membaca sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan anda tentang suatu subjek, mempersiapkan and auntuk berbagai situasi dan menjadi lebih produktif dalam mengejar apa yang menjadi tujuan anda.
Baca juga:
10 Tips Membaca Lebih Cepat

3. Meditasi secara reguler

Meditasi membantu anda untuk fokus pada diri sendiri dan membantu anda untuk mengenali diri anda yang sebenarnya. Meditasi dapat membantu mengurangi stress dan membuang berbagai hal yang membuat anda khawatir. Dengan keadaan tenang yang diperoleh melalui meditasi, Anda dapat belajar, berpikir dan merencanakan berbagai hal dalam cara yang jauh lebih efektif.
Meditasi secara teratur membantu Anda untuk memiliki kontrol penuh atas diri Anda. Menyadari gangguan dan menemuan metode paling efektif dalam pengendalian diri adalah yang paling penting ketika anda berusaha untuk meningkatkan kecerdasan.
Baca juga:
10 Alasan Memilih Jurusan Psikologi
Tips Fokus Saat Belajar

4. Berikan latihan untuk otak Anda.

Sama seperti olah raga yang harus anda lakukan secara teratur untuk menjaga tubuh tetap bugar, Anda juga perlu memberikan otak Anda latihan untuk tetap dalam kondisi yang baik. Teratur menantang otak untuk melakukan hal-hal yang baru meningkatkan kemampuan dan membantu untuk menjaga pikiran agar tetap tajam.
Anda dapat berolahraga otak Anda dalam banyak cara seperti melalui: sudoku, teka-teki silang, atau catur. Semua kegiatan ini membantu otak untuk terus membentuk koneksi baru. Melalui kegiatan seperti itu Anda juga belajar untuk menanggapi situasi dengan cara yang kreatif, mengembangkan kemampuan untuk melihat sesuatu dari banyak perspektif yang berbeda dan menjadi jauh lebih produktif.

5. Lebih sering olah raga.

Tubuh yang sehat membantu untuk memastikan bahwa Anda memiliki otak yang sehat. Otak Anda seperti otot lain dalam tubuh Anda. Berolahraga secara teratur membuat otak dan tubuh Anda berfungsi seperti yang seharusnya. Olah raga akan mengurangi ketegangan dan membantu Anda untuk tidur lebih baik.
Dokter setuju bahwa sirkulasi darah yang lebih baik ke otak berarti fungsi otak meningkat. Berbagai penelitian pada tikus dan manusia menunjukkan bahwa latihan kardiovaskular dapat merangsang otak untuk memproduksi sel-sel otak baru, dan dengan demikian meningkatkan kinerja otak secara keseluruhan.
Baca juga:
Menjadikan Rutintas Pagi Anda Lebih Baik

6. Belajar bahasa baru.

Belajar bahasa baru mungkin bukan tugas yang mudah tetapi pasti memiliki banyak keuntungan-membuat Anda lebih pintar adalah salah satunya.
Proses belajar bahasa baru melibatkan tugas-tugas seperti menganalisis struktur gramatikal dan belajar kata-kata baru, yang meningkatkan kecerdasan dan kesehatan otak Anda.
Hal ini juga telah dibuktikan melalui berbagai percobaan, bahwa orang dengan tingkat kecerdasan verbal-linguistik tinggi sangat hebat dalam perencanaan, pengambilan keputusan dan pemecahan masalah.

7. Tulis perasaan anda.

Ada banyak sekali manfaat yang dapat Anda terima dari menulis, termasuk meningkatkan intelijensia anda. Menulis meningkatkan kemampuan linguistik Anda, tentu saja. Tetapi juga membantu Anda untuk mengembangkan keterampilan seperti fokus, kreativitas, imajinasi, dan pemahaman.
Penulis sering dianggap sebagai orang dengan tingkat intelijen yang sangat tinggi . Anda dapat menulis dengan cara yang berbeda. Anda dapat menulis hal-hal dengan tangan Anda atau Anda dapat membuat blog Anda sendiri. Apa pun yang Anda lakukan dalam menulis, Anda mengeluarkan rangkaian kata-kata untuk memberikan gambaran tentang apa yang adan dalam pikiran Anda; belajar untuk mengekspresikan diri dengan jelas adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kecerdasan Anda.
Baca juga:
5 Manfaat Blogging untuk Mahasiswa
10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet
Langkah-langkah Membuat Blog di Blogspot

8. Perjalanan ke tempat-tempat baru.

Perjalanan bukan hanya cara untuk membunuh kebosanan- ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan darinya. Salah satunya adalah bahwa perjalanan benar-benar dapat meningkatkan kecerdasan Anda.
Latihan fisik dan mental yang anda alami dalam sebuah perjalanan, menyingkirkan stress dari pikiran Anda . Ketika Anda menjadi bebas stres, Anda lebih bisa fokus pada tugas-tugas, pengamatan, dan memperdalam pemahaman Anda tentang suatu subjek.
Setiap tempat baru Anda melakukan perjalanan ke menawarkan hal-hal baru untuk belajar. Anda bertemu dengan beragam orang, makanan, budaya, gaya hidup dan masyarakat saat bepergian, yang menempatkan Anda berhubungan dengan ide-ide Anda mungkin tidak pernah anda pikirkan sebelumnya.
Baca juga:
10 Jurusan Kuliah Penggila Travelling

9. Masak berbagai jenis makanan.

Banyak dari kita merasa bahwa memasak adalah aktifitas yang buang-buang waktu dan karena itu kita sering menghindarinya.
Namun, seharusnya anda tidak menghindari atau mengeluh, Anda harus merasa senang ketika Anda memiliki kesempatan untuk memasak. koki biasa, terutama orang-orang yang mencoba berbagai makanan, memiliki tingkat kreativitas yang tinggi. Mereka berkomitmen untuk kualitas, tidak takut untuk mencoba hal-hal baru dan mereka meberikan perhatian besar pada detail.
Setiap kali Anda memasak sesuatu, Anda belajar kemampuan multitask, mengukur dengan presisi dan membuat keputusan yang cepat. Dengan semua keterampilan yang Anda peroleh, Anda menjadi lebih cerdas juga.

10. Berpartisipasi dalam olahraga tim secara aktif.

Berpartisipasi secara teratur dalam kegiatan olahraga tim tidak hanya melatih otot tetapi juga memberikan manfaat yang sama bagi otak. Berolah raga secara teratur membuat otak lebih fleksibel dan meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan.
Keterlibatan dalam olahraga tim juga meningkatkan daya tanggap, koordinasi, kemampuan, dan keyakinan.
Atlet top dikenal karena bentuk kecerdasan khusus mereka. Tidak peduli apakah Anda bermain sepak bola, bola basket atau kriket. Usahakan untuk terlibat dalam satu ataubeberapa bentuk olahraga tim secara teratur untuk meningkatkan kinerja otak Anda.
Baca juga:
10 Langkah Meningkatkan Kemampuan Otak
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 comments

Thanks informasinya.. Sangat membantu

Balas

Terimakasih infonya..

Balas

Sangat Membantu Guys, Kita sudah dapat Ilmunya , Waktunya kita terapkan ke lapangan.
Kita Harus melwan Rasa Malas kita Guys,

Semoga kita kedapanya hidup Lebih baik.

HIDUP SEHAT

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger